IMG-LOGO
Home Politik Dan Hukum Aksi tuntut plt gubernur Riau mundur
Politik Dan Hukum

Aksi tuntut plt gubernur Riau mundur

- 2020-01-06
IMG

\(Pekanbaru,Gloopic) Ribuan mahasiswa dan dosen di Pekanbaru Riau Rabu siang berunjuk rasa di halaman kantor gubernu Riau. Massa menuntut Arsyad Juliandi Rahman selaku Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Riau untuk mundur dari jabatannya. Menurut mahasiswa, pemimpin riau saat ini tidak becus menangani bencana asap di Riau?

Massa pengunjuk rasa yang berhasil memasuki halaman kantor gubernur Riau ini didominasi oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di kota Pekanbaru.

Dalam aksi kali ini mahasiswa sempat mengusir beberap orang utusan pemerintah provinsi Riau yang coba datang untuk berdiskusi dengan mahasiswa. Massa mendesak PLT Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rahman sendiri yang menemui mereka.

Ribuan massa aksi ini bertekad akan akan meneruskan aksinya bahkan mereka berniat untuk tidur di halaman kantor gubernur Riau, jika PLT Gubernur Riau tidak serius dalam menangani masalah asap di Riau.

Menurut mahasiswa, aksi yang dinamai “Sumpah Lawan Asap”  digelar hari ini bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Massa mengancam akan menggulingkan pemerintahan PLT Gubenrur Riau jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Dalam aksi unjuk rasa ini, massa memeberikan 12 tuntutan aksi. Antara lain tuntutan mengamandemen UU nomor 32 tahun 2009,  amanademen atas Pergub Riau nomor 11 tahun 2004, tuntutan mengharamkan pasal pembakaran lahan, menangkap pemilik perusahaan pembakar lahan dan menyita seluruh tanah aset perusahaan pembakar lahan.(FPU)

Tags: