IMG-LOGO
Home Teknologi Begini Uji Kelaikan Ekstrim Kereta Supercepat di Jerman
Teknologi

Begini Uji Kelaikan Ekstrim Kereta Supercepat di Jerman

- 2020-01-06
IMG

Buat kereta supercepat yang bisa melaju hingga 400 km /jam uji kelaikan rutin dan seksama adalah hal yang bisa membedakan antara hidup dan mati. Insinyur Jerman tak kenal kompromi dengan hal ini.

Uji ketahanan ekstrim dan tanpa kompromi bagi kereta super cepat, adalah kunci keselamatan transportasi rel Jerman yang terkenal ke seluruh dunia. Perusahaan Siemens menguji ICE Velaro yang baru di terowongan angin. Hembusan udara dingin dan badai salju disimulasi disana. Suhunya bisa mencapai hingga minus 20 derajat Celsius.

Pada kondisi ini, mesin akan membeku dan tidak lagi berfungsi. Akibatnya lalu-lintas kereta bisa lumpuh di musim dingin. Setidaknya kopling bagian penyambung kereta masih bisa dibuka dan ditutup tanpa masalah. Tapi dalam kondisi beku total ini mungkin berbeda.

Bagian dalam kereta juga diperiksa. Sepanas atau sedingin apapun suhu di luar, penumpang tidak boleh merasa kedinginan atau kepanasan. Lewat kamera pendeteksi suhu didata sebaran pembagian suhu di dalam gerbong.

ICE Velaro mampu menempuh kecepatan lebih dari 400 kilometer per jam. Kecepatan super tinggi ini sangat mempengaruhi kondisi kereta. Karena itu sangatlah penting untuk dilakukan pemeriksaan rutin.

Saat kereta memasuki lorong pemeriksaan yang panjangnya lebih dari 400 meter ini, semua sudah siap untuk uji ketahanan dan reparasi. Tim pemeriksa sudah diinformasikan akan kemungkinan gangguan dan kerusakan. Sistem laporan lewat radio bahkan berjalan secara otomatis.

12 kereta bisa diperiksa secara bersamaan. Walau tidak ada masalah, setiap kereta diperiksa empat hari sekali. Kursi yang rusak, atau pintu yang macet akan diperbaiki dalam waktu singkat.

Peralatan ultrasonografi canggih

Para teknisi memeriksa roda dengan alat ultrasonografi. Roda yang berat cukup diangkat sebentar dan tidak harus dilepas. Ini menghemat waktu . Proses pemeriksaan dilakukan rutin setiap 15.000 jam operasi. Roda diteliti hingga retakan mikro yang bisa membahayakan.

Untuk pengukuran yang sempurna, roda dimasukkan ke dalam air. Hanya dibutuhkan waktu dua menit dan perubahan sekecil apapun akan dikenali dan didokumentasi.

Dengan alat ultrasonografi yang bentuknya seperti pistol laser, sensornya meneliti seluruh bagian poros dan mampu mengenai perubahan minimal. Ini penting. Jika ada poros yang patah, kereta bisa keluar dari jalur rel. Untungnya, kerusakan hanya ditemukan pada dua persen dari semua poros dan langsung ditukar.

Christian Bornschein, Insinyur penanggung jawab uji kelaikan; \"Keamanan operasi adalah basis dari sistem pemeliharaan. Para pekerja telah menjalani pelatihan dan berpengalaman. Mereka tahu hanya kereta yang 100 persen aman untuk beroperasi yang boleh keluar dari sini. Tema lain seperti kenyamanan dan fungsinya bukan prioritas disini.\"

Sekitar 260 kereta super cepat ICE beroperasi di Jerman. Jumlahnya terus bertambah. Karena itu proses pemeriksaan yang terperincisangatlah penting bagi keamanan.

\"\"

TEROWONGAN KERETA API TERPANJANG DI DUNIA

Memindahkan Gunung

Terowongan di perut pegunungan Alpina mencapai kedalaman 2300 meter. Lebih dari 28 juta meter kubik batuan harus diangkut dari dalam gunung. Batuan ini digunakan untuk membuat beton dinding terowongan. 1 Juni 2016 terowongan mulai beroperasi. Namun, lalu-lintas kereta normal baru akan dimulai Desember 2016.

\"\"

TEROWONGAN KERETA API TERPANJANG DI DUNIA

Tidak Banyak Tanjakan

Kelebihan terowongan Gotthard adalah tidak adanya tanjakan yang terjal. Kereta barang hanya perlu satu lokomotif untuk melintasi pegunungan Alpina. Dan kereta bisa melaju lebih cepat. Terowongan Gotthard yang lama hanya bisa dilewati maksimal 180 kereta barang per hari. Terowongan yang baru bisa hingga 260 kereta.

\"\"

TEROWONGAN KERETA API TERPANJANG DI DUNIA

Selesai Lebih Dini

Sekitar 2600 orang terlibat dalam proyek pembangunan terowongan. Kondisinya kadang sangat sulit. Suhu di terowongan bisa mencapai 50 derajat Celsius. Tercatat sembilan pekerja tewas. Tapi terowongan bahkan berhasil diselesaikan lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan.

TEROWONGAN KERETA API TERPANJANG DI DUNIA

Beberapa Lorong Terowongan

Ada tiga lorong berbeda dengan beberapa terowongan lintang. Dua terowongan untuk jalur kereta api dan yang ketiga untuk evakuasi kecelakaan. Kereta penumpang bisa melewati terowongan dengan kecepatan 250 kilometer per jam, sementara kereta barang 160 km/jam. Waktu tempuhnya sekitar 20 menit.

\"\"

TEROWONGAN KERETA API TERPANJANG DI DUNIA

Jepang Terkalahkan

Terowongan Gotthard di Swiss menggeser posisi Jepang ke peringkat kedua. Terowongan Seikan yang dibuka tahun 1988 panjangnya \'hanya\' 53,9 km. Dulu terowongan ini dibangun untuk mencari jalur yang lebih aman antara pulau Honshu dan Hokkaido. Namun kehebatannya, terowongan Seikan terletak di kawasan gempa.

\"\"

TEROWONGAN KERETA API TERPANJANG DI DUNIA

Terowongan Saingan

Tapi terowongan Gotthard tidak akan lama berada di peringkat pertama. Tahun 2025 terowongan Brenner akan selesai dibangun dan setahun kemudian akan beroperasi. Terowongan sepanjang 64 kilometer ini akan menjadi penghubung Austria dan Italia.

Penulis: Chris Cottrell/vlz

(Sumber : http://www.dw.com/id/begini-uji-kelaikan-ekstrim-kereta-supercepat-di-jerman/Gloopic.net/Widjaja Lagha).

Tags: