gloopic.net
Artikel / Pariwisata

Destinasi Pariwisata 1

Pasar Intan Martapura - Kota Martapura (Kota Terdekat : Banjarmasin)

Bandara terdekat :  Banjarmasin (BDJ)

Kota Martapura di Kalimantan Selatan dijuluki Kota Intan karena memang batu mulia tersebut sudah menjadi ciri khas kota ini, selain itu Martapura merupakan kota penghasil intan terbesar di Indonesia. Satu tempat yang dapat memanjakan mata bagi para pecinta perhiasan adalah Pasar Intan Martapura. Di sini Anda bebas memilih berbagai macam batu intan yang telah diolah menjadi perhiasan-perhiasan cantik.

Pasar Intan Martapura terletak di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Bersama Sriwijaya Air Anda bisa menggunakan penerbangan tujuan Banjarmasin lalu kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Martapura sekitar satu jam saja. Setiap orang yang berkunjung ke Banjarmasin biasanya selalu menyempatkan diri berkunjung ke Pasar Intan Martapura ini. Pada hari biasa pengunjung pasar intan ini bisa mencapai sepuluh ribuan, sedangkan pada hari libur atau akhir pekan bisa mencapai dua kali lipat. Tidak dipungkiri memang, perhiasan dari batu intan ini memang cantik-cantik dan cocok untuk pria maupun wanita.

Kisaran harga perhiasan di pasar intan ini pun bermacam-macam Partners. Anda akan menemukan harga perhiasan dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi dan tentunya semakin tinggi harga, semakin tinggi pula tingkat kecantikan intannya. Banyak yang membelinya untuk oleh-oleh sanak keluarga di rumah, untuk koleksi pribadi, bahkan ada yang sengaja membelinya untuk dijual kembali. Bisnis intan ini ternyata menjanjikan juga lho Partners. Nah, silahkan pilih sendiri sesuai kebutuhan ya. Selamat menikmati kota Martapura!

Dataran Tinggi Dieng - Dieng Culture Festival 2014

Bandara terdekat :  Yogyakarta (JOG)

Indonesia kaya akan budaya dan tak henti-hentinya menyuguhkan berbagai macam festival-festival seni - budaya yang tentu saja sanggup menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.  Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng? Dieng terletak sekitar 30 km dari kota Wonosobo. Jika Anda sudah pernah mengunjungi tempat ini, Anda pasti tahu pasti keindahan alam yang disuguhkan Dataran Tinggi Dieng. Ternyata tak hanya itu saja, jika Anda beruntung dan datang disaat yang tepat, Anda juga akan disuguhkan dengan festival tahunan yang  diselenggarakan di Dieng dan dikenal dengan nama Dieng Culture Festival.  Dieng Culture Festival ke-5 tahun 2014 ini akan diadakan pada tanggal 30 – 31 Agustus 2014 nanti. Sudah siap melihat mahakarya Dieng?

Ada berbagai macam kegiatan yang akan diselenggarakan di festival ini. Dari mulai Kirab Budaya, Opera Maha Karya Dieng, fotografi, kegiatan camping, dan masih banyak lagi. Yang paling dinantikan adalah ritual cukur rambut gembel. Anak yang berambut gimbal (gembel) akan dipotong rambutnya lalu rambut tersebut akan dibuang ke sungai atau telaga yang mengalir ke selatan sebagai wujud pengembalian rambut. Tak hanya itu saja, beberapa orang yang sudah pernah menyaksikan festival ini mengatakan bahwa Dieng Culture Festival tak kalah menarik dengan festival-festival di Negara lain. Wah seru ya? Saksikan Dieng Culture Festival 2014 kali ini langsung yuk! Terbang ke Yogyakarta atau Semarang bersama kami dan lanjutkan dengan perjalanan darat menuju Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo.

Surabaya - Wisata Kawah Ijen

Bandara terdekat :  Surabaya (SUB)

Wisata kawah ijen adalah salah satu wisata yang diminati oleh setiap orang yang berkunjung ke Surabaya. Dari Surabaya ke lokasi kawah ijen memakan waktu sekitar 6-7 jam. Kawah ijen ini termasuk ke dalam kelompok gunung yang masih aktif di Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 2443 m, gunung ini pernah meletus pada tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936. Kawasan ini terletak di 3 kabupaten yaitu kabupaten Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Propinsi Jawa Timur.

Tahukah Anda? Kawah Ijen ini merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia. Di sini biasa memproduksi sekitar 36 juta meter kubik belerang dan hydrogen klorida dengan luas sekitar 5466 hektar. Danau ijen bahkan memiliki derajat keasaman nol  dan memiliki kedalaman 200 meter. Anda dan juga para penambang belerang di sana harus sangat berhati-hati karena tingkat keasaman yang kuat ini dapat membuat Anda kehilangan kulit Anda yang indah atau bahkan dapat melarutkan pakaian Anda.

Meski berbahaya, namun keindahan alam Kawah Ijen ini tidak ada tandingannya. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan danau belerang berwarna hijau tosca yang tentu saja dikelilingi banyak kabut di sekitarnya. Tak hanya itu saja, pemandangan para penambang belerang yang berlalu-lalang membawa tumpukan belerang di punggung mereka dan menyusuri jalan curam serta dikeliling gas beracun adalah hal yang biasa di sana. Bagi Anda penyuka wisata alam pegunungan seperti ini pasti akan sangat jatuh cinta dibuatnya.

Jakarta - Green Canyon (Cukang Taneuh)

Bandara terdekat :  Jakarta (CGK)

Tak perlu harus pergi ke Amerika untuk menemui Grand Canyon yang tersohor itu. Indonesia juga memiliki keindahan alam yang hampir sama dengan Grand Canyon di Amerika, tempat ini bernama Green Canyon. Tempat menakjubkan ini berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Anda bisa menggunakan penerbangan kami tujuan Jakarta lalu segera menuju ke tempat ini melalui jalan darat dengan waktu tempuh 11 jam. Terlihat sangat melelahkan ya? Namun ini semua akan sepadan dengan pemandangan yang disuguhkan di tempat ini. Ini adalah obyek wisata yang lengkap, berupa aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua. Di gua tersebut Anda akan disuguhkan dengan pemandangan stalaktif dan stalakmit yang mempesona. Tak hanya itu, tempat ini juga diapit oleh dua bukit, dihiasi dengan bebatuan, dan sejuk karena banyak pepohonan rindang nan hijau.

Perjalanan panjang dan tentu saja berharga ini pun segera dimulai ketika Anda sampai di dermaga Ciseureuh. Dari sini menuju Green Canyon sekitar 30-45 menit dan Anda akan melanjutkan perjalanan menggunakan perahu temple atau kayuh. Di sepanjang perjalanan, Anda akan melihat bentangan sungai dengan warna hijau tosca yang cantik yang membuatnya dinamakan Green Canyon. Biasanya wisatawan melakukan olah raga semacam body rafting. Cukup menegangkan memang, namun tentu saja ini adalah pengalaman berharga. Tempat ini dapat Anda jadikan referensi tempat liburan Anda yang berbeda Partners.

 

Balikpapan - Olahan Kepiting Sebagai Kuliner Khas Balikpapan

Bandara terdekat :  Balikpapan (BPN)

Jika Anda penggemar berat kuliner yang berbahan dasar seafood, Anda wajib pergi ke Balikpapan dan mencicipi berbagai macam olahan kepiting di sana. Di Balikpapan, kepiting adalah kuliner khas Partners.  Setiap orang yang berkunjung ke kota ini pasti tidak pernah luput untuk mencicipi kepiting. Biasanya seafood “mahal” satu ini dapat diolah menjadi masakan untuk hidangan utama jam makan seperti kepiting saus, kepiting ayam manis, kepiting saus telur asin, gulai kepiting, pepes kepiting, dendeng kepiting, abon kepiting, dll. Bahkan kepiting juga dapat diolah menjadi camilan gurih dan renyah. Seperti peyek kepiting, stik kepiting, dll.

Kepiting memiliki banyak manfaat dan nutrisi baik di dagingnya yang lembut atau bahkan di cangkangnya yang sangat keras. Kepiting kaya akan protein, asam lemak omega 3, memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi, dll. Manfaat seafood satu ini juga beragam, kandungan protein yang cukup tinggi berfungsi sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentukan hormon, perbaikan sel yang rusak, dan masih banyak lagi. Tak hanya dagingnya yang kaya akan manfaat, cangkangnya yang keras sering kali diekspor dalam keadaan kering untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku obat, kosmetik, dll. Meski memiliki banyak manfaat, namun Anda juga harus berhati-hati pada seafood satu ini. Kandungan koleterol pada kepiting terbilang tinggi dan basa purin yang ada di dalamnya juga terbilang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan asam urat sebaiknya mengurangi kepiting atau konsultasikan dulu kepada dokter Anda.

Bagaimana menurut Anda pecinta kuliner? Sepertinya liburan kali ini wajib sekali menjelajahi Balikpapan dan mencicipi kuliner khasnya ya? Ayo ke Balikpapan bersama Sriwijaya Air!

Merauke - Kuliner Daging Rusa

Bandara terdekat :  Merauke (MKQ)

Menginjakkan kaki di Merauke tak akan terasa lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya yang banyak terbuat dari daging rusa. Kabupaten terluas di Papua ini memang lebih memilih daging rusa ketimbang daging sapi, daging kerbau, atau lainnya karena memang harga daging-daging itu terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan daging rusa. Soal rasa jangan ragu, karena daging rusa dan daging sapi memiliki rasa yang tidak jauh berbeda walaupun memang tekstur yang dimiliki keduanya sedikit berbeda. Jika sudah dimasak, daging rusa akan terasa lebih kenyal dan tidak terlalu lembek.

Bagi Anda yang menghindari daging karena sedang berdiet atau semacamnya, jangan khawatir. Daging rusa justru memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Selain itu, daging ini kaya akan protein dan tentu saja dapat membantu Anda menjaga asupan gizi setiap hari. Pengolahan daging rusa di Merauke terbilang cukup bervariasi, Anda dapat menemui kuliner-kuliner yang biasa diolah dengan bahan dasar daging seperti dendeng, sate, abon, dll. Cara memasaknya hampir bisa dipastikan sama dengan olahan daging sapi yang biasa Anda buat. Tertarik untuk mencobanya? Segera rencanakan perjalanan Anda berikutnya ke Merauke bersama kami Partners!

Kendari - Air Terjun Moramo, Pemandian Bidadari di Kota Kendari

Bandara terdekat :  Kendari (KDI)

Ada berbagai macam jenis air terjun di Indonesia bahkan di dunia, semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Di sebuah hutan lindung di Kendari terdapat satu lokasi air terjun yang sangat indah bernama air terjun Moramo. Air terjun ini tepatnya berada di hutan lindung Suaka Alam Tanjung Peropa di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Waktu tempuh ke lokasi ini hanya 45 menit saja dari Kendari.

Air terjun ini memiliki ciri khas yaitu bentuknya bertingkat, memiliki 7 tingkatan utama dan 60 tingkatan kecil. Setiap tingkatannya selalu menumpahkan air jernih dengan derasnya dan menimbulkan suara gemericik yang menenangkan hati serta pikiran. Tak hanya bisa dinikmati alamnya saja, namun Anda juga bisa berenang di sini. Setiap tingkatan terdapat undakan-undakan air yang mirip seperti kolam.  Tak hanya itu, bebatuan yang ada di sana dapat memancarkan kilauan pelangi yang berwarna-warni dan sangat indah ketika dipadukan dengan buih-buih air dari air terjun di sana. Karena keindahan alam inilah banyak orang menyebutkan bahwa tempat ini adalah tempat pemandian para bidadari yang cantik jelita ketika turun dari langit. Kawasan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melarikan diri sementara dari rutinitas yang menjemukkan setiap harinya. 

Luwuk - Alam Luwuk yang Mempesona

Bandara terdekat :  Luwuk (LUW)

Luwuk adalah sebuah kota dan sekaligus ibu kota dari kabupaten Binggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Sebagian besar wilayah Luwuk terdiri dari pegunungan, pesisir pantai, dan dialiri beberapa sungai. Hal inilah yang membuat Luwuk memiliki obyek wisata dengan pesona alam yang luar biasa cantik. Sudah banyak orang yang mengenal keindahan Pantai Kilo Lima. Namun masih banyak lagi obyek wisata alam yang dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke kota ini.

Pantai Boli’i adalah pantai yang terletak di desa Boli’i. Persisnya, pantai ini terletak di Luwuk Timur, jaraknya sekitar ±15 kilometer dari kota Luwuk. Dulu di sekitar pantai ini ada sebuah resort yang lengkap bagi para wisatawan, namun sekarang resort tersebut sudah terbengkalai dan tidak terurus. Meski begitu, pantai ini masih sering dikunjungi oleh para wisatawan karena keelokannya.

Masih ada lagi, Salodik Waterfall adalah obyek wisata yang letaknya berada di sebuah desa bernama Desa Salodik, kecamatan Luwuk. Berada di kawasan agrowisata yang jaraknya sekitar 27 kilometer dari kota Luwuk dan berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut membuat kawasan ini sangat sejuk. Pemandangan alam yang asri dan indah karena terdapat banyak tumbuhan pinus di sepanjang jalan dan sungai yang mengaliri obyek wisata ini. Di sini adalah tempat terbaik untuk melepas penat setelah sekian lama berkutat dengan aktifitas.

Tanjungkarang - Teluk Kiluan, Primadona Wisata di Kota Lampung

Bandara terdekat :  Lampung (TKG)

Provinsi Lampung dengan ibu kotanya Bandar Lampung merupakan gabungan dari kota kembar Tanjungkarang dan Teluk Betung yang memiliki wilayah luas dan menyimpan potensi kelautan. Kota yang berada di paling selatan Pulau Sumatera, Indonesia ini memiliki banyak potensi wisata yang hampir selalu mampu menarik minat para wisatawan. Siapa yang tidak tahu Taman Nasional Way Kambas? Taman ini merupakan perwakilan ekosistem hutan  dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang, serta hutan Pantai. Berbagai macam tumbuhan tumbuh di sini, selain itu terdapat sekitar 50 jenis mamalia seperti gajah sumatera, tapir, harimau Sumatera, anjing hutan, badak Sumatera, dll. Tak hanya mamalia, sekitar 406 jenis burung juga ada di taman ini.

Di tempat ini juga ada pusat pelatihan gajah yang telah berdiri semenjak tahun 1985 dan sampai saat ini sudah berhasil mendidik sekitar 290 ekor gajah. Gajah-gajah di sini dilatih untuk bisa melakukan berbagai macam atraksi, sebagai pembajak sawah, dapat ditunggangi, dan masih banyak lagi. Tidak hanya terkenal dengan Way Kambas, Tanjungkarang juga memiliki surge tersembunyi bernama Teluk Kiluan.

Terletak di kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, objek wisata ini sudah terkenal di kalangan para wisatawan domestik. Yang menarik adalah Anda akan disuguhkan dengan pemandangan lumba-lumba yang menari dengan indahnya di laut lepas. Teluk Kiluan adalah primadona wisata di Lampung karena keindahan pantainya yang masih sangat asri, air laut yang masih sangat jernih, pasir pantai yang putih, dan terumbu karang yang cantik. Perjalanan yang ditempuh memang sedikit berliku namun semua itu akan terbayarkan dengan segera sesampainya Anda di Teluk Kiluan ini.

Tanjung Pinang - Pulau Bintan

Wisata bahari selalu saja menjadi primadona pariwisata di Indonesia karena memang Indonesia sendiri memiliki banyak pantai-pantai yang menakjubkan. Di kota Tanjung Pinang, ada sebuah pulau yang tidak hanya mampu mempertontonkan keeksotisannya namun juga dapat membuat para wisatawan yang datang tak akan mau beranjak dari pulau ini. Bernama Pulau Bintan, pulau ini berada di provinsi kepulauan Riau. Pulau ini adalah pulau terbesar di kepulauan Riau. Jika Anda berlibur ke Pulau Bintan, Anda akan diarahkan pada satu tempat wisata yang berhasil memikat hati para wisatawan, Bintan Resor.

Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang indah. Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan berbagai macam olahraga air seperti surfing, dll. Di sini juga ditawarkan ekowisata bagi para pelajar maupun keluarga. Di balik segala keindahan yang dimiliki Pulau ini, ternyata jaman dulu pulau ini diperebutkan oleh para pedagang dari Eropa, Portugis, Belanda dan Inggris. Sekitar tahun 1884, perseteruan ini pun di tutup oleh Inggris dan Belanda dengan mengeluarkan sebuah perjanjian yang disebut dengan Treaty of London. Hasil perjanjian tersebut adalah wilayah utara Singapura diberikan kepada Inggris, sementara wilayah selatan Singapura diserahkan kepada Belanda. Singapura menjadi pusat perkembangan dagang Inggris, sementara Jakarta dan Jawa dikendalikan oleh Belanda dan meninggalkan kepulauan Bintan.

Tak akan habis jika hanya diceritakan dengan kata-kata, sebaiknya Anda mengunjungi Pulau Bintan ini segera dan temukan berbagai macam hal menarik di Pulau impian tersebut.

Bengkulu - Menelusuri Jejak Bung Karno di Bengkulu

Bandara terdekat :  Bengkulu (BKS)

Masa penjajahan waktu itu memang menorehkan luka batin bagi seluruh bangsa Indonesia. Setiap daerah memiliki jejak sejarah sendiri yang hingga sekarang selalu diceritakan kembali sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih. Bengkulu adalah salah satu saksi bisu tentang perjuangan seorang proklamator handal sekaligus presiden Indonesia pertama, Ir.Soekarno.

Bung Karno diasingkan oleh Belanda karena dianggap berbahaya. Sebelum diasingkan ke Bengkulu tahun 1938, Bung Karno diasingkan di Ende, Flores. Selama masa pengasingan tersebut, semangat Bung Karno tidak pernah padam sekalipun. Beliau dengan ramah menyapa semua orang yang ia temui ketika ia berjalan-jalan menyusuri daerah tempat pengasingannya itu dengan sepeda kesayangannya. Ia pun selalu mengunjungi sekolah-sekolah non pemerintah di sana. Cara Bung Karno menanamkan rasa cinta tanah air pun sangat sederhana. Dari mulai bertukar cerita dengan orang-orang di sana, hingga berkumpul bersama anak-anak sekolah untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama.

Jejak sejarah di Bengkulu memang sangat kental. Tak hanya rumah pengasingan Bung karno saja yang dijadikan tempat wisata sejarah, ada lagi yang lainnya seperti Masjid Jamik Bengkulu yang ternyata di design sendiri oleh Bung Karno. Rumah Ibu Fatmawati, istri sang proklamator sekaligus penjahit bendera pusaka Indonesia. Rumah ibu Fatmawati yang hanya berjarak 600 meter dari rumah pengasingan Bung Karno saat itu, dan ternyata di rumah itu masih ada mesin jahit beliau yang digunakan untuk menjahit bendera pusaka Merah Putih yang dikibarkan saat kemerdekaan 17 Agustus 1945 kala itu.

Anda mungkin saja tidak puas jika hanya membaca rangkaian artikel ini, bagaimana jika datang langsung ke Bengkulu dan menyaksikan sendiri saksi bisu jejak Bung Karno di Bengkulu?



Bali - Tempat Berlibur yang Sebenarnya

Bandara terdekat :  Denpasar (DPS)

Bali sudah menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika ingin menghabiskan waktu liburan bersama dengan orang-orang terkasih. Ada berbagai macam tempat wisata yang dapat dijadikan referensi liburan Anda. Sudah pernahkah berkunjung ke Pura Besakih? Pura Besakih terletak di Desa Besakih, Bali, Indonesia. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh pura yang ada di Bali. Di antara banyak pura yang ada di sana, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, paling banyak bangunan-bangunan pelinggihnya, memiliki berbagai jenis upakara, dan merupakan pusat dari semua pura yang ada di komplek Besakih ini.

Masih ada lagi, penasaran tentang seni dan budaya mereka lainnya? Bali punya tari kecak dan tari Bali yang khas. Tari kecak adalah tarian khas Bali yang menceritakan kisah Ramayana ketika barisan kera-kera membantu Rama melawan Rahwana. Berbeda dengan tari Kecak, tari Bali ini tidak selalu bergantung pada alur cerita. Kecantikan tari Bali dapat dilihat dari gerakan-gerakan para penari yang abstrak dan indah. Selain itu tari Bali sebagian besar bermakna religius.

Setelah berwisata seni dan budaya di Bali, mari kita berwisata pantai. Bagi Anda penyuka kegiatan surfing Anda dapat mengunjungi Pantai Kuta yang memang sudah terkenal karena ombaknya yang cukup bagus untuk olahraga yang satu ini. Tak hanya untuk surfing, semua orang yang mengunjungi tempat ini hanya memiliki satu tujuan utama yaitu berlibur. Selain itu, Pantai Kuta sering disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur yang lebih sering disebut sebagai pantai matahari terbit (sunrise beach). Sanur memiliki ombak yang lebih tenang dan memiliki tempat untuk menyelam atau snorkeling.

Sudah puas mengunjungi tempat wisata di Bali? Saatnya Anda mengisi perut dengan mencicipi Nasi Campur khas Bali, Nasi Jenggo, Ayam Betutu, Sate Lilit, dan masih banyak lagi. Habiskan waktu liburan di Bali saja Partners. Segera rencanakan liburan Anda ya!



Solo - Karnaval Batik Solo

Bandara terdekat :  Solo (SOC)

Di Solo, ada satu even tahunan yang berhasil menarik minat banyak orang baik masyarakat lokal maupun wisatawan. Karnaval Batik Solo sudah dimulai semenjak tahun 2008 yang lalu tepatnya tanggal 13 April 2008. Karnaval Batik Solo adalah ajang diselenggarakannya karnaval yang diikuti oleh banyak peserta baik dari Solo maupun daerah di luar Solo. Para peserta menggunakan kostum batik yang dikreasikan sesuai dengan tema yang diusung panitia. Mereka biasanya menyusuri Jl. Slamet Riyadi – Purwosari – Balaikota Solo sebagai rute wajib tahunan Karnaval Batik Solo. Karnaval yang diadakan setiap Bulan Juni ini telah mengangkat berbagai macam tema-tema unik dan menarik seperti berikut ini.

Tahun 2009 memiliki tema “Topeng” dan saat itu ada 3 jenis topeng tradisional yang disuguhkan, yaitu : Panji (melambangkan raja atau ratu), Kelana (melambangkan ksatria atau raksasa), dan Gecul (melambangkan hamba sahaya).

Tahun 2010 mengusung “Sekar Jagad” sebagai temanya. Konsep ini diambil dari salah satu motif kain batik perpaduan dari beberapa motif batik yang ada. Sekar jagad sendiri menggambarkan muatan lingkungan hidup, ekologi, flora & fauna, kosmos, dan air dalam kehidupan yang menampakkan keanekaragaman dalam kehidupan. Karnaval Batik Solo tahun 2010 berhasil terpilih mewakili Indonesia dalam “Chingay Parade Singapore” pada tanggal 17 – 23 Februari 2010 yang lalu.

Tahun 2011. Pada tahun ini, “Keajaiban Legenda” adalah tema unik yang digunakan. Berbagai legenda yang ada seperti Andhe-Andhe Lumut, Rara Jonggrang, Ratu Pantai Selatan, dan Ratu Kencana Wungu berhasil menarik minat banyak orang yang menonton.

Tahun 2012. Waktunya “Methamorfosis” menjadi pusat perhatian di acara karnaval tahunan ini. Maksud dari tema ini adalah karena batik selalu mengalami perubahan dan kreasinya yang selalu saja beragam setiap waktunya.

Tahun 2013. Earth to Earth adalah tema yang mewakilkan empat unsure alam : air, api, tanah, dan udara.

Untuk tahun 2014, Karnaval Batik Solo ini diselenggarakan pada tanggal 22 Juni 2014 dengan “Majestic Treasure” (Harta Karun yang Megah) sebagai temanya.  Alasan diangkatnya tema ini karena batik Indonesia sudah dikenal keindahannya di berbagai penjuru dunia baik secara visual maupun filosofi. Hingga saat ini Batik tak hanya digunakan sebagai pakaian sehari-hari namun juga sebagai warisan leluhur yang wajib dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

 

Semarang - Kota Lama (The Little Netherlands)

Bandara terdekat :  Semarang (SRG)

Anda merasa penasaran dengan cerita sejarah jaman dulu ketika Indonesia masih dijajah Belanda? Begitu menyeramkan dan sangat memprihatinkan memang. Oleh karena itu kita wajib untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan Indonesia. Namun ternyata dibalik semua pengalaman bersejarah yang telah terjadi itu, Belanda mewariskan berbagai macam hal unik termasuk bangunan-bangunan khas Belanda pada jaman dulu yang tersebar diberbagai tempat di Indonesia, salah satunya Kota Semarang. Tentu sudah tidak asing lagi dengan Lawang Sewu kan? Tetapi masih ada lagi bangunan kuno khas Belanda yang masih dijaga kelestariannya dan hingga kini telah menjadi obyek wisata khas Kota Semarang.

Kota Lama Semarang. Kawasan obyek wisata seluas 31 hektar ini pada abad 19-20 merupakan kawasan pusat perdagangan kota Semarang. Kota Lama ini letaknya terpisah dengan daerah sekitar dan nampak seperti kota sendiri sehingga sering kali disebut sebagai Little Netherland (Miniatur Belanda). Kawasan ini sekaligus menjadi saksi bisu sejarah masa kolonial Belanda lebih dari 2 abad dan lokasinya pun berdampingan dengan kawasan ekonomi. Ada sekitar 50 bangunan kuno yang berdiri di sini dan memiliki sejarah kolonialisme di Semarang. Bangunan-bangunan ini pun identik dengan bangunan Eropa pada tahun 1700an. Kota lama seperti sedang mempertontonkan kemegahan arsitektur eropa jaman dulu. Bangunan-bangunan yang masih berdiri kokoh itu seakan memiliki banyak cerita yang siap di kisahkan kembali kepada khalayak banyak.



Malang - Wisata Bersejarah di Kota Malang

Bandara terdekat :  Malang (MLG)

Malang memiliki banyak pesona alam yang luar biasa cantik. Namun ternyata Malang juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah menariknya. Beberapa bangunan berikut ini masih menyimpan kenangan Jaman Belanda Partners, simak ulasannya berikut ini.

  • Balaikota Malang. Arsitektur khas jaman kolonial Belanda yang dimiliki bangunan ini sudah menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara dari jaman dulu. Dirancang khusus oleh arsitektur pada masa pemerintahan Gubernur Hindia Belanda yang saat itu dipimpin oleh Jenderal Pieter Zoen Coen. Di depan balaikota ada alun-alun bundar dan di tengahnya terdapat tugu yang dikelilingi bunga warna-warni.
  • Museum Brawijaya, museum ini menyimpan berbagai macam koleksi ketika jaman perjuangan dulu.
  • Stasiun Kota Baru Malang. Coba perhatikan bangunan stasiun ini, masih sangat kuno dan asli buatan Belanda.
  • Monumen Pahlawan Trip. Di sini adalah tempat di abadikannya nama 33 orang tentara yang gugur saat agresi militer Belanda.
  • Toko OEN. Bagi Anda pecinta es krim, tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang unik. Berdiri sejak tahun 1930 membuat interior tempat ini tidak berubah sedikitpun dan sangat berkesan klasik.

Jadi, silahkan mencoba wisata sejarah yang satu ini Partners, Anda tidak akan rugi karena di Malang semua rasa penasaran Anda akan terbayarkan.



Dili - Patung Cristo Rei, Landmark Kota Dili

Bandara terdekat :  Dili (DIL)

Dili, tempat wisata eksotis yang bisa menjadi pilihan Anda untuk sejenak menyegarkan pikiran dan melepas lelah. Selain pantai, banyak pula taman-taman yang unik disini serta Patung Patung Cristo Rei yang merupakan Patung Kristus tertinggi kedua di dunia.

Patung Cristo Rei dapat Anda jumpai di Puncak Fatucama. Patung yang menjadi ikon (landmark) Kota Dili ini dibangun pada tahun 1996, dalam rangka peringatan 20 tahun integrasi Timor Timur ke Indonesia. Dari Puncak Fatucama, Anda bisa melihat panorama Kota Dili yang luar biasa indah.

Tidak jauh dari Puncak Fatucama, terdapat sebuah pantai yang cantik yaitu Pantai Pasir Putih. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Pasir Putih merupakan salah satu pantai kebanggan Warga Dili, dan selalu ramai dipadati wisatawan terutama wisatawan Portugis banyak berjemur di pantai ini.

Kota yang tertata rapi ini juga memiliki taman kota yang bernama Largo De Lecidere. Taman yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Pasir Putih ini memiliki fasilitas untuk beristirahat dan tersedia akses wifi.



Jambi - Berbagai Macam Danau Cantik di Jambi

Bandara terdekat :  Jambi (DJB)

Terletak di atas ketinggian 1000 mdpl di kaki Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Danau ini tepatnya berada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Provinsi Jambi. Di namakan danau Belibis karena memang di danau ini terdapat populasi burung belibis yang hidup di kawasan sekitar danau. Danau tektonik yang terjadi akibat aktifitas gunung berapi ini memiliki air yang tawar.

Di balik keindahannya, ternyata danau ini memiliki kisah tersendiri bagi masyarakat Kayu Aro (sebuah kecamatan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi). Kesan misterius sangat tampak di danau Belibis ini karena tidak banyak orang yang datang mengunjunginya. Beberapa orang meyakini bahwa burung-burung belibis yang ada di danau itu merupakan jelmaan manusia-manusia yang sempat hilang di danau tersebut. Orang-orang ini konon dulunya merupakan sekelompok pekerja yang datang berkunjung lalu mereka tidak ada yang pulang ke tempat mereka masing-masing dan menjadi burung belibis penunggu danau tersebut. Kisah yang beredar bermacam-macam, namun tetap saja keindahan Danau Belibis ini tidak akan tergantikan.

Masih tentang danau, Jambi memiliki Danau lain yang tak kalah cantik bernama Danau Kerinci. Danau ini ternyata adalah danau terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Kemudian ada Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di ASEAN. Tak sampai situ, Anda masih akan menemukan danau-danau indah lainnya seperti Danau Kaco, Danau Sipin, Danau Teluk, dll.

 

Pontianak - Es Lidah Buaya Khas Pontianak

Bandara terdekat :  Pontianak (PNK)

Sedang berjalan-jalan di Pontianak di siang hari yang terik? Bagaimana jika mencoba es lidah buaya yang sudah menjadi minuman khas Pontianak? Minuman ini selain menyegarkan juga menyehatkan Partners.

Khasiat lidah buaya sudah terkenal sejak dulu untuk menyuburkan rambut, sebagai perawatan kulit, bahkan penyembuh luka. Pada jaman modern seperti sekarang ini, teknologi telah mengubah lidah buaya sebagai bahan dasar kosmetik, obat, dan bahkan sebagai makanan atau minuman yang lezat. Sebuah penelitian bahkan mengemukakan bahwa lidah buaya mengandung berbagai macam zat seperti mineral, polisakarida, enzim, vitamin, asam amino, dll.

Terdapat lebih dari 200 jenis lidah buaya yang ada di dunia ini dan satu-satunya yang dapat diolah adalah jenis Aloe Vera Barbadensis. Meski terbilang jenis yang langka, namun siapa sangka jenis lidah buaya ini justru banyak tumbuh di tanah Indonesia. Pulau Kalimantan Barat tepatnya Pontianak, menjadi salah satu daerah penghasil tanaman lidah buaya terbaik di dunia.

Palembang - Kuliner Terbaik Khas Palembang

Bandara terdekat :  Palembang (PLM)

Anda pasti langsung teringat Pempek setiap mendengar nama kota Palembang. Ya, Ibukota dari Propinsi Sumatera Selatan ini memang terkenal dengan pempeknya yang lezat. Berbagai macam pempek harus Anda coba saat berkunjung ke kota yang memiliki salah satu sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Musi.

Cicipi juga kuliner lainnya seperti pindang patin, brengkes tempoyak yang berbahan utama durian, serta es kacang merah yang nikmat dan segar. Datanglah ke tepian Sungai Musi untuk menikmati suasana kuliner yang berbeda. Anda akan mendapati jejeran warung yang menjual beraneka ragam makanan khas Palembang. Waktu yang tepat untuk datang kesini adalah malam hari. Menyantap makanan sambil menikmati pemandangan yang cantik dari Jembatan Ampera dan sinaran lampu di bantaran sungai.

Jika Anda pecinta sejarah, Anda harus berkunjung ke Benteng Kuto Besak atau biasa disebut dengan BKB oleh masyarakat Palembang. Benteng Kuto Besak merupakan sisa dari Kerajaan Palembang Darussalam. Pada masa penjajahan Belanda, Benteng ini digunakan untuk menangkal serangan dari Belanda.

Medan - Ulos, Kerajinan Cantik Suku Batak

Bandara terdekat :  Medan (KNO)

Partners, Anda pasti sudah sangat familiar dengan Ulos. Ya, Ulos ini adalah kerajinan khas suku batak berupa kain yang ditenun dan memiliki berbagai macam motif serta warna. Pembuatan kain ulos bisa dikatakan terbilang lama karena prosesnya yang rumit dan masih menggunakan alat tradisional manual.  Jika Anda berkunjung ke Pulau Samosir, Anda akan menemui satu tempat pembuatan Ulos bernama Desa Parbaba. Di sana Anda bisa mencoba sendiri bagaimana membuat Ulos yang terkenal itu.

Tahukah Anda? Warna-warna benang yang digunakan untuk membuat ulos ini memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Medan. Merah mewakili keberanian, putih mewakili kesucian, dan hitam mewakili kekuatan. Ulos ini juga sering digunakan untuk berbagai macam upacara seperti upacara pernikahan, upacara penyambutan tamu, upacara kematian, dll.

Selain itu, Ulos yang sering digunakan masyarakat Suku Batak ini memiliki berbagai macam jenis, yaitu :

  • Ulos Ragihotang bermakna doa dan biasa dipakai untuk acara pernikahan.
  • Ulos Ragidup bermakna kehidupan dan biasa digunakan sebagai pajangan dinding di rumah-rumah masyarakat Suku Batak.
  • Ulos Abit Godang bermakna harapan untuk kebahagiaan.
  • Ulos Mangiring biasa digunakan sehari-hari dan sering kali digunakan oleh para tetua (orang yang dituakan).
  • Ulos Giun Hinar-Haran biasa digunakan untuk orang yang sedang tertimpa musibah atau kematian.
  • Ulos Runjat ulos jenis ini hanya dimiliki oleh masyarakat dengan status tinggi dan hanya digunakan untuk acara-acara khusus.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis kain ulos yang ada di Sumatera Utara ini. Jika berkunjung ke Medan, jangan lupa mampir ke Danau Toba yang sudah menjadi tujuan favorit para wisatawan sejak dulu Partners.

Kendari - Berbagai Macam Wisata Kota Kendari

Bandara terdekat :  Kendari (KDI)

Banyak pilihan berwisata di Kota Kendari, dari wisata sejarah hingga wisata pantai ada disini. Tentunya wisata di kota yang menjadi Ibukota Propinsi Sulawesi Tenggara ini tidak kalah menarik dari daerah lainnya di Indonesia. 

Segarkan pikiran Anda dengan menikmati pantai-pantai di kota Kendari. Ada Pantai Mayaria, Pantai Nambo, dan Kendari Beach. Pantai Mayaria memiliki pasir putih yang indah, begitu pula halnya dengan Pantai Nambo yang tidak kalah menarik. Pantai ini menjadi pilihan masyarakat Kota Kendari untuk melepas jenuh dan rasa lelah. 

Kendari Beach bisa menjadi pilihan Anda untuk menikmati senja sambil mencicipi beraneka makanan khas Sulawesi Tenggara. Terdapat jajaran warung sepanjang pantai dari Kota Lama hingga Jalan By Pass. Nah, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi Pisang Epe khas Kendari. Bedanya dengan Pisang Epe Makassar adalah Pisang Epe Makassar diberi saus durian, sedangkan Pisang Epe Kendari ditaburi kacang atas pisang. 

Bagi Anda pecinta sejarah, Benteng Buton harus ada di daftar liburan Anda saat berada di kota ini. Benteng ini dapat dikatakan sebagai benteng terbesar di dunia setelah Tembok Cina. Tidak cukup seharian untuk berkeliling dengan berjalan kaki. Disini Anda akan menjumpai prasasti yang bertuliskan silsilah Raja-Raja Kerajaan Buton, Masjid Tua yang unik, dan Batu Bertuah serta Batu Kramat. 

Belitung - Wisata Pantai di Kota "Laskar Pelangi"

Bandara terdekat :  Tanjung Pandan (TJQ) (DPS)

Surga tersembunyi ini mulai dikenal banyak wisatawan setelah Film Laskar Pelangi populer di masyarakat. Pulau yang merupakan salah satu penghasil timah terbesar ini memiliki pantai-pantai yang eksotis. Pantai-pantainya memiliki karakteristik pasir putih yang halus, air laut yang jernih, dan bebatuan granit besar.

Salah satu pantai yang terkenal di Belitung dan sekaligus menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi yaitu Pantai Tanjung Tinggi. Saat memasuki pantai ini, Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang lembut, dan suara deru ombak yang bertumbukan dengan deretan bebatuan granit besar.

Adapula Pantai Tanjung Kelayang. Dari Pantai Tanjung Kelayang, Anda bisa menyewa perahu untuk menyeberang ke beberapa pulau kecil yang indah, yaitu Pulau Lengkuas yang terkenal dengan menara mercusuarnya, Pulau Burung, Pulau Babi, Pulau Kepayang, dan Pulai Pasir. Yang paling menarik adalah Pulau Pasir, pulau ini hanya bisa Anda kunjungi pada waktu air laut surut. 

Sempatkan pula untuk berkunjung di SD Laskar Pelangi tempat syuting film Laskar Pelangi di daerah Manggar, Belitung Timur. Lengkapi juga kunjungan Anda di tempat ini dengan mencicipi kopi di kota sejuta kopi.

Bali - Pulau Dewata

Bandara terdekat :  Denpasar (DPS)

Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia, dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, dan Pulau Serangan.

Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar, yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

(Sumber : Sriwijaya Air)/Gloopic.net/Widjaja Lagha

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :82
Visitor Today :4.981
Visitor Total :6.527.810

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.