gloopic.net
Artikel / Kesehatan

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Mudah dan Murah

Jerawat (acne) dan bekasnya seringkali dialami berbagai kalangan. Tak perlu khawatir karena di sini kami akan mengajak Anda mengetahui berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami, dilansir dari laman www.cantikbijak.com.

Meski tak membahayakan jiwa, acne memang menyebalkan karena dapat merusak penampilan. Apalagi kalau Anda sedang memiliki jadwal penting dan harus bertatap muka dengan banyak orang.

Cara menghilangkan jerawat secara alami ini bisa membantu meredakan gejala yang sedang Anda alami. Pembuatannya pun tergolong mudah. Bahan-bahannya gampang dicari dan tak perlu merogoh banyak rupiah.

Tapi sebelum mencobanya, ada baiknya Anda tahu sekilas tentang acne terlebih dahulu. Dengan mengetahuinya, Anda jadi tahu apa saja kira-kira yang dapat menyebabkan acne dan menghindarinya sebagai tindakan preventif. Yuk, langsung kita simak!

Apa Itu Jerawat dan Bagaimana Ia Terbentuk?

Acne vulgaris adalah masalah kulit yang terkait dengan produksi kelenjar minyak. Ia terbentuk saat kelenjar minyak dalam folikel kulit terlalu aktif dan memproduksi minyak atau sebum berlebih.

Minyak ini kemudian menyumbat folikel bersama sel kulit mati sehingga timbul benjolan dan terjadi peradangan. Benjolan beradang itulah yang kita kenal dengan nama acne.

Over-produksi sebum ini bisa dipicu oleh hormon dan bakteri. Karena itu, remaja yang sedang mengalami perubahan hormon biasanya lebih rentan mendapatkan masalah kulit ini.

Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Sama seperti sepatu, cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami banyak dicari kaum wanita. Cara-cara alamiah semacam ini memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan memakai produk pabrik.

Meski demikian, setiap orang memiliki sensitivitas kulit yang berbeda. Mungkin ada bahan yang tidak cocok Anda gunakan. Untuk itu, kenali bahan-bahan yang bisa membuat kulit Anda iritasi.

Jangan lupa untuk cuci tangan dan menggunakan wadah yang bersih. Jika sudah, berikut ini cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang bisa Anda coba di rumah:

1. Lidah Buaya

Tak hanya baik untuk rambut rontok, lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan. Ia juga memiliki efek menyegarkan dan bisa membantu mengurangi gatal pada wajah.

Sebuah studi dilakukan Mazandaran University of Medical Sciences, Iran, 2014 lalu. Hasilnya, penggunaan aloe gel dapat membantu penyembuhan acne lebih cepat dibanding menggunakan tretinoin saja.

Lidah buaya bisa digunakan dalam kondisi segar atau diolah terlebih dahulu. Ia juga bisa dicampur dengan bahan lain. Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan lidah buaya yaitu:

  1. Potong daun lidah buaya segar dan bersihkan bagian berduri di samping.
  2. Kupas bagian kulit daun dan ambil bagian gel di tengahnya.
  3. Oleskan gel pada wajah, diamkan selama 3 sampai 5 menit.
  4. Bilas dengan air bersih, gunakan setidaknya dua kali dalam seminggu.

2. Madu

Ada banyak rekomendasi cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan menggunakan madu. Khasiat madu untuk kecantikan memang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu.

Madu bahkan termasuk salah satu rahasia kecantikan kuno dari kerajaan Mesir. Cairan manis yang dihasilkan lebah ini sering dicampur dengan susu untuk melembabkan kulit.

Madu bermanfaat karena mengandung senyawa anti bakteri dan anti inflamasi. Madu juga memiliki efek osmosis yang dapat menyerap cairan dan mengempeskan acne.

Selain itu, teksturnya yang kental membuat madu cocok dikombinasikan dengan bahan lain. Meski demikian, pastikan untuk memilih madu yang benar-benar murni dan alami.

Pasalnya, senyawa anti bakteri dan anti inflamasi bisa hilang saat mengalami pemrosesan. Sama seperti nutrisi yang hilang dengan cara memasak yang salah.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan madu yaitu:

  1. Bersihkan wajah dengan air hangat kuku.
  2. Ambil madu dengan kapas dan oleskan pada wajah.
  3. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, bilas dengan air bersih.
  4. Ulangi perawatan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

3. Mentimun

Jangan sepelekan khasiat mentimun. Ia tak hanya bisa dinikmati sebagai lalapan dan bahan makanan sehat. Mentimun juga bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat dengan sayuran.

Sayur yang sering dijadikan lalapan ini mengandung silika yang dapat mengembalikan kesegaran kulit. Kandungan airnya juga sangat tinggi sehingga dapat memberi efek menyegarkan dan mengurangi peradangan.

Selain itu, mentimun memiliki astringent yang dapat dijadikan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Cara memakainya cukup mudah, yaitu:

  1. Kupas dan potong mentimun tipis-tipis.
  2. Letakkan pada kulit wajah dan biarkan selama 15 sampai 20 menit.
  3. Bersihkan dan bilas wajah dengan air hangat kuku.
  4. Mentimun juga dapat diblender dan disimpan di kulkas agar efek segarnya semakin bertambah.

4. Pepaya

Tak hanya nikmat disantap, pepaya mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Buah tropis asal Amerika Selatan ini bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Di dalamnya, terdapat enzim papain yang dapat mengurangi peradangan. Enzim ini juga membantu mempercepat pengelupasan sel kulit mati. Selain itu, ada likopen yang dapat memutihkan wajah.

Pepaya muda sebenarnya memiliki lebih banyak papain. Namun, ia juga mengandung getah yang dapat memancing iritasi. Jika kulit Anda sensitif, lebih baik pilihlah pepaya yang sudah matang.

  1. Ambil daging buah pepaya dan haluskan hingga menjadi bubur.
  2. Tambahkan satu sendok madu untuk mengentalkan masker.
  3. Oleskan ke wajah, diamkan sekitar 15 menit.
  4. Bilas dengan air hangat kuku.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan dalam resep masakan Indonesia. Tak banyak yang tahu, ternyata ia bisa dipakai sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Studi menunjukkan senyawa anti bakteri kunyit dapat menekan Pacnes hingga 50 – 96%. Ia juga mengandung senyawa chemoprecentative yang membantu regenerasi kulit dan penyembuhan luka.

Kunyit bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti madu, lemon, susu, dll. Jika tak punya waktu untuk melembutkan, Anda dapat menggunakan bubuk kunyit yang tersedia di pasaran. Caranya:

  1. Campur 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok makan madu murni.
  2. Aduk hingga mengental, oleskan pada wajah, biarkan 20 sampai 30 menit.
  3. Bilas dengan air hangat kuku.

6. Teh Hijau

Khasiat teh hijau untuk kulit tak hanya diakui wanita Jepang, tapi juga di berbagai penjuru dunia. Ia pun sering direkomendasikan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Teh hijau memang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Di antaranya, ada anti oksidan polifenol dan EGCG yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Antioksidan juga penting untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel. Meminumnya secara teratur dapat mengontrol produksi sebum dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Setelah diminum, ampasnya pun bisa kita manfaatkan sebagai masker. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan teh hijau yaitu:

  1. Buka kantong teh yang sudah diseduh dan ambil ampasnya.
  2. Campur dengan 1 sendok teh madu murni.
  3. Oleskan campuran madu dan teh ke wajah.
  4. Biarkan selama 10 hingga 20 menit.
  5. Bilas dengan air hangat kuku.

 

7. Kayu Manis

Rempah-rempah yang harganya psering digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Di dalamnya, terdapat cinnamaldehyde dan proanthocyanidinyang bersifat anti inflamasi dan anti bakteri.

Cinnamaldehyde juga membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sehingga, regenerasi kulit bisa lebih cepat terjadi dan bekas jerawat bisa lebih cepat hilang.

Meski demikian, kayu manis tidak boleh digunakan ibu hamil dan menyusui. Pasalnya, ia mengandung glychyrrhizin yang dapat mengganggu plasenta dan mempengaruhi IQ bayi.

Cinnamaldehyde dan eugenol-nya juga dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang. Sebelum menggunakan, pastikan Anda tidak alergi terhadap rempah-rempah yang harganya pernah lebih mahal dari cincin emas ini.

Caranya membuatnya:

  1. Campur 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 2 sendok makan madu.
  2. Aduk hingga mengental dan berbentuk seperti pasta.
  3. Oleskan ke seluruh wajah atau bagian yang berjerawat.
  4. Biarkan 10 sampai 15 menit, bilas hingga bersih.

8. Kulit Pisang

Manfaat pisang untuk kesehatan sudah dikenal sejak lama. Buah tropis ini sering digunakan dalam pengobatan diare, maag, dan mengatasi keputihan.

Pisang pun mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk wajah. Tak hanya buahnya, kulitnya bahkan bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat.

Di dalamnya, ada tannin, saponin, dan flavonoid yang berfungsi sebagai anti mikroba. Senyawa ini penting untuk menekan pertumbuhan bakteri P. acnes agar tidak semakin parah.

Saponin juga bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah. Orang Amerika Selatan kuno bahkan menggunakan tanaman yang mengandung saponin untuk membersihkan diri sebelum sabun diproduksi masal.

Kulit pisang juga mengandung vitamin A, B6, B12, B3, C, dan E. Vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai antioksidan dan menurunkan peradangan. Sedangkan B kompleks membantu mencegah hiperpigmentasi.

  1. Pilih pisang yang sudah matang. Jangan gunakan yang masih mentah atau terlalu matang.
  2. Pisahkan kulit dari daging buah, potong menjadi beberapa bagian.
  3. Pijatkan kulit pisang dengan lembut ke wajah selama sekitar 10 menit.
  4. Pastikan kulit yang Anda gosok masih berwarna putih. Jika sudah menghitam, ganti dengan kulit yang lain.
  5. Setelah selesai memijat, biarkan sesaat sebelum dibilas dengan air bersih.

9. Oat

Oat tak hanya sehat untuk ibu hamil dan jantung, tapi juga dapat dijadikan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan bahan alami. Di dalamnya terdapat saponin yang dapat membantu membersihkan wajah Anda.

Di dalam oat juga terdapat senyawa fenolik avenanthramides yang dapat mengatasi radang, iritasi, dan gatal. Selain itu, ada juga vitamin E yang membantu mempertahankan keremajaan kulit.

Anda pun tak perlu khawatir kesusahan mencari oat. Pasalnya, Anda bisa menggunakan oat instan yang tersedia di supermarket dengan harga terjangkau. Cara membuatnya:

  1. Campurkan 2 sendok makan oat dan 1 sendok teh madu.
  2. Oleskan pada seluruh wajah dan leher.
  3. Pijat perlahan dengan gerakan memutar, biarkan selama 15 menit.
  4. Bilas dengan air hangat kuku.

10. Ketumbar

Bumbu dapur ini biasa digunakan untuk memberi rasa gurih dan khas pada masakan. Tak banyak orang tahu, ketumbar termasuk salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Anda gunakan.

Ketumbar ternyata mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan wajah. Di antaranya ada vitamin C yang berfungsi sebagai antiokasidan, anti bakteri, dan anti inflamasi.

Ketumbar juga diperkaya dengan vitamin A, beta karoten, dan asam folat. Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan ketumbar antara lain:

  1. Haluskan satu sendok teh ketumbar.
  2. Campur dengan dua sendok makan madu, aduk hingga rata.
  3. Oleskan ke wajah dan biarkan selama sekitar 20 menit.
  4. Bilas dengan air hangat kuku.

(10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Mudah dan Murah/www.cantikbijak.com/Gloopic.net/Jala).

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :28
Visitor Today :1.970
Visitor Total :315.168

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.