IMG-LOGO
Home Kuliner Resep Masakan Jepang (Bagian 2)
Kuliner

Resep Masakan Jepang (Bagian 2)

- 2018-08-01
IMG

Sup Surinagashi

\"\"

Saat ini tengah musim panas di Jepang, sekaligus puncak musim panen jagung. Kami akan membuat \"surinagashi\", sejenis sup krim Jepang yang dibuat dengan melumatkan sayuran, ikan dan bahan lainnya serta dikentalkan dengan kaldu. Kali ini kita menggunakan jagung sebagai bahan utamanya.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

\"\"

1 filet ikan kakap (100 gram)
1 jagung (atau jagung kalengan 150 gram)
600 ml air
1/2 sendok teh garam
1 lembar daun bawang

Persiapan

Kupas kulit jagung dan bersihkan. Isi panci dengan air dan rebus selama 8 hingga 10 menit. Saat jagung sudah empuk, tempatkan di atas saringan. Jangan buang airnya sewaktu disaring, tapi ditampung di dalam wadah.

Potong jagung menjadi empat bagian dan pipil jagung dari bonggol dengan menggunakan pisau. Lalu tumbuk jagung dengan ulekan hingga lumat.

Didihkan kembali air bekas rebusan jagung dan masukkan ikan kakap di dalamnya. Ketika permukaan ikan sudah memutih dalam sekitar 10 detik, langsung pindahkan ke mangkuk berisi air dingin. Buang sisiknya dan bersihkan ikan saat masih di dalam rendaman air, kemudian keluarkan dari mangkuk.

Masukkan ikan kakap yang sudah dibersihkan ke dalam panci berisi 600ml air dan setengah sendok teh garam. Rebus dengan api sedang dan ketika sudah mendidih, kecilkan api. Rebus selama 10 menit, pastikan ada sekitar dua atau tiga tempat yang mengeluarkan gelembung.

Keluarkan ikannya dan diletakan di atas wadah. Kemudian saring air kaldunya. Tambahkan kaldunya ini secara bertahap ke jagung yang telah dilumatkan.

Saat sudah tercampur rata, saring untuk membuat sup.

Buang kulit dan tulang dari ikan. Suwir-suwir daging ikannya dan kemudian ditumbuk dengan ulekan hingga lumat. Secara perlahan dicampur dengan air kaldu dan aduk rata.

Pindahkan campuran sup ke dalam panci dan nyalakan api. Cicipi dan jika diperlukan tambahkan sedikit garam. Matikan api jika supnya sudah mendidih. Tuang sup ke empat mangkuk terpisah, taburi setiap mangkuk dengan irisan daun bawang. Sup surinagashinya sudah siap!

Surinagashi

Surinagashi adalah makanan tradisional Jepang. Ini adalah sup yang agak kental. Bahan-bahannya seperti ikan, udang, tahu, kacang-kacangan dan sayuran dilumatkan dan dikentalkan dengan kaldu yang terbuat dari rumput laut konbu atau ikan cakalang kering. Garam, shoyu atau miso bisa ditambahkan untuk menambah rasa.

Baru-baru ini surinagashi bukan hanya disajikan di restoran eksklusif tetapi juga oleh kafe dan restoran biasa. Karena semua bahannya dilumatkan dan dicampur maka surinagashi mengandung banyak gizi dari sayuran termasuk serat dan vitamin.

Menambahkan semangkuk surinagashi yang terbuat dari sayuran musiman ke dalam menu hidangan akan menambah sensasi makanan Anda. Kali ini kita menggunakan metode tradisional menggunakan ulekan, tetapi bahan-bahannya juga bisa dilumatkan dengan menggunakan blender.

 

Sarden Kabayaki

\"\"

Di Jepang, memakan unagi atau sidat kabayaki saat pertengahan musim panas disebut-sebut bisa mengatasi kelelahan akibat kepanasan. Tapi dalam resep kali ini kami akan menggunakan ikan sarden ketimbang sidat untuk membuat kita tetap bisa bersemangat meski panas menyengat.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

\"\"

4 ikan sarden
1 sendok teh shoyu
Tepung kentang secukupnya 
1 sendok makan minyak
Daun lada Jepang Sansho atau merica bubuk Jepang
2 sendok makan shoyu
2 sendok makan gula
2 sendok makan air

300g beras
430 mililiter air
(Atau 600g nasi)

Persiapan

Pertama, masak berasnya. Masukan beras ke saringan dan kemudian diletakkan di dalam mangkuk besar yang berisi banyak air. Aduk sebanyak lima kali untuk membuang kotoran. Langsung angkat saringan dan tiriskan airnya.

Aduk beras dengan tangan sekitar 20 kali agar setiap bulir beras saling bergesekan di dalam saringan. Tuang lagi air ke dalam mangkuk dan bilas beras yang ada di dalam saringan.

Ganti air di dalam mangkuk dan bilas sekali lagi. Letakan saringan di atas mangkuk kecil dan tiriskan. Masukan beras ke dalam panci berisi air dan masak selama 30 menit.

Setelah 30 menit, tutup panci dan masak dengan api sedang. Saat mulai mendidih dan meletupkan tutup panci, kecilkan api dan masak selama 12 menit. Setelah api kompor dimatikan, tetap tutup panci dan diamkan selama 10 menit untuk proses pengukusan.

Setelah 10 menit, buka tutup panci dan secara perlahan aduk nasi dari bagian dasar panci. Tempatkan kain di antara panci dan tutupnya, lalu diamkan sampai tiba waktunya untuk disajikan.

Buang sisik ikan sarden dengan pisau mulai dari bagian ekor ke kepala. Potong bagian kepala dan kemudian bagian keras di perut secara diagonal dan buat irisan dari bagian tersebut hingga ke lubang dekat ekor.

Setelah membuang bagian dalam perut, bersihkan darah dari wilayah rusuk di dalam mangkuk berisi air. Ganti airnya dan bilas lagi. Lap ikan dengan tisu dapur untuk membuang air yang tersisa.

Belah sarden dengan gaya tebiraki. Masukkan kedua jempol Anda di bagian perut sarden, dan letakan di tulang punggung. Pastikan bagian kuku jempol Anda mengarah ke bagian sirip punggung, satu di kiri satu di kanan, lepaskan daging ikan dari tulang punggung.

Buka sardennya dan lepaskan daging di bagian bawah dengan menjepit bagian ujung tulang punggung dengan jempol dan telunjuk, kemudian dengan satu tangan lainnya ke arah ekor dengan jari masih menjepit tulang punggung, dan lepaskan daging dari tulang punggung. Potong ekor dan tulang punggungnya.

Taburi shoyu ke atas 4 filet sarden dan diamkan selama lima menit. Setelah shoyu meresap ke dalam filet, lap ikan untuk membuang shoyu berlebihan dengan tisu dapur. Masukan tepung kentang di dalam sebuah wadah dan kemudian baluri filet sarden dengan tepung kentang.

Masukan minyak ke dalam wajan panas dan tempatkan filet dengan sisi kulit menghadap ke atas dan masak dengan api sedang. Setelah berwarna cokelat keemasan, balik dan masak hingga dua menit lagi. Angkat filetnya.

Bersihkan wajan dan masukan shoyu, gula serta air, kemudian masak dengan api sedang. Saat sausnya sudah mengental, kembalikan filet ke dalam wajan dengan posisi kulit menghadap ke bawah. Saat saus mulai mendidih, matikan api dan siram saus ke atas filet dengan sendok.

Masukan nasi ke dalam mangkuk besar, tekan-tekan perlahan bagian permukaan nasi dan tempatkan filet sarden di atasnya. Hias dengan daun lada Jepang, Sansho atau taburi dengan merica bubuk Jepang dan hidangan sudah siap.

Doyo no ushi no hi

Dalam kalendar bulan Jepang kuno, 18 hari terakhir setiap musim - semi, panas, gugur dan dingin - disebut \'doyo\', dan dianggap sebagai masa transisi sebelum beralih ke musim berikutnya.

Doyo musim panas adalah masa dengan suhu udara terpanas. Pada zaman Edo sekitar 250 tahun lalu, melakukan sesuatu yang sehat guna mengilangkan rasa lelah dan memulihkan kondisi setelah sakit di hari pertengahan musim panas menjadi populer. Memakan sesuatu yang dimulai dengan abjad Jepang \'u\' yaitu menyantap unagi kabayaki atau sidat menjadi populer pada masa itu.

Rasa saus kabayaki yang kental, manis dan asin cocok untuk sidat yang menawarkan sumber gizi dan sekaligus menutup aroma lumpur dari sidat atau unagi.

Setiap tahunnya pada masa itu Anda bisa melihat antrian yang panjang di restoran-restoran dan toko serba ada yang menyajikan unagi. \"Doyo no ushi no hi\" adalah tradisi musim panas bagi orang Jepang.

 

Salad Okazu

\"\"

Pencegahan diabetes menjadi topik kedua dalam edisi resep sehat guna membantu mencegah penyakit yang terkait dengan gaya hidup. Resep kali ini adalah dua okazu atau salad hidangan utama yang sehat, rendah karbohidrat dan lemak.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

\"\"

<>
50g filet dada ayam
100g jamur shimeji
Garam secukupnya
100g bayam
100g brokoli

200ml kaldu dashi
(Silakan klik untuk cara membuat kaldu dashi)
2 sendok makan shoyu

<>
160g atau 8 udang
1 alpukat
150g atau 10 tomat ceri
3 daun selada

1 1/2 sendok makan shoyu
1 sendok makan air perasan lemon
5g jahe
20g bawang bombai

1/2 sendok teh garam untuk merebus udang
1 sendok teh air perasan lemon yang digunakan untuk alpukat agar tidak berubah warna

Persiapan

(Ohitashi Salad)

Bersihkan bayam, potong dan buang bagian batang yang ada akarnya lalu potong-potong menjadi ukuran 4cm. Bilas brokoli dan potong-potong menjadi kuntum-kuntum kecil dengan ukuran yang sama. Untuk kuntum brokoli yang besar bisa dipotong menjadi dua bagian.

Didihkan air di panci besar dan kemudian pertama rebus brokoli selama 1 hingga 2 menit. Tiriskan brokoli dengan saringan. Panaskan lagi air yang sama, masukkan bayam, tunggu sampai mendidih dan rebus selama satu menit. Siapkan mangkuk berisi air dingin untuk bayam yang sudah direbus. Dinginkan bayam dengan mengganti air dingin di dalam mangkuk beberapa kali. Peras air keluar dari bayam. Aduk kaldu dashi dan shoyu di dalam sebuah mangkuk, masukkan sayuran hijau dan diamkan selama 15 menit.

Potong filet ayam menjadi 2 atau 3 potongan dengan ketebalan sekitar 1 sentimeter. Taburi garam secukupnya. Potong bagian ujung batang jamur shimeji dan bilas. Bagi-bagi jamur menjadi bundelan berisi masing-masing tiga batang.

Panaskan penggorengan dan jangan beri minyak. Masukkan filet ayam ke penggorengan, tutup penggorengan dan goreng dengan api kecil. Jika ada kulit di filetnya maka letakkan bagian kulit di atas penggorengan. Ketika sudah berubah warna cokelat terang, balik ayamnya, tutup penggorengannya lagi dan diamkan selama sekitar 3 hingga 4 menit.

Di penggorengan yang sama, masukkan jamur, taburkan sejumput garam dan masak dengan api kecil tanpa ditutup penggorengannya, bolak-balik jamur sesuai kebutuhan.

Letakkan bayam dan brokoli di atas piring, kemudian tambahkan jamur di atasnya serta ayam yang sudah dipotong-potong strip 1 sentimeter.

(Salad Alpukat Udang)

Pertama, dengan tusukan sate atau garpu buang kotoran pada bagian punggung udang dengan cangkang yang masih menempel.

Didihkan 200ml air di dalam panci dan tambahkan garam. Rebus udang selama sekitar dua menit sampai cangkangnya berubah warna merah dan dagingnya memutih. Tempatkan udang di dalam sebuah piring dan biarkan udangnya direndam dengan kaldu tersisa.

Potong alpukat menjadi dua bagian memanjang, buang biji dan kulitnya. Potong memanjang lagi dua bagian daging alpukat tersebut kemudian dipotong dadu ukuran 1 sentimeter.

Aduk shoyu, air perasan jahe parut, air perasan lemon dan daun bombai parut untuk membuat saus salad non-minyak gaya Jepang.

Buang cangkang udang dan potong-potong udang menjadi ukuran 2 sentimeter. Atur daun selada di atas piring, kemudian tambahkan alpukat di atasnya, serta tomat dan udang. Sebelum disantap, siram saus saladnya ke atas campuran salad. Jika suka, taburkan kacang yang sudah dipotong kecil-kecil.

Cara efektif mencegah diabetes

Guna mencegah diabetes, penting untuk memerhatikan seberapa banyak makanan yang disantap terutama yang mengandung karbohidrat, gula dan lemak. Usai makan, tingkat kadar gula darah setiap orang mengalami peningkatan. Gula darah seseorang yang sehat akan kembali normal dalam beberapa jam. Tetapi jika mengonsumsi terlalu banyak gula atau lemak, maka hormon yang bekerja menjaga tingkat gula darah akan anjlok. Jika didiamkan maka bisa terkena diabetes dengan tingkat gula darah yang terus tinggi.

Baru-baru ini ada metode makan yang direkomendasikan untuk para pasien diabetes di Jepang yang juga efektif untuk mencegah diabetes. Pertama, banyak makan sayuran untuk mengisi perut yang kosong. Menyantap makanan kaya serat juga bermanfaat untuk memperbaiki kadar gula darah. Santap makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti dan nasi, yang bisa dengan mudah meningkatkan gula darah, pada bagian akhir sewaktu makan.

Olahraga secukupnya juga penting untuk mencegah dan menangani diabetes. Jadi jangan lupa untuk olahraga!

 

Ayam Teriyaki Rendah Garam

\"\"

Kami akan menyajikan seri resep makanan sehat untuk mencegah penyakit akibat gaya hidup. Di episode pertama kami sajikan makanan rendah garam guna mengontrol tekanan darah tinggi. Kami akan mengajarkan cara memasak \"ayam teriyaki\" dengan mengurangi kadar garam setengah dari resep yang pernah kami sampaikan dulu.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

\"\"

500 gram atau dua paha ayam tanpa tulang (beserta kulit)
Tepung kentang secukupnya
1 sendok makan minyak goreng

50ml jus apel
1 1/3 sendok makan kecap asin Jepang atau shoyu
2 sendok teh gula
1 sendok teh cuka
5 gram jahe

Persiapan

Letakkan paha ayam di atas talenan. Potong setiap paha ayam menjadi dua bagian sehingga menjadi total empat filet.

Untuk mendapatkan filet dengan ketebalan yang sama, iris dari bagian tengah ayam yang tebal ke arah sisi. Buka potongan sehingga permukaan filet menjadi dua kali lipat.

Baluri 4 filet ayam dengan tepung kentang dan tepuk-tepuk untuk membuang tepung yang berlebihan.

Di dalam mangkuk kecil, siapkan saus teriyaki. Masukkan jus apel, shoyu, cuka dan parutan jahe kemudian diaduk rata.

Tuang minyak ke wajan dan masukkan ayam dengan sisi kulit menghadap ke dasar wajan. Goreng filetnya dengan api sedang sampai berwarna kecokelatan. Kemudian balik dan tutup wajan dan goreng dengan api kecil selama empat menit lagi. Tusuk ayam dengan tusuk sate atau garpu untuk mengetahui apakah ayamnya sudah matang atau belum. Jika sudah matang, angkat filetnya dari wajan.

Bersihkan minyak tersisa dari wajan dan tuang saus teriyaki. Saat sausnya sudah hangat, masukkan lagi filetnya ke dalam wajan dan lapisi dengan saus teriyaki.

Ketika sausnya sudah mengental dan melumuri semua filet, angkat dan masukkan ke wadah dengan sisi kulit menghadap ke atas. Saat ayamnya sudah agak dingin, potong-potong strip dengan ukuran 1 sentimeter. Atur potongan di atas piring dengan sayuran hijau dan irisan lemon. Ayam teriyakinya sudah siap disantap.

Anda bisa menikmati makanan dengan garam yang dikurangi!

Garam membuat makanan terasa enak. Tetapi jika terlalu banyak maka bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti misalnya tekanan darah tinggi dan sakit jantung. Badan kesehatan dunia WHO, merekomendasikan 5 gram garam yang bisa dikonsumsi per hari. Menurunkan jumlah garam sepertinya akan mengurangi kenikmatan makanan yang disantap. Meski Anda mengetahui bahwa mengonsumsi makanan rendah garam bagus untuk kesehatan, tetapi mempertahankan pola makan rendah garam bisa menjadi satu tantangan.

Dalam resep ayam teriyaki rendah garam ini, saus teriyakinya mengandung setengah dari kadar garam resep normal. Tetapi masih terasa enak karena kandungan jus apel, cuka dan jahe. Menggunakan bahan-bahan dengan rasa yang kuat ini bisa menjadi satu cara untuk mempertahankan pola makan rendah garam. Saran lainnya adalah menggunakan shoyu lebih efektif. Meski tinggi sodium, tetapi shoyu hanya mengandung 1/5 sodium dari garam. Karena rasanya yang unik, menambahkan sedikit shoyu bisa menambah cita rasa yang memuaskan.

Ada banyak ide untuk menyantap makanan sehat. Di Jepang, kelas masak rendah garam dan situs yang memuat resep rendah garam sangat populer. Kami harap Anda bisa menyantap makanan rendah garam dan tetap sehat.

Hippari udon dan Kayaki

\"\"

Kami akan memperkenalkan dua makanan enak yang mudah dibuat menggunakan ikan makerel kaleng yang dibeli dari pabrik makanan kaleng di Provinsi Miyagi yang bangkit kembali pasca Gempa Besar Jepang Timur. Pertama adalah hidangan mi yang disebut Hippari udon dan yang lainnya adalah hidangan cawan panas Kayaki. Keduanya merupakan makanan tradisional Jepang timur laut.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

\"\"

(Hippari Udon)
4 porsi (800g) mi udon 
Klik tautan ini untuk membuat udon sendiri
1 ikan makerel kaleng (200 gram)
4 lembar daun bawang
1 ruas jahe
Cabai bubuk secukupnya

Shoyu secukupnya

(Kayaki)
1 ikan makerel kaleng (200g) 
4 cangkir (800ml) air
2 sendok makan shoyu

150g bayam
250g sawi putih
(atau 400g sayuran kesukaan Anda)
1 ruas jahe

Persiapan

[Hippari Udon] 

Potong-potong tipis daun bawang. Kemudian potong-potong tipis jahe dalam bentuk strip. Saat memotong jahe pastikan sejajar dengan seratnya. Masing-masing potongan diletakkan ke dalam mangkuk kecil terpisah.

Masukkan cabai bubuk ke dalam piring kecil dan shoyu ke dalam wadah atau mangkuk. Tuang semua isi ikan makerel kaleng di dalam piring cekung. Letakkan semua bahan di atas meja makan.

Setiap orang bisa membuat sendiri kuah celup dengan memasukkan ikan makerel beserta kaldunya secukupnya, serta potongan jahe dan daun bawang ke dalam mangkuk hidangan dan ditambah dengan shoyu secukupnya. Taburkan cabai bubuk untuk menambah rasa.

Sesaat sebelum mulai menyantap, rebus air di dalam panci besar dan panaskan udon selama 2 hingga tiga menit. Letakkan tatakan di bagian tengah meja dan sajikan panci yang berisi udon panas di dalamnya.

[Kayaki]

Potong dan buang bagian akar bayam dan potong-potong sepanjang 5cm. Potong sawi putih dengan ukuran yang sama sepanjang 5cm, lalu bagian bonggol putihnya diiris-iris strip selebar 2cm. Kupas jahe dan parut dengan posisi berlawanan dengan seratnya.

Di dalam panci kecil masukkan 1 cangkir air, seperempat bagian isi makerel kaleng beserta kaldunya, setengah sendok makan shoyu dan masak dengan api sedang.

Saat campurannya sudah mendidih, masukkan seperempat sayuran ke dalam panci. Pertama masukkan irisan bonggol sawi putih dan masak selama dua menit. Kemudian masukkan bagian daun sawi dan bayam, masak selama 1 menit. Ketika sayurannya sudah matang, makanan ini sudah jadi.

Evolusi makanan kaleng

Pasca gempa besar Jepang timur pada tahun 2011, makanan kaleng kembali menarik perhatian. Setelah masa krisis, makanan kaleng menjadi makanan darurat yang populer dan orang-orang menemukan kembali rasanya yang enak dan mulai dijadikan sebagai bagian dalam makanan rumahan.
Di Jepang, makanan kaleng dulu dijual dengan harga yang sangat mahal dan hanya sejumlah orang tertentu yang memakannya. Tetapi setelah Gempa Besar Kanto tahun 1923, banyak makanan kaleng yang didistribusikan sebagai pasokan darurat dan menjadi populer bagi masyarakat umum. Makanan kaleng juga berguna sewaktu krisis makanan pasca Perang Dunia II. Tetapi ketika Jepang membangun jaringan distribusi secara nasional dan makanan segar menjadi lebih mudah tersedia,permintaan atas makanan kaleng jadi menurun.
Makanan kaleng terus berevolusi setelah gempa enam tahun lalu. Baru-baru ini hidangan kelas atas seperti tiram asap dalam minyak, ayam panggang rempah dan hidangan mewah lainnya juga diproduksi menjadi makanan kaleng dan menjadi populer. Bar-bar makanan kaleng juga dibuka di Jepang. Di tempat itu Anda bisa menikmati beragam makanan kaleng dengan minuman.

 

Yokan Cokelat

\"\"

14 Februari merupakan hari kasih sayang atau Valentine’s Day. \"Yokan Cokelat\" yang berbentuk hati menjadi hidangan tepat untuk hari ini. Yokan merupakan makanan pencuci mulut tradisional Jepang yang biasanya dibuat dari kacang rebus dengan gula dan agar-agar. Kali ini kita akan membuatnya dengan menambahkan tepung terigu ke campuran cokelat dan dikukus.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

\"\"

2 sendok makan cokelat bubuk
3 sendok makan (26g) gula
15g mentega

1 sendok teh kopi instan
2 sendok makan air panas

1/2 cangkir (100ml) susu
5 sendok makan (33g) tepung terigu

bubuk cokelat secukupnya untuk taburan

Persiapan

Masukkan cokelat bubuk dan gula di dalam mangkuk dan aduk rata. Larutkan kopi instan dengan dua sendok air panas.

Masukkan mentega di dalam panci kecil dan panaskan dengan api kecil. Matikan kompor setelah menteganya meleleh. Tambahkan cokelat bubuk dan gula kemudian diaduk rata. Lalu masukkan larutan kopi dan nyalakan lagi api kompornya. Saat campurannya sudah lembut, matikan apinya. Adonan cokelatnya sudah siap.

Masukkan susu dingin ke dalam adonan cokelat dan aduk rata. Siapkan mangkuk berisi tepung terigu. Masukkan adonan cokelat ke dalam mangkuk dalam tiga tahap. Setelah tercampur saring dengan saringan. Adonan yokan sudah siap.

Bentangkan plastik pembungkus yang basah di dalam cetakan tahan panas berukuran kotak 14 sentimeter. Tuangkan adonan yokan ke dalam cetakan.

Rebus air panas di dalam kukusan kemudian masukkan cetakan ke dalam kukusan. Saat mengukus pasang kain di antara kukusan dan tutupnya. Ketika air panasnya sudah mendidih, kecilkan api dan kukus selama 15 hingga 20 menit. Keluarkan yokan dari kukusan dan tutup dengan bungkus plastik, lalu dinginkan yokan di dalam kulkas selama 30 menit.

Apabila sudah dingin, taburkan cokelat bubuk secukupnya dan potong-potong yokan dengan menggunakan cetakan kue berbentuk hati. Tempatkan potongan yokan berbentuk hati ke atas wadah dan taburkan lagi dengan cokelat bubuk. Yokan sudah siap disantap.

Evolusi unik Valentine\'s Day di Jepang

Di banyak negara, Valentine\'s Day adalah hari bagi orang-orang untuk menyatakan cinta atau mengirimkan kartu dan hadiah kepada orang yang mereka cintai. Di Jepang ada banyak produsen penganan yang mulai mempromosikan untuk memberikan cokelat di hari kasih sayang, sesuatu yang menarik perhatian kaum wanita. Hari ini menjadi masa bagi para wanita untuk menyatakan cinta kepada orang yang mereka sukai dengan memberikan cokelat. Selama musim ini ada puluhan kios cokelat yang dipasang dalam acara khusus di pusat-pusat perbelanjaan dan selalu dipenuhi oleh konsumen wanita. Cokelat untuk pacar lelaki, suami atau seseorang yang spesial disebut \"honmei choco\" atau cokelat jatuh hati. Sementara \"Giri choco\" atau cokelat kepatutan diberikan kepada bos dan sesama rekan pekerja. Akhir-akhir ini juga semakin banyak wanita yang membeli cokelat yang mahal untuk dinikmati sendiri atau \"jibun choco\" atau \"cokelat saya.\" Valentine\'s Day bukan lagi untuk mereka yang tengah di mabuk asmara.

 

Temakizushi

\"\"

Di Jepang, pada akhir tahun hingga tahun baru merupakan masa ketika ada banyak kesempatan untuk mengundang teman-teman ke rumah kita dan menggelar pesta akhir tahun bersama-sama dengan banyak anggota keluarga, menikmati Natal dan menyambut tahun baru. Kita akan belajar membuat \"temakizushi\" atau sushi yang digulung dengan tangan, yang cocok untuk menjadi sajian dalam pesta-pesta tersebut.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

\"\"

(Nasi Sushi)
300g beras (jenis butir bulat atau short grain)
430ml air
3 sendok makan cuka
2 sendok makan gula
1 sendok teh garam
Cara memasak beras

4 lembar rumput laut nori (masing-masing ukuran kotak 20cm)
1/2 bagian selada

(Ikan makarel)
1 ekor ikan makarel
2 sendok makan cuka
1/2 sendok teh gula
1/6 sendok teh garam

(Tamagoyaki atau telur dadar gaya Jepang)
2 butir telur
1 sendok makan gula
1/2 sendok teh kecap asin Jepang atau shoyu
Sejumput garam
1 sendok makan air
Cara memasak tamagoyaki

80g tuna (untuk sashimi)
80g salmon (untuk sashimi)
(atau 160g jenis sashimi lainnya)

1 tuna kaleng (70g)
8 kacang bendi atau okra (100g)
1 mentimun
1 alpukat
30g bawang bombai
1 ruas jahe
2 daun bawang
Mayones, shoyu, wasabi dan wijen putih secukupnya
Minyak sayur secukupnya

Persiapan

Untuk menyiapkan nasi sushi, tanak beras dan tak lama setelah nasinya matang, letakkan di atas baki masak yang lebar atau di dalam mangkuk, kemudian tuangkan cuka yang dicampur gula dan garam dalam satu kesempatan. Aduk beras dengan cepat selama satu atau dua menit. Ketika nasi dan cuka sudah tercampur rata, gunakan kipas untuk menghilangkan kelembapan dari permukaan nasi. Ketika uap nasi sudah menghilang, balik nasinya dan kipas lagi.

Untuk ikan makerel, pertama goreng ikan makerel selama tiga menit kemudian dibuang tulangnya atau difilet. Setelah matang pindahkan ke baki masak dan rendam dengan cairan cuka selama 15 menit.

Tamagoyaki atau telur dadar gaya Jepang dibuat sesuai dengan resep untuk Koraku Bento. Rebus okra dengan air selama satu menit dan kemudian dinginkan dengan semangkuk air. Tiriskan okra dan cincang sampai berlendir, kemudian pindahkan ke dalam mangkuk dan aduk dengan sumpit sampai membentuk gumpalan. Tiriskan cairan dari tuna kalengan.

Potong omelet, mentimun dan alpukat menjadi bentuk memanjang 6cm kali 1 cm. Iris-iris tipis bawang bombai kemudian rendam di dalam air untuk membuang aroma tajamnya dan kemudian tiriskan. Iris tipis jahe dan bawang bombai. Tempatkan wijen putih, mayones dan wasabi di dalam piring kecil terpisah.

Potong ikan makerel, tuna dan salmon sashimi dengan ukuran 6cm kali 1cm. Percikan tuna dan salmon dengan sedikit shoyu.

Potong nori menjadi ukuran kotak 10cm. Cuci daun selada dan sobek menjadi ukuran serupa dengan nori.

Tempatkan semua bahan di dalam piring dan mangkuk besar yang berbeda, dan atur di atas meja makan.

Untuk membuat temakizushi atau sushi gulung dimulai dengan menempatkan nasi di atas nori atau daun selada. Nasinya jangan terlalu banyak karena akan sulit digulung, jadi cukup dengan 20g nasi atau sekitar satu munjung sendok makan nasi. Tempatkan nasi secara merata mengarah ke bagian atas atas nori sambil tekan-tekan perlahan. Di atas nasi tambahkan bahan-bahan yang Anda suka kemudian bungkus semuanya menjadi bentuk kerucut dan temaki zushi sudah jadi.

Rekomendasi kombinasi bahan-bahan

- Nori, ikan makerel, okra dan jahe

- Daun selada, salmon, irisan bawang bombai dan mayones

- Daun selada, tuna kalengan, mentimun dan mayones

- Nori, tuna, alpukat dan wijen putih

Rumput laut nori dan orang Jepang

Rasa \"temakizushi\" tergantung dari kualitas norinya. Nori dibuat dengan memotong rumput laut dari jenis tertentu menjadi lembaran yang sangat tipis. Orang Jepang senang membungkus nasi dengan nori yang sangat kering dan renyah, atau di makan begitu saja. Nori juga digunakan dalam hidangan pasta dan mi ramen. Agar nori tetap renyah dan kering, orang Jepang biasa menyimpannya di dalam kaleng kedap udara, dipanggang sebentar di atas api untuk membuang kelembapan tersisa. Nori dengan rasa tertentu juga terkenal, yang mana nori dipotong-potong kecil diberi rasa dan dikemas untuk konsumsi pribadi. Supermarket di Jepang menjual beragam jenis nori untuk sushi, onigiri atau nasi kepal dan yang lainnya. Beberapa diantaranya dikemas dalam kantong plastik sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Dengan produk tersebut Anda tinggal membuka kantongnya dan disimpan kembali di dalam kulkas agar tetap segar. Jika nori berubah warna kemerahan karena disimpan terlalu lama, Anda tinggal cincang nori, rebus dengan shoyu dan gula lalu disimpan dalam bentuk pasta. Orang Jepang selalu berhemat dengan tidak membuang rumput laut nori mereka.

 

Burger Kedelai

\"\"

PBB menyatakan tahun 2016 sebagai Tahun Kacang-kacangan Internasional. Kami akan membuat burger tanpa daging dari kacang kedelai yang kaya protein, yang juga dikenal sebagai \"daging nabati.\"

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

\"\"

300g kacang kedelai yang sudah dimasak
100g bawang bombai 
10g mentega
1 butir telur
1/2 sendok teh garam
sejumput lada
1 sendok makan tepung terigu

100g jamur shimeji
4 jamur shiitake segar
1 bagian (120g) akar teratai
200g lobak

minyak secukupnya

(saus shoyu lemon)
1/2 lemon
1 sendok makan kecap asin Jepang atau shoyu
1/2 sendok teh gula

Persiapan

Tumis bawang bombai cincang dengan mentega sampai berubah warna cokelat terang kemudian dinginkan. Sisakan sejumlah kacang kedelai untuk hiasan dan selebihnya ditumbuk di dalam mangkuk dan tambahkan garam serta lada.

Tambahkan 1/3 telur kocok ke kacang kedelai tumbuk dan aduk rata, ulangi proses ini tiga kali. Tambahkan tepung terigu dan tumisan bawang bombai kemudian aduk rata. Adonan burger kedelainya sudah siap.

Bagi adonan menjadi 8 bagian yang rata dan bentuk menjadi cakram burger setebal 1cm. Gunakan kacang kedelai yang sebelumnya telah disisihkan untuk menghias burger dengan bentuk bunga atau wajah.

Potong dan buang bagian bawah jamur shimeji yang keras dan pisahkan jamurnya menjadi tiga bundel. Potong dan buang bagian dasar jamur shiitake yang keras dan kemudian potong jamurnya menjadi dua bagian. Kupas kulit akar teratai dan iris-iris setebal 7mm. Kupas kulit lobak dan parut. Bilas lobak dengan saringan. Untuk membuat saus shoyu lemon, campurkan shoyu, gula dan perasan air lemon kemudian aduk rata.

Lumuri penggorengan dengan minyak dan masukkan potongan sayuran kemudian tutup penggorengan dan panggang sayuran dengan api kecil. Setelah satu menit balik sayuran, tutup dan dipanggang lagi selama satu menit.

Saat sayurannya sudah matang, keringkan penggorengan dan minyaki lagi. Masukkan burger ke dalam penggorengan. Pastikan untuk menaruh sisi burger yang dihiasi dengan kacang kedelai menghadap ke dasar penggorengan terlebih dahulu. Ketika sudah berganti warna cokelat terang, balik dan tutup penggorengan, masak selama dua menit dengan api kecil.

Atur dua burger saling bersisian, dengan satu burger diletakkan sedikit di atas yang lainnya dan tambahkan sayuran di sampingnya. Lobaknya diletakkan sedikit di atas satu burger dan tuang saus shoyu lemon di atas lobak sebelum disantap.

Kekuatan kacang-kacangan

PBB mendeklarasikan tahun 2016 sebagai Tahun Kacang-kacangan Internasional. Kacang-kacangan mengandung 20 hingga 25 persen protein dari beratnya. PBB merekomendasikan orang-orang untuk mengonsumsi banyak kacang-kacangan sebagai pengganti protein hewani. Dari sekian ragam jenis kacang di Jepang, kacang kedelai yang paling sering digunakan dalam beragam cara. Seperti misalnya menjadi bumbu kecap asin atau shoyu dan  \'miso\' serta bahan inti untuk pembuatan natto dan tahu. Selain itu kacang-kacangan juga bisa dikeringkan dan awet selama beberapa tahun. Sejak masa kuno, kacang-kacangan terus menjadi bahan penting dalam masakan Jepang, bukan karena kandungan gizinya saja tetapi juga kemampuannya untuk disimpan dalam waktu yang lama. Kami harap Anda memasukkan masakan Jepang yang kaya akan kacang-kacangan dalam menu harian Anda dan menikmati banyak kacang-kacangan.

Bersambung ke bagian 3.

(Resep Masakan Jepang/Akiko Watanabe/www3.nhk.or.jp/Gloopic.net/Jala).

Tags: