gloopic.net
Artikel / Pariwisata

Destinasi Pariwisata 2

Pangkalpinang - Ratusan Wisata Pantai Nan Cantik di Pangkalpinang

Bandara terdekat :  Pangkalpinang (PGK)

Anda termasuk penyuka pantai? Di Indonesia memiliki banyak destinasi dengan pantai yang indah, salah satunya Pulau Bangka. Pulau Bangka terletak di provinsi Kep. Bangka Belitung dengan Pangkalpinang sebagai ibukota provinsi. Bisa dibilang terdapat ratusan pantai yg mengelilingi pulau ini.

Salah satu pantai favorit wisatawan baik wisatawan domestik dan mancanegara adalah Pantai Parai Tenggiri. Pantai ini memiliki panorama bebatuan pasir granit besar. Selain itu Anda akan disambut dengan beningnya air laut dan pasir putih yang halus saat memasuki pantai ini. Adapula Pantai Tanjung Pesona dengan panorama laut lepas yang memiliki batu granit besar, menambah eksotisnya pantai ini.

Masih kurang? Destinasi pantai lain di Pulau Bangka ini adalah Pantai Kuarsa Sikka yang letaknya kira-kira 100 km dari kota Pangkalpinang. Pantai ini berhadapan langsung dengan Selat Bangka dan Pulau Sumatera. Salah satu keistimewaan Pantai Kuarsa Sikka adalah sunset yang cantik saat senja yang hampir tidak bisa didapatkan di pantai lainnya. Bahkan, banyak orang menyetujui jika pantai ini memiliki panorama sunset terbaik di Indonesia.

Pulau Bangka masih memiliki destinasi pantai lainnya, seperti Pantai Pasir Padi, Pantai Batu Dedaun, Pantai Teluk Limau, Pantai Matras, Pantai Romodong, Pantai Teluk Uber, dan Pantai Tikus yang juga tak kalah indah. Jadi, sudah siap berlibur ke Bangka sekarang?

Palu - "Jujugan" Favorit Para Wisatawan

Bandara terdekat :  Palu (PLW)

Siapa bilang Palu tidak punya wisata pantai yang cantik? Datang kesana dan buktikan sendiri, karena Anda akan dibuat kagum oleh panorama pantai dan pemandangan bawah lautnya.

Pantai-pantai yang ada di Kota Palu menawarkan keindahan yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di daerah lain. Misalnya Pantai Marina yang menjadi jujugan favorit wisatawan mancanegara. Momen matahari tenggelam adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu.

Mari kita melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Karang. Nah, bagi Anda yang memiliki hobi menyelam atau snorkeling, pantai ini wajib untuk Anda datangi. Terletak di Kabupaten Donggala dan dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Pantai ini memiliki tekstur pasir yang lembut dan air laut yang jernih serta sarat terumbu karang yang indah.

Lain halnya dengan Pantai Talise. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Anda dapat menikmati Pisang goreng yang disajikan unik bersama dengan sambal serta minuman jahe susu yang disebut Saraba. Datanglah pada saat sore hari ke Pantai ini.

Tutup perjalanan Anda di Ibukota Propinsi Sulawesi Tengah ini dengan berkunjung ke Bukit Cinta dan Bukit Jabal Nur. Dari kedua bukit ini, Anda dapat memandang kota dengan panorama perbukitan dan Pantai Talise di kejauhan.

Sorong - Keindahan Bawah Laut Raja Ampat

Bandara terdekat :  Sorong (SOQ)

Keindahan bawah laut Raja Ampat sudah tersohor ke seantero dunia. Bahkan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi para diver dunia. Cukup terbang ke Kota Sorong dan petualangan Anda menyusuri alam bawah laut pun dimulai.

Raja Ampat adalah salah satu destinasi favorit wisatawan dan mungkin menjadi salah satu destinasi impian Anda. Terletak di barat laut kawasan Kepala Burung, Papua Barat, Kepulauan Raja Ampat ini memiliki empat pulau utama yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Dinobatkan sebagai satu dari 10 situs penyelaman terbaik di dunia, kegiatan snorkeling atau diving menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk melihat keindahan bawah laut yang dimiliki Raja Ampat ini.

Anda tidak akan pernah menyesal untuk datang menyelam disini. Kenapa? Karena 70% karang yang ada di dunia terdapat di Raja Ampat. Saat Anda menyelam, Anda akan menjumpai lima jenis penyu, ikan pari, ikan hiu yang unik yaitu Wobbegong dan Kalabia atau hiu berjalan, kuda laut, 15 jenis ikan endemik, 699 jenis kerang-kerangan, 1427 jenis ikan karang, dan 553 jenis karang keras. Selain itu, Anda juga bisa melihat lumba-lumba setiap hari di perairan lepas.

Sebelum meninggalkan Raja Ampat, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Wayag, gugusan karang yang menjadi ikon. Namun, Raja Ampat juga memiliki Painemo yang tidak kalah indah. Untuk menuju ke Painemo ini dibutuhkan 2 jam perjalanan dari Waisai yang merupakan Kota Pusat Pemerintahan Kabupaten Raja Ampat. Anda harus mendaki ke puncak untuk mencapai Painemo. Sedikit menguras tenaga memang, namun rasa lelah Anda akan terbayar dengan panorama yang luar biasa indah setibanya di puncak.

Wisata pantai disana juga tidak kalah indah dan eksotis. Seperti Pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya, Pulau Raam, Pulau Soop, dan Pulau Doom. Pasir pantai yang bewarna putih, air laut yang bewarna biru kehijauan, bukit bukit yang cantik, dan berbagai flora dan fauna akan menyambut Anda Partners.

 

Balikpapan - Pantai-Pantai Nan Rupawan di Balikpapan

Bandara terdekat :  Balikpapan (BPN)

Terletak di pinggir laut, Kota Balikpapan mampu menawarkan pengalaman wisata yang menarik. Pantai-pantai disana tidak kalah indah untuk Anda abadikan di kamera pribadi Anda.

Balikpapan memiliki pantai-pantai yang indah, Pantai Melawai misalnya. Pantai ini dapat dikatakan sebagai pantai favorit di Balikpapan. Untuk menuju kesana, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota.

Kemudian ada Pantai Lamaru yang dapat dijangkau sekitar 30 menit dari pusat kota. Keunikan dari pantai ini adalah banyak perahu sepeda. Karena dangkalnya air laut dan keclnya gelombang air pada saat surut, maka Anda dapat bermain dengan perahu kecil yang dijalankan dengan dikayuh seperti sepeda ini.

Kunjungi pula pantai-pantai lainnya di Balikpapan seperti Pantai Kemala, Pantai Monpera, dan Pantai Manggar.

Nah, bagi Anda yang gemar memotret, Monumen Perjuangan Rakyat, Hutan Lindung Sungai Wain, atau Taman Bekapai juga bisa Anda abadikan saat Anda berkunjung ke Balikpapan.

Banjarmasin - Pasar Terapung

Bandara terdekat :  Banjarmasin (BDJ)

Banjarmasin, Kota Seribu Sungai ini sangat identik dengan pasar terapung. Keberadaan pasar ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Pasar terapung sendiri merupakan pasar tradisional yang seluruh aktivitasnya dilakukan di atas air dengan menggunakan perahu. Kebanyakan para pedagangnya adalah wanita. Menariknya, di Pasar terapung ini juga masih berlaku barter antar pedagang. Keunikan lainnya adalah transaksi yang dilakukan antara pedagang dan pembeli tidak terpaku di suatu tempat, tetapi terus bergerak mengikuti arus sungai. Keunikan-keunikan inilah yang membuat pasar terapung disebut juga dengan Pasar Balarut.

Pasar Terapung mulai melakukan aktivitasnya dari subuh hingga pukul 10 pagi. Dari beberapa Pasar Terapung di Kalimantan Selatan, yang menjadi objek wisata terkenal adalah Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin dan Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Tabuk, Banjar.

Selain pasar terapung, kunjungi pula obyek wisata menarik lainnya di Banjarmasin seperti Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Taman Siring Sungai Martapura, atau berburu Intan di Pasar Intan Kota Martapura.

 

Gorontalo - Pulau Saronde

Bandara terdekat :  Gorontalo (GTO)

Tahukah Anda, di Gorontalo tedapat sebuah Pulau dengan pemandangan yang luar biasa cantik. Pulau Saronde namanya. Kecantikannya pun mampu menghipnotis wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk singgah di pulau ini.

Terletak di Kabupaten Gorontalo Utara, Pulau Saronde mengandalkan potensi pesona alam dan budayanya. Pulau cantik ini memiliki air laut yang bersih dan tidak tercemar oleh sampah-sampah industri. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air.

Tidak hanya hamparan alamnya yang mempesona saja Partners, masyarakat di sekitar Pulau Saronde juga memiliki tradisi yang unik. Akan diadakan Festival Saronde yang kerap diadakan bulan Juli. Dalam festival ini, mereka biasanya mengadakan lomba adu cepat ketinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi sebuah pulau di sekitar Pulau Saronde.

Pantai-pantai lain di Gorontalo yang wajib Anda kunjungi antara lain Pantai Lahilote, Pantai Olele, Pantai Bitila, dan Pantai Taula’a.

Ambon - Kecantikan Alam Ambon Manise

Bandara terdekat :  Ambon (AMQ)

Tahukah Anda jika Kota Ambon juga memiliki kekayaan alam yang memukau. Kota terbesar di kepulauan Maluku dan menjadi ibu kota dari provinsi Maluku ini sudah sangat terkenal dengan wisata bahari atau pantainya. Bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Banyak orang menganalogikan, belum ke Ambon kalau belum ke panta Natsepa. Pantai Natsepa ini memiliki air laut yang jernih. Bahkan saking jernihnya, Anda bisa dengan mudah menyaksikan ikan-ikan yang berenang serta warni-warni terumbu karang yang membius mata. Dan yang paling penting adalah pantai ini bebas sampah.

Lokasi Pantai Natsepa berada di Desa Suli Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Jarak yang harus ditempuh yakni  ±15 Km dari pusat kota Ambon dan ±23 Km dari Bandara Internasional Pattimura. 

Pantai-pantai lain yang menarik untuk dikunjungi antara lain Pantai Liang, Pantai Santai, Pantai Namalatu, Pantai Lelisa, dan Pantai Felawatu yang elok dan cantik. Di pantai Felawatu ini, Anda akan mendapat bonus pemandangan yang tak kalah indah dari Air Terjun Anihang.

Selain itu, masih banyak tempat wisata yang ada di Ambon Partners, seperti wisata Monumen Pattimura, Monumen Patung Martha Christina Tiahahu. Benteng Amsterdam,  Tugu Dolan di Kudamati, Gereja Tua di Ambon, Masjid Wapaue, dan Museum Siwalima.

Semarang - Di Balik Kisah "Seribu Pintu"

Bandara terdekat :  Semarang (SRG)

Kalau hanya mendengar cerita tentang Lawangsewu itu sudah biasa. Kenapa Anda tidak membuktikannya sendiri dan langsung datang ke bangunan peninggalan Belanda yang melegenda ini?

Tahukah Anda Lawangsewu dulu disebut dengan Wilhelminaplein. Lawangsewu merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda, 27 Februari 1904 silam. Awalnya Lawangsewu didirikan untuk digunakan sebagai Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta NIS atau Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS).Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah masa kemerdekaan digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang disebut PT. Kereta Api Indonesia.

Kenapa disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu)? Dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada di bangunan ini tidak sampai seribu. Bangunan yang terletak di bundaran Tugu Muda ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Selain Lawangsewu, kunjungi juga objek wisata lain yang tidak kalah menarik seperti Kota Lama “the Little Netherland”, Pantai Marina, atau berwisata alam di Umbul Sidomukti yang memiliki kolam renang di perbukitan dengan panorama alam yang indah. Bagi Anda yang berkunjung ke Semarang saat akhir pekan, berwisata kuliner di Kampoeng Semawis akan memberi Anda pengalaman yang berbeda. Beraneka jajanan dana makanan khas Semarang bias Anda cicipi disini.

Makassar - Mengintip Keelokan Tana Toraja

Bandara terdekat :  Ujung Pandang (UPG)

Tana Toraja merupakan salah satu daya tarik wisata Indonesia, dihuni oleh Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas. Daerah ini terletak di 350 kilometer utara Makassar, Sulawesi Selatan.

Tana Toraja sangat terkenal dengan rumah adatnya yang bernama Tongkonan. Atapnya terbuat dari bambu yang dibelah dan disusun bertumpuk. Tongkonan ini memiliki strata sesuai derajat kebangsawanan masyarakat seperti strata emas, perunggu, besi dan kuningan. 

Obyek wisata budaya lain yang dapat Anda kunjungi saat di Tana Toraja antara lain Ke'te Kesu yang merupakan kompleks miniatur warisan budaya toraja berupa pemukiman tradisional, Londa yang merupakan bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja, Lemo yang merupakan kuburan yang dibuat di bukit batu yang berbentuk bulat seperti buah limau, Batu Tumonga, dan Kuburan bayi Kambira.

Bagi Anda penyuka tantangan adrenalin, nikmati wisata arung jeram di Sungai Sa’dan yang memiliki panjang sekitar 182 km dan lebar rata-rata 80 meter. Sungai ini memiliki beberapa jeram dengan tingkat kesulitan yang berbeda, dan jeram paling sulit di sungai ini adalah jeram Fitri yaitu berupa patahan dan arus sungai yang menabrak batu besar yang dapat menyebabkan perahu menempel di batu dan terjebak diantaranya.

Yogyakarta - Eksotisme Pantai-Pantai Gunung Kidul

Bandara terdekat :  Yogyakarta (JOG)

Jalan-jalan di Yogyakarta terasa tidak lengkap jika tidak berkunjung ke pantainya. Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar dan budaya ini memiliki banyak pantai yang eksotis dan menawan, Partners.

Jika Anda ingin menikmati suasana pantai yang berbeda, berkunjunglah ke Gunung Kidul. Berada di selatan Yogyakarta, kabupaten ini sangat kaya akan panorama pantainya. Anda dapat menggunakan bus atau mobil sewaan untuk menuju kesana dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Pantai-pantai di daerah Gunung Kidul memiliki pemandangan alam yang cantik, air laut yang jernih, dan pasir putih yang halus. Cocok untuk memuaskan hobi fotografi Anda. Sebut saja Pantai Sundak, Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Ngobaran, Pantai Indrayanti, Pantai Siung, dan masih banyak pantai lainnya.

Jangan lewatkan untuk berwisata kuliner di tempat ini. Dijamin, Anda tidak akan menemukan makanan jenis ini di tempat lain. Seperti gatot, sego tiwul, sayur lombok, dan yang paling ekstrim adalah walang goreng yang gurih dan nikmat. Hmm, tertarik?

Jakarta - Pasar Baru

Bandara terdekat :  Jakarta (CGK)

Jakarta memiliki banyak tempat untuk dieksplorasi. Kota yang menjadi salah satu pelabuhan dagang teramai pada zaman Belanda ini,mempertahankan beberapa lokasi perdagangan yang dibangun selama masa penjajahan. Salah satunya adalah Pasar Baru.

Pasar Baru merupakan kawasan perdagangan yang dibangun sejak zaman VOC. Area ini dibangkun sekitar tahun 1820. Namanya sendiri merupakan ejaan Indonesia yang diperbarui dari ejaan sebelumnya Passer Baroe yang kini masih tertulis di gerbang masuk.

Apa hebatnya pasar ini? Tentunya selain usianya yang sudah tua, Pasar Baru menjadi kawasan perbelanjaan yang lengkapProduk-produk yang dijual beragam mulai dari tekstil hingga pakaian jadi. Kain yang dijual juga bukan sembarang kain, bahkan batik dan sari khas India juga dijual di beberapa toko di sini.

Setelah puas berkeliling mencari barang incaran untuk dibeli, tentu agenda berikutnya di Pasar Baru adalah menikmati kuliner lezat dan nikmat. Di dalam area pasar dan sekitarnya bisa kita temukan para pedagang kaki lima yang menjual panganan yang sudah ada sejak dulu. Anda pasti sudah kenal dengan kue cubit, kue pancong atau martabak mini. Para pedagang ini berkumpul di area parkir yang berada di area kanan pasar. Saat berada di pasar ini, sempatkan juga untuk mencicipi Bakm atau Cakue yang letaknya berada di gang sebelah kanan di tengah-tengah pasar.

Solo - Deretan Wisata Sejarah dan Budaya Khas Surakarta

Bandara terdekat :  Solo (SOC)

Kota Solo atau juga dikenal dengan Kota Surakarta memiliki suasana kota yang tenang, dan asri dengan penduduk yang ramah. Kota ini juga masih menjaga warisan budaya leluhur hingga kini.

List pertama kunjungan Anda di kota sejuta kuliner murah meriah ini adalah berkunjung ke Keraton Kasunanan Hadiningrat ini dibangun pada tahun 1744 dan Pura Mangkunegaran yang merupakan kediaman Sri Paduka Mangkunagara yang dibangun pada tahun 1757. Keraton disini masih mengabadikan budaya dan sejarah serta beberapa peninggalan istana dan keraton yang masih diperintahkan oleh raja hingga kini.

Selain keraton, Anda juga bisa menelusuri tempat wisata sejarah lain seperti Museum Batik Kuno Danar Hadi, Museum Pers, Museum manusia Purba yang ada di Sangiran Sragen, Candi Sukuh, Candi Cetho, dan Museum Radya Pustaka.

Solo juga terkenal dengan batiknya. Nah, bagi Anda yang ingin berbelanja batik dengan harga terjangkau, Pasar Klewer menjadi pilihan yang tepat.

Ingin memiliki pengalaman yang berbeda? Datanglah ke Kampung Batik Laweyan. Selain belanja batik, pengalaman membuat batik juga bisa Anda dapatkan di tempat ini. 

Maumere - Awal Perjalanan Menuju Danau Kelimutu

Bandara terdekat :  Maumere (MOF)

Sebagai Ibukota dari Kabupaten Sikka, Maumere merupakan tempat yang menarik untuk dijadikan referensi berlibur. Selain itu, Maumere juga menjadi titik awal keberangkatan yang tepat untuk mengawali petualangan menyusuri Pulau Flores yang eksotis.

Salah satu destinasi wisata yang menarik yakni Danau Kelimutu. Terletak di puncak Gunung Kelimutu, Danau Kelimutu merupakan nama dari 3 danau yang setiap danaunya memiliki warna dan arti masing-masing. Alkisah, ketiga danau ini diyakini merupakan tempat bersemayamnya ruh-ruh dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kelimutu ini terkenal berkat jasa seorang warga Belanda yang bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Dan pada akhirnya Y. Bouman menorehkan keindahan dan perubahan warna air danau ke dalam sebuah tulisan di tahun 1929. Sebagai tambahan informasi, bahwa kawasan Kelimutu ini telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992. 

Kunjungi pula wisata pantai disana yakni Pantai Koka yang cocok bagi Anda pecinta surfing karena pantai ini memiliki ombak yang besar. Anda juga bisa memuaskan hobi snorkeling atau diving di Taman Laut Teluk Maumere yang memiliki beraneka ragam biota laut yang indah. 

Luwuk - Keindahan Kilo Lima Si Pantai Landai

Bandara terdekat :  Luwuk (LUW)

Luwuk merupakan Ibukota dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kota yang terletak diantara pantai dan perbukitan ini memiliki pantai yang sangat indah dengan air laut yang jernih dan tenang.

Salah satu tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di kota Luwuk salah satunya adalah Kilo Lima. Tempat ini merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga yakni berupa pantai yang landai. Disekitar pantai yang indah ini banyak berjejer cafe yang menjual makanan khas penduduk setempat, seperti pisang goreng yang disajikan dengan sambal goreng dan saraba, kemudian ada minuman seperti susu dengan rasa jahe yang kuat.

Anda juga dapat mengunjungi air terjun mini Tontuan. Air terjun yang cantik ini berada di lembah yang diapit oleh dua gunung.

Malang - Menikmati Matahari Terbit Gunung Bromo

Bandara terdekat :  Malang (MLG)

Mengunjungi Malang terasa tidak sempurna apabila belum berkunjung ke Gunung Bromo. Gunung berapi aktif ini seakan tak pernah berhenti membuat wisatawan berdecak kagum. Gunung yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan ketinggian 2392 m dpl ini memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar dan sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat).

Tidak hanya itu saja. Pesona matahari saat terbit juga akan memberi pengalaman yang tak terlupakan. Anda dapat menyewa kuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga untuk dapat menyaksikan keindahan alam ini. Saat sunrise merupakan saat yang sangat luar biasa, dimana Anda akan melihat latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan dan matahari bersinar terang perlahan naik ke langit.

 

Gunung Bromo dihuni oleh masyarakat suku Tengger. Bagi mereka, Gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci sebagai tempat dimana seorang pangeran mengorbankan hidup untuk keluarganya. Dalam setahun sekali akan dilaksanakan festival Yadnya Kasada atau Kasodo dengan mempersembahkan sayuran, ayam, dan uang yang dibuang ke dalam kawah gunung berapi kepada dewa.

Waingapu - Pesona Pantai dan Kreasi Tenun Tersohor

Bandara terdekat :  Waingapu (WGP)

Sempatkanlah untuk berkunjung dan berlibur ke Sumba Timur, tepatnya di Waingapu. Di tempat ini tercipta berbagai kreasi tenun ikat yang apik. Dalam kebudayaan Sumba, kain tenun digunakan sebagai pakaian adat, mas kawin (belis), dan pembungkus jenazah yang membutuhkan begitu banyak kain tenun ikat.

Sumba telah dikenal secara dunia dengan pamor tenun ikatnya yang khas. Kain tenun ikat Sumba memiliki nuansa warna alami dengan simbol-simbol dekoratif yang penuh makna baik secara sosial kemasyarakatan, budaya leluhur hingga keagamaan tradisional. Belum lagi proses untuk menghasilkan selembar kain tenun ikat membutuhkan waktu yang cukup lama dan melibatkan perasaan penenun. Penenun juga tidak boleh menceritakan kepada siapapun nama tumbuhan khusus yang digunakan sebagai pewarna. 

Kampung Raja Prailiu dan Kampung Kelu misalnya. Kita dapat melihat proses pembuatan warna kain sekaligus melihat cara menenun selembar kain dengan peralatan tradisional di kedua kampung ini. Kunjungi pula Kampung Lambanapu, Kampung Watu Mbaka, Kampung Rende, dan Kampung Kaliuda untuk melihat proses pembuatan tenun ikat.

Nikmati keindahan panorama alam disana. Di Waingapu sendiri memiliki pesona pantai berpasir putih yang indah. Dan Pantai Londalima merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai  berpasir putih ini juga disebut sebagai Pantai Kuta karena letaknya di Desa Kuta. Anda juga dapat membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan local. 

Lain lagi dengan Pantai Wainguhu. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini, memiliki bentangan pasir yang bersih dan luas. Anda akan disambut oleh pemandangan burung-burung camar yang mencari ikan dalam gulungan ombak. Dari tempat ini pula, kita dapat melihat Pulau Salura dan Pulau Mengkudu yang merupakan pulau terluar bagian selatan wilayah Republik Indonesia.

Malang - Wisata Jatim Park di Kota Batu

Bandara terdekat :  Malang (MLG)

Batu, Jawa Timur, tak hanya identik sebagai kota penghasil apel saja. Kota kecil yang menjadi destinasi lanjutan setelah mengunjungi Malang, kini menjelma sebagai kota wisata yang lengkap dan menarik.

Petualangan di Batu dimulai dari Jawa Timur Park. Jawa Timur Park, atau Jatim Park merupakan sebuah tempat rekreasi terbesar di Batu. Kawasan ini terbagi dua, ada Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Keduanya bersebelahan, serupa tapi tak sama.

Unik! Taman yang dibuka dari pukul 08.30 hingga 16.30 WIB ini rupanya menjadi tempat yang tepat untuk mempelajari sebagai hal tentang tatanan budaya Jawa Timur. Selain itu di sana ada beberapa galeri belajar dan sejumlah alat peraga indoor dan outdoor. Di sana kita bisa belajar kimia, fisika, biologi, dan matematika. Tempat ini juga dilengkapi dengan stadium yang bisa menampung hingga 300 siswa.

Jatim Park 2 rupanya berbeda. Taman wisata ini merupakan tempat tinggal  aneka satwa. Seperti kebun binatang lah kira-kira. Koleksi satwa di sini luar biasa. Selain satwa asli Indonesia, setengah koleksi satwa di sini diimpor dari luar negeri.

Dari sana kita meluncur ke air terjun Coban Rondo. Perjalanan ditempuh sekitar satu jam berkendara, menyusuri jalan menanjak dan berliku. Keindahan pemandangan alam di sekitarnya membuat takjub, vegetasi hijau dan lumut di bebatuan yang tumbuh subur memberikan pengalaman luar biasa bagi siapapun yang mengunjungi air terjun Coban Rondo.

Lelah berkeliling, senja pun mulai menjelang. Kini saatnya untuk menguji nyali di berbagai permainan yang ada di Batu Night Spectacular (BNS). Arena bermain menyerupai pasar malam ini menjadi andalan warga kota Batu dan sekitarnya untuk mencoba berbagai wahana permainan yang memacu adrenalin. BNS dibuka mulai dari pukul 15.00 hingga tengah malam.

Sebelum kembali ke kota Malang untuk beristirahat, alun-alun kota Batu menjadi tujuan terakhirPos ketan legenda 1967, sebuah kedai yang menyajikan aneka menu ketan Warung ketan ini lebih dikenal dengan nama pos ketan susu karena menu yang paling sering dipesan pengunjung adalah ketan dengan campuran susu kental manis dan keju. Tapi ada juga taburan lainnya seperti serundeng, serutan kelapa, saus gula jawa dan bubuk kacang kedelai. Ketan yang lembut berpadu dengan manisnya susu dan gurih keju begitu nikmat di lidah. Tak heran pos ketan ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Bukittinggi - Dream Land of Sumatera

Bandara terdekat :  Padang (PDG)

Berada di daerah berbukit-bukit, Bukittinggi memiliki pemandangan alam yang indah. Melalui dua jam perjalanan dari Padang menuju Bukittinggi, Anda akan disuguhi pemandangan hijau nan elok di sisi kanan dan kiri jalan. Bukittinggi berada di ketinggian sekitar 900 m di atas permukaan laut. Hawa sejuk berhembus dimanapun kaki memijak di kota ini.

Sesampainya di Bukittinggi, ada beberapa tujuan wisata menarik minat. Berbagai tujuan wisata mulai dari wisata alam, belanja, hingga sejarah bisa anda kunjungi ketika anda berada di Bukittinggi. Tentu, salah satu yang terkenal dan menjadi ikon kota adalah Jam Gadang dan Ngarai Sianok.

Jam Gadang telah diresmikan oleh pemerintah setempat sebagai bangunan cagar budaya. Dentang jam yang berbunyi setiap jam tak ubahnya seperti Big Ben di London. Memiliki ketinggian sekitar 26 meter, Jam Gadang memiliki keunikan pada angka penunjuk jamnya yang menggunakan angka romawi. Jika biasanya angka 4 (empat) dalam bentuk romawi dilambangkan dengan IV, pada jam gadang dilambangkan dengan IIII. Berbagai pendapat pun bermunculan mengenai ketidakbiasaan tersebut. Pelataran luas yang ada di sekeliling Jam Gadang menjadi tempat tujuan favorit warga Bukittinggi saat sore hingga malam hari.

Pontianak - Museum Pontianak

Bandara terdekat :  Pontianak (PNK)

Mengenal suatu daerah bisa dilakukan dalam satu hari saja bahkan kurang dari itu. Cara termudah untuk melakukan hal itu tentu saja datang ke museum. Karena itu jangan pernah melewatkan kunjungan museum. Termasuk saat berkunjung ke kota Pontianak.

Tidak puas hanya dengan melihat tugu khatulistiwa saja, boleh juga untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya Kalimantan Barat dimana Pontianak sebagai salah satu kota di provinsi tersebut.

Museum Pontianak cukup besar. Gedung museum tampak terawat dan memiliki desain megah. Dinding luarnya diberi hiasan relief yang menggambarkan kebudayaan Kalimantan. Diantara gambar-gambar relief ini beberapa di antaranya menggambarkan suasana memahat kaligrafi, permainan rebana dan pengobatan bekam. Hal ini menandakan pengaruh budaya Kalimantan Barat yang salah satunya dipengaruhi budaya Islam selain pengaruh budaya Hindu, Budha, Cina dan Eropa.

Untuk masuk ke dalam museum, kita diharuskan membeli tiket di loket di lantai dasar sebelum pintu masuk. Gedung museum ini memiliki ruang pameran tetap yang terbagi menjadi ruang pengenalan, ruang budaya Kalimantan Barat dan ruang keramik. Ruang pengenalan ini menampilkan koleksi-koleksi yang berkaitan dengan geologikabiologika, arkeologika, historika, numismatika danheraldika. Berikutnya adalah ruang yang mencakup tujuh unsur kebudayaan Kalimantan Barat. Ruang terakhir adalah ruang keramik yang menampilkan koleksi keramik-keramik lokal dan asing termasuk di dalamnya koleksi keramik Cina dari Dinasti Ming, Song, Qing, dan Yuan.

Selain koleksi museum yang ada di dalam gedung museum, di area halaman belakang museum yang disebut Plaza Museum juga ada koleksi yang berhubungan dengan budaya Kalimantan Barat. Koleksi ini terdiri dari koleksi replika dan miniatur-miniatur. Beberapa koleksi tersebut mulai dari miniatur kapal tradisional, lumbung tradisional, alat-alat tradisional, jangkar dan meriam. Koleksi-koleksi ini cukup unik terlebih karena ditata seperti layaknya elemen lanskap di sebuah taman.

(Sumber : Sriwijaya Air).

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :86
Visitor Today :531
Visitor Total :6.240.836

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.