IMG-LOGO
Penerbangan

Heli Jokowi

K-Ramli - 2020-01-06
IMG

(Jakarta - Gloopic) Airbus Helicopter EC-725 yang dikabarkan akan dibeli oleh Presiden Jokowi diperlihatkan kepada media massa dan para calon duta besar untuk Indonesia. Di hanggar PT Dirgantara Indonesia Bandung Jawa Barat, Helicopter super canggih ini sudah terlihat 5 unit yang siap terbang.

\

Rombongan calon dubes ini dibawa berkeliling oleh humas PT.Dirgantara Indonesia, namun yang menjadi perhatian adalah Helicopter jenis Airbus EC-725. Heli ini punya spesifikasi yang lebih canggih dari Helicopter Super Puma dan memiliki multi fungsi. Selain bisa digunakan untuk mengangkut rombongan pejabat, Heli ini juga dipersenjatai lengkap. Namun hingga kini pihak PT.DI tidak bisa memastikan mengenai rencana presiden membeli heli ini. Menurut Dirut Teknologi dan pengembangan PT DI, masalah pembelian untuk helicopter VVIP berada di luar kapasitasnya.

Sebelumnya Selasa, 24 April 2015 malamKepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan, TNI AU akan membeli tiga helikopter untuk Very Very Important Person (VVIP) seperti yang telah tercantum dalam rencana strategis TNI Angkatan Udara periode 2015-2019. 

\
Pernyataan ini disampaikan 
KSAU di sela-sela acara silaturahmi dan makan bersama media massa di Wisma Angkasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menurut KSAU, \"Untuk sementara dengan anggaran renstra, kita akan membeli tiga unit helikopter untuk skadron udara VVIP.\" 

\
Menurutnya, rencana pembelian helikopter AW-101 yang canggih dan modern yang belakangan ramai disebut sebagai heli Jokowi itu murni merupakan hasil kajian dari Skadron Udara VVIP. Kemudian dikaji di Mabes TNI.

KSAU membenarkan bila anggaran mencukupi, bisa saja heli tersebut dipasangi antipeluru, anti-jamming, antirudal, danpengamanan lainnya. Menurutnya hal tersebut disesuaikan dengan kemampuan untuk melindungi presiden, lebih dari heli yang sudah ada. Anggaran yang diajukan dengan spesifikasi alutsista ke Kementerian Pertahanan berjumlah 3,1 miliar Dolar AS termasuk untuk pembelian heli VVIP tersebut. (foto captured RTV)

Tags: