IMG-LOGO
Home Penerbangan Fungsi Winglet
Penerbangan

Fungsi Winglet

- 2020-01-06
IMG

Fungsi Winglet

Oleh : Kang Igun

(Jakarta, Gloopic) Winglet adalah komponen tambahan di ujung sayap yang berbentuk vertical yang berfungsi mengurangi induced drag.

Gambar Winglet

Induced Drag

Induced Drag adalah gaya hambatan yang timbul secara alami yang disebabkan oleh bentuk sayap. Bentuk sayap yang spesifik  memang sengaja didesain sedemikian rupa agar mendapatkan Lift. Ironisnya, bentuk profil sayap itu ternyata sekaligus ‘melahirkan’ suatu gaya yang ‘tidak diinginkan’ yaitu Drag. Sehingga memang betul jika Drag timbul saat Lift hadir.

Pada kondisi infinite wing aliran udara pada sayap mengalir secara infinite atau tidak terbatas konsep ini merupakan konsep teoritis bukan konsep actual, sedangkan Pada kondisi finite wing aliran udara pada sayap terdapat perbedaan tekanan dimana tekanan udara sayap bagian bawah lebih besar daripada tekanan udara di bagian atas (teori Lift), tekanan tersebut menimbulkan ulakan di ujung sayap atau disebut dengan Vortex, ulakan atau vortex ini mempengaruhi vector lift pada sayap seperti terdapat pada gambar di bawah ini :

Gambar kondisi infinite dan finite wing

Gambar terbentuknya induced drag

Pada mulanya kecepatan udara mengalir mengikuti arah relative airflow V∞ , selanjutnya terjadi perbedaan tekanan disekitar sayap dimana tekanan udara dibawah sayap lebih besar daripada tekanan di bagian atas sayap sehingga menimbulkan gaya ke atas (lift) akan tetapi pada ujung sayap tekanan udara tersebut bocor sehingga menimbulkan ulakan atau vortex, vortex inilah yang merubah arah relative wind (effective Relative airflow) , perubahan relative wind ini merubah vector lift pada sayap, perubahan ini menimbulkan drag tambahan yang sering disebut dengan Induced Drag (Di).  

Induced drag ini tidak dapat dihindari atau dihilangkan akan tetapi hanya dapat dikurangi, bagaimana menguranginya? Salah satunya dengan menggunakan winglet.

Winglet ini mampu merubah bentuk aliran vortex diujung sayap dengan menutupi kebocoran aliran udara diujung sayap sehingga induced drag dapat dikurangi secara signifikan.

Gambar Vortex

Winglet

Pada era modern ini banyak pesawat terbang komersil yang mendesain sayapnya menggunakan winglet, hal ini dikarenakan efisiensi konsumsi bahan bakar pesawat terbang sangat berpengaruh akibat adanya induced drag ini.

Jenis-jenis winglet

Berdasarkan desainnya winglet dibagi menjadi 3 bentuk :

1.  Rounded Corner

Winglet dengan Rounded corner yaitu tekukan antara sayap dan winglet membentuk sudut melingkar.

2.  Sharp Corner

Winglet dengan sharp corner yaitu tekukan antara sayap dan winglet ditekuk tajam sehingga membentuk sudut hampir tegak lurus

3.  Shifted Downstream

Winglet dengan shifted downstream yaitu tekukan antara sayap dan winglet terdapat dua tekukan dimana tekukan pertama merupakan sambungan antara winglet dan sayap.

Gambar Winglet

Berdasarkan data teknis dari manufaktur pesawat terbang, Wing­let ini memberikan keuntungan secara ekonomis bagi pesawat terbang yang menggunakan bentuk ini, yakni mengurangi konsumsi bahan bakar (lebih irit) hingga mencapai 7%.

Bagi perusahaan penerbangan komersial, angka 7% tentu sangatlah berarti dan besar. Apalagi bila pesawat itu terbang dalam jarak yang terhitung jauh, maka semakin besar pula efisiensi bahan bakar yang dilakukan. Untuk itu sangat wajar jika banyak pesawat terbang komersial yang memasang Winglet pada ujung sayapnya. Pesawat terbang modern dapat dipastikan hampir semua memasang winglet ini.

Tags: