gloopic.net
Artikel / Kuliner

Toraja Sapan, Kopi Termahal di Indonesia

Kopi Indonesia pernah tercatat sebagai kopi specialty yang dibeli dengan harga tinggi oleh negara lain. Bahkan kopi Indonesia pernah dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kopi lain yang dihasilkan dari negara lain seperti Brazil dan Vietnam. Adalah kopi Toraja Sapan berhasil memecahkan rekor sebagai kopi termahal yang pernah dijual di lelang tahun 2012. Tiga negara saat itu membeli Toraja Sapan dalam bentuk biji kopi hijau alias masih mentah.

Green Bean Kopi Toraja Sapan

"Harganya US$ 45/kg, saat itu harga kopi rata-rata hanya US$ 6-8/kg. Yang beli saat lelang adalah Jepang, Taiwan dan Korea," kata pemilik Anomali Coffee Irvan Helmi.

Akibat harganya yang mahal, Toraja Sapan menjadi sejajar dengan kopi mahal lainnya seperti Kilimanjaro Coffee dan Columbia Supremo. Toraja Sapan masuk ke dalam jenis specialty coffee atau kopi spesial.
Indonesia terkenal dengan kekayaan alam yang ada di dalamnya dan salah satunya adalah merupakan produk kopi Indonesia .yang cukup dikenal yaitu jenis kopi toraja. Jenis kopi ini adalah merupakan salah satu yang cukup dikenal di kalangan pecinta kopi. Toraja sapan juga mempunyai sebutan sebagai kopi Celebes Kalosi. Kopi ini adalah kopi dengan kandungan asam rendah.

Proses Cupping Kopi Toraja Sapan

Sejarah dari Kopi Toraja Sapan

Sejarah dari jenis kopi ini adalah berasal dari daerah Sapan. Jenis biji kopi ini ditanam di sebuah daerah pegunungan yagn cukup tinggi dan berada di Sulawesi. Sapan adalah merupakan sebuah tempat kecil di Sulawesi yang merupakan nama tempat pengumpulan kopi yang ada di daerah sekitarnya. Sedangkan Toraja adalah merupakan nama daerah pegunungan di Sulawesi, tempat tumbuhnya jenis tanaman kopi satu ini.

Ciri Khas Kopi Toraja Sapan

Ciri khas dari jenis kopi Toraja ini adalah dikenal memiliki aroma bau harum yang khas. Selain itu jika dilihat di wilayah Sulawesi yang merupakan tempat geografis yang subur dapat membantu memproduksi beberapa macam jenis hasil sumber daya alam yang cukup dikenal di dunia sebagai penghasil rempah-rempah kelas dunia pada saat itu. Dengan rasa serta bau harum dari kopi telah dapat membuat jenis kopi ini telah dapat menjadi brand tersendiri.

Aroma wangi dari kopi ini langsung dapat tericum saat kita membuka kemasan dari kopi Toraja ini. Yang menarik adalah rasa kopi ini memiliki perbedaan dengan jenis kopi Indonesia lainnya. Jenis kopi ini bahkan juga telah dijual kenegara Jepang dan AS.

Bagi kita sebagai rakyat Indonesia tentu harus berbangga dengan adanya jenis produk kopi Toraja satu ini. Rasa dan juga kualitas dari jenis produk kopi ini adalah merupakan salah satu jenis kopi terbaik. Minuman kopi juga telah dikenal sebagai minuman yang telah dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Kita dapat menjumpai jenis minuman kopi ini dalam bentuk sachet di warung dan juga restaurant yang menyediakan minuman kopi ini.

Petani Sedang Menyortir Kopi Toraja Sapan

Selain itu, jenis kopi yang ada di Indonesia juga dikenal memiliki berbagai macam jenis pengolahan jenis kopi yang berbeda-beda. Hal ini juga yang membuat rasa kopi terlihat mempunyai rasa yang unik diantara jenis kopi yang satu dengan kopi yang lainnya. Salah satu contoh adalah jenis kopi Toraja.

Jenis kopi ini dikenal memiliki dua jenis kopi yang berbeda yaitu jenis kopi Toraja Arabika dan kopi Toraja Robusta. Kualitas dan juga rasa dari kopi Toraja ini sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, kita juga mengenal berbagai macam jenis proses pengolahan kopi yang terlihat berbeda antara satu jenis kopi dengan kopi lainnya. Hal ini juga yang membuat rasa kopi terlihat memiliki cita rasa yang enak. Proses penyeduhan kopi di Indonesia juga dikenal memiliki berbagai macam cara penyeduhan.

Dengan makin berkembangnya industri kopi yang ada di Indonesia akan dapat berdampak positif terutama adalah bagi perekonomian Indonesia. Kita dapat melihat bagaimana industri kopi dapat membuka lapangan pekerjaan yang cukup banyak bagi petani kopi di seluruh tanah Air. Selain itu kita juga dapat melihat bahwa industri kopi juga telah banyak membantu Indonesia dapat tampil dengan penuh percaya diri terutama dari sisi produk kopi yang telah mendunia, salah satunya adalah produk kopi Toraja ini.

Kedai Kopi Toga Coffee Pasarkan Kopi Toraja Sapan

Bagi anda peminum atau penikmat kopi yang ingin merasakan Toraja Sapan, anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Tana Toraja Sulawesi Selatan. Anda yang berada di Jakarta cukup mendatangi kedai kopi yang ada di bilangan Timur Jakarta.

Adalah Kedai kopi Toga Coffee di kawasan pertokoan Sentra Primer Pulo Gebang Jakarta Timur yang menjadikan kopi Toraja Sapan sebagai menu andalannya. Dengan menu classic Torajanya, Toga Coffee menawarkan sajian cold brew dan manual brew dengan bahan dasar kopi Toraja Sapan. Tempat ini menjadikan kopi Toraja Sapan dengan grade 1 (kelas utama) sebagai pilihan utama.

Spesifikasi Toraja Sapan

Grade: Specialty Grade

Roast Level: Medium to Dark

Aroma: Caramelly, Chocolaty, Fruity

Acidity: Medium

Body: High

Flavour: Sweet Chocolate, Delicate, Lychee like

Packaging Size: 250g, 500g, 1kg

Harga Roasted Bean/Bubuk: Rp.65.000/pack

Harga Green bean: Rp.110.000/kg

 

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :47
Visitor Today :833
Visitor Total :6.539.371

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.