IMG-LOGO
Home Penerbangan PT DI soal EC-725
Penerbangan

PT DI soal EC-725

K-Ramli - 2020-01-06
IMG

\"\"

(Jakarta - Gloopic) PT Dirgantara Indonesia, PT DI merekomendasikan helikopter anti rudal dan peluru EC-725 Cougar untuk kendaraan VVIP presiden dan wakil presiden. Selain spesifikasinya tidak kalah dari buatan luar, helikopter ini juga memiliki banyak kandungan dalam negeri sehingga harganya pun lebih terjangkau.

 

Pengadaan helikopter VVIP oleh TNI AU untuk presiden dan wakil presiden selama ini menuai pro dan kontra. Pihak TNI AU lebih cenderung memilih helikopter buatan Italia AW-101.

 

Sebaliknya PT Dirgantara Indonesia justru lebih merekomendasikan helikopter EC-725 buatan putra bangsa. Menurut PT DI helikopter EC-725 memiliki kualitas dan kemampuan yang tidak kalah dari AW-101, bahkan helikopter jenis ini telah di gunakan oleh lebih dari 32 negara. Sedangkan AW-101 hanya 4 negara.

Selain itu menurut Direktur Struktur dan Teknologi Pesawat PT DI Andi Alisjahbana, helikopter EC-725 memiliki kandungan dalam negeri sebanyak 20 persen lebih, ini membuat harga helikopter ini jauh lebih murah.

 

Andi juga menambahkan, kemampuan dan fasilitas helikopter EC-725 bisa dikostumisasi, seperti penambahan pengamanan anti peluru dan rudal dan fasilitas sofa nyaman di dalam helikopter.

 

Selain itu, menurut PT DI keamanan presiden dan wakil presiden jauh lebih aman dengan EC-725 daripada menggunakan helikopter buatan Italia karena rahasia negara akan tersimpan dengan aman dengan helikopter rakitan dalam negeri.(FPU/gloopic)

Tags: