gloopic.net
Artikel / Pariwisata

Jelajahi Dunia bersama Garuda Indonesia

Terbang Ke Berbagai Destinasi 

Garuda Indonesia dapat membawa Anda ke lebih dari seratus kota di seluruh dunia, mulai dari kota metropolitan yang ramai hingga ke dataran tinggi yang tenteram. Temukan berbagai tujuan menarik kami di sini, dan rencanakan perjalanan terbaik Anda.

Jakarta

Sebagai ibu kota dari Indonesia, Jakarta merupakan kota yang memiliki segalanya. Hiburan malam yang hingar bingar, hiruk pikuk pasar tradisional, pusat perbelanjaan yang megah dan lengkap, berbagai variasi makanan khas Indonesia dan Internasional, wisata sejarah peninggalan kolonial Belanda hingga ke berbagai kegiatan komunitas budaya yang unik dan menarik, semuanya menunggu Anda, 24 jam sehari 7 hari seminggu!

Anda yang suka wisata alam, jelajahi keindahan wisata bahari Pulau Seribu dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk, atau bahkan ke Kebun Binatang Ragunan.

Pencinta budaya tradisional dan sejarah harus menyempatkan diri berkunjung ke berbagai museum di Jakarta Kota Tua: Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia atau kompleks museum di bilangan Monas: Monumen Nasional dan Museum Nasional. Juga beberapa museum kontemporer yang dimiilki pribadi seperti Museum Harry Darsono dan Museum di Tengah Kebun di Kemang.

Bagi Anda yang membutuhkan kegiatan plesir bersama keluarga, Taman Mini Indonesia Indah atau Taman Impian Jaya Ancol bisa menjadi tempat tujuan yang sempurna. Habiskan 1 hari penuh menikmati berbagai anjungan di Taman Mini Indonesia Indah atau bersenang-senang di berbagai wahana Dunia Fantasi dan bermain air di Taman Impian Jaya Ancol.

Bagi pencinta kuliner, Jakarta menawarkan berbagai petualangan kuliner sesuai selera Anda. Mulai jajanan pinggir jalan yang menggoda selera seperti Nasi Goreng Kebon Sirih, Nasi Uduk Kebon Kacang, Sentra Jajanan Blok S, Sate Padang Ajo Ramon dan masih banyak lagi! Atau restoran kelas atas yang menawarkan cita rasa khas Indonesia maupun mancanegara, yang bertebaran di seluruh wilayah Jakarta.

Kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan Trans Jakarta yang terjangkau dan armada bis wisata yang gratis dengan rute berbagai titik wisata di Jakarta. Tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba petualangan Anda di Jakarta.

Bulan November ini, beberapa kegiatan yang Anda harus jadwalkan pada saat kunjungan ke Jakarta adalah, perjalanan kembali ke masa lalu Jakarta (dan Indonesia!) dengan mengunjungi berbagai museum dan Namaste Festival.

Medan

Nikmati Kota Medan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia. Medan terkenal dengan berbagai makanan khas seperti Bolu Meranti, Pancake Durian, Rujak Deli, hidangan di Restoran Tiptop, Mie Titi Bobrok dan Sate Bata.

Medan adalah ibukota provinsi Sumatera Utara yang juga terkenal dengan berbagai wisata alam dan budaya. Siapa yang belum pernah dengar Danau Toba dan Pulau Samosir, Danau Linting, Air Terjun Sipiso-piso Tongging, Air Terjun Sibolangit atau eloknya istana Maimun dan Mesjid Raya Medan. Anda juga bisa mengunjungi salah satu pusat rehabilitasi orang utan Bukit Lawang, Langkat atau menikmati sejuknya cuaca di Berastagi.

Penduduk Sumatra Utara, sekitar 12 juta jiwa, terdiri dari lima kelompok etnis utama dan bahasa yaitu Orang Melayu pesisir yang hidup di sepanjang Selat Malaka, orang Batak, Angkola atau Mandailing dari Tapanuli selatan, dan Nias kepulauan lepas pantai barat. Masing-masing memiliki dialek bahasa, agama/kepercayaan, seni, adat dan budaya khasnya tersendiri. Beberapa kelompok etnis ‘pendatang’ yang menjadi bagian dari warga yang tinggal di Medan dan kota-kota lain di Sumatera Utara, yang terbesar  adalah dari etnis Cina dan India.

Salah satu pilihan kegiatan wisata sejarah dan budaya Medan adalah yang dikelola oleh sebuah wirausaha sosial, Medan Heritage. 

Denpasar

Ibukota provinsi Bali ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jalan Gajah Mada, misalnya, adalah merupakah salah satu pusat bisnis, pemerintahan, termasuk pasar tradisional yang menjual berbagai macam suvenir dan karya seni penduduk lokal di Bali.

Dikenal dengan sebutan Pulau Dewata, Bali terkenal dengan panorama spektakulernya, jadi pastikan anda menyempatkan diri melihat matahari terbenam di salah satu pantainya. Jika anda bosan dengan hiruk-pikuk perkotaan, Ubud adalah salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Wisata malam favorit yang paling terkenal di Bali adalah menonton Tari Kecak di di Uluwatu. Tanah Lot, Batu Bar, dan El Kabron adalah beberapa spot yang tidak boleh anda lewatkan. Ada banyak pilihan makanan di Bali; restoran yang menawarkan high-end cuisine, klub pantai, sampai dengan jajanan di warung makanan pinggir jalan. Jangan lewatkan makanan favorit masyarakat lokal disana seperti Babi Guling, Ayam Betutu, dan Sate Lilit.

Jangan lupa sempatkan juga untuk mengunjungi Pasar Seni Kumbasari, Museum Bali, atau Monumen Bajra Sandhi untuk mengeksplorasi sejarah Bali. Sebelum pulang ke kota Anda, jangan lupa mampir ke pusat belanja oleh-oleh di Bali, yaitu Krisna.

Bulan November mendatang, akan ada Hari Raya Tumpek Uduh. Ini adalah hari turunnya Sanghyang Sangkara yang menjaga keselamatan hidup segala tumbuh-tumbuhan (pohon-pohonan). Menarik untuk ditonton bersama keluarga!

Lombok

Mendaki Puncak Tertinggi di Lombok

Bermandikan cahaya bulan purnama dan latar belakang bintang yang berkilauan, Gunung Rinjani, Lombok tampak lebih menakjubkan di malam hari.

Ditulis oleh Tommy Schultz

Saya sudah harus tidur di tenda agak awal agar dapat bangun pukul 4 dini hari untuk mendaki puncak Rinjani, dan memang, tidak setiap hari saya bisa mendapatkan momen seperti ini. Sambil menggigil takjub di tengah dinginnya hawa gunung, saya mengabadikan momen indah tersebut dari atas puncak gunung berapi setinggi lebih dari 3.000 meter.

Sambil mencari fokus pemotretan yang tepat, saya menatap luasnya langit, begitu cerahnya sehingga saya bisa melihat samar-samar planet yang berupa cahaya berkerlip. Sementara gugusan galaksi Bima Sakti tampak bersinar Indah di atas Danau Segara Anak, sebuah danau kaldera yang terbentuk dari bekas letusan gunung berapi.

Saya pun mengeset eksposur kamera saya ke tiga puluh detik dan mengeklik tombol shutter. Gambar pun mulai fokus, rasanya sudah lama sekali saya tak memandangi gemerlapnya bintang di malam hari. Sungguh sebuah pengalaman yang menyadarkan di mana di dunia yang sibuk ini tak banyak lagi orang yang memiliki kesempatan seperti ini.

Itulah mengapa gunung dianggap sebagai tahta para dewa, merujuk pada Gunung Agung yang paling suci di Bali. Bahkan bila Anda bukan pemeluk agama yang kebanyakan dianut oleh penduduk Bali atau Sasak, daerah yang dikeramatkan merupakan daerah yang memiliki kekuatan dan menjadi sumber inspirasi.

Sumber inspirasi itu terjadi karena sulitnya mencapai tempat ini.

Pukul 5.30 pagi kami berangkat dengan menggunakan pikup dari Kuta, Lombok. Kami berkendara menyusuri jalan yang berkelok ke pinggir kota. Mesin kendaraan yang kami tumpangi menggerung seperti memrotes jalanan yang semakin menanjak dan hanya beberapa kilometer kami sudah bisa merasakan pekatnya udara tropis di luar yang kering di desa daerah pegunungan.

Setelah satu setengah jam, akhirnya kami sampai juga di Desa Sembalun, Sasak, di mana kami telah berjanji untuk bertemu pemandu kami, Ba’im, yang kemudian memulai perjalanan. Kami duduk di teras sambil menyesap kopi hitam sementara Baim memaparkan kepada kami apa-apa yang harus kami lakukan.

Karena Matt, teman saya, tidak bisa tinggal lama di Indonesia, kami memilih untuk menyusuri rute dalam waktu semalam sehingga dia bisa kembali ke Bali tepat waktu untuk naik ke pesawat yang akan membawanya ke Amerika. Total tanjakan dan turunan yang akan kami lalui adalah 4000 km – semuanya dalam waktu 24 jam.

Yogyakarta

Jika anda pergi berlibur ke Yogyakarta, pastikan untuk menghabiskan 1-2 hari pertama anda untuk berjalan-jalan di pusat kota. Ada banyak tempat makan, berbelanja atau kawasan wisata menarik yang dapat anda kunjungi. Yogyakarta merupakan museum hidup untuk beragam kerajinan tangan Indonesia, masakan, arsitektur, dan pertunjukan. Kraton Yogyakarta, Kota Gede, Pasar Beringharjo, dan Taman Sari adalah beberapa tempat yang patut anda kunjungi selama berada di Yogyakarta. Jangan lupa untuk mencicipi makanan lokal yang terkenal yaitu gudeg.

Untuk anda yang menyukai tontonan seni, bisa berkunjung ke candi Prambanan untuk menyaksikan pertunjukan Ramayana yang spektakular. Jika anda ingin berjalan-jalan ke Borobudur, ada baiknya perjalanan dimulai dari pagi hari atau bahkan sempatkan menginap semalam di penginapan yang terdapat tak jauh dari kawasan candi ini. Kalau anda ingin bersantai sambil menikmati udara malam kota, anda dapat naik becak dari Kraton dari sepanjang jalan Malioboro. Bagi anda yang menyukai pantai, Parangtritis merupakan salah satu spot yang wajib anda kunjungi. Pantai yang indah dengan ombak bergulir dan angin sepoi-sepoi ini sangat erat kaitannya dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Dan jangan khawatir, pantai paling populer di Yogyakarta ini menyediakan rangkaian fasilitas lengkap seperti penginapan, masjid, toilet umum, tempat makan, dan penjaga pantai. Disini kita juga dapat melakukan olahraga yang memacu adrenalin seperti panjat tebing, paralayang dan hang gliding.  

Surabaya

Surabaya adalah kota kedua terbesar di Indonesia dengan populasi lebih dari 3,1 juta orang. Surabaya merupakan ibukota provinsi Jawa Timur yang terletak di pantai utara Jawa Timur di mulut Sungai Mas dan sepanjang tepi Selat Madura. Surabaya dikenal juga sebagai "kota pahlawan" karena sejarah Pertempuran Surabaya saat pergerakan Revolusi Nasional Indonesia. Kota ini juga dikenal sebagai tempat kelahiran presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno.

Banyak tempat dan atraksi menarik yang dapat anda kunjungi selama berada di Surabaya. Salah satu spot favorit utama adalah Jembatan Suramadu; jembatan dengan panjang hampir 5,500 meter yang menghubungkan kota ini dengan Madura. Jembatan ini juga merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Jika anda berlibur bersama si kecil, sempatkan menikmati serunya wahana wisata air bernama Ciputra Waterpark yang berlokasi di Surabaya Barat. Jangan lupa mampir ke Kebun Binatang Surabaya di Jl. Setail, atau kunjungi House of Sampoerna atau Monumen Kapal Selam dan Tugu Pahlawan. Jika anda ingin sedikit berpetualang di alam lepas, kunjungi Wisata Hutan Mangrove di Wonorejo. Jauh dari keramaian dan hiruk-pikuk kota, anda dapat menikmati ketenangan alam dengan berjalan menyusuri jembatan kayu atau perahu.

Taman Bungkul yang terletak di Jl. Raya Darmo juga bisa menjadi pilihan perjalanan anda selama ke Surabaya. Taman ini dikenal sebagai taman tempat warga kota tersebut berkumpul. Taman ini dilengkapi dengan area bermain untuk anak, jogging track, amfiteater, tempat main skateboard, bahkan internet! Sebelum pulang, jangan lupa mencicipi kuliner khas kota tersebut seperti Lontong Balap, Tahu Campur, Sate Klopo atau Tahu Tek. 

Makassar

Terletak di tengah jalur pelayaran Nusantara, Makassar menjadi pusat perdagangan di bagian Timur Indonesia. Kota yang dulu bernama Ujung Pandang ini dikenal dengan kuliner khasnya seperti Coto Makassar, Sop Konro, Pallubasa, Pallubutung, Pisang Epe, Barongko, Kapurung dan Jalangkote.

Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan yang juga terkenal dengan pesona wisata alam dan sejarah. Anda bisa berkeliling Fort Rotterdam, banteng peninggalan Kesultanan Gowa yang megah dan menawan. Bila ingin menikmati indahnya pantai dan bersantai, Anda bisa mengunjungi Pantai Losari, tempat terfavorit di Kota Makassar. Selain Pantai Losari, masih ada Pantai Akarena, Pantai Barombong, Pulau Samalona, Pulau Kapoposang dan Pulau Khayangan yang menawan.

Selain kota Makassar, Anda bisa menikmati pesona Sulawesi Selatan lainnya seperti Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang dikenal dengan surga kupu-kupu dan eksotisme Rammang-Rammang di Gugusan Pegunungan Karst Maros. Jangan lupa menyambangi Tana Toraja yang kental dengan kebudayaan khasnya dan juga menjadi primadona wisata di Sulawesi Selatan.

Memiliki penduduk sekitar 8,3 juta jiwa, etnis yang ada Sulawesi Selatan terdiri dari lima kelompok etnis utama antara lain orang Makassar, orang Bugis, orang Toraja, orang Mandar dan orang Buton. Selain kelompok etnis tersebut terdapat kelompok etnis pendatang seperti orang Jawa, orang Sumatera dan orang Tionghoa.

Pesona wisata alam, budaya, sejarah, kuliner yang seakan tak ada habisnya membuat kota Makassar tidak pernah sepi.

Palembang

Kota Palembang dijuluki “ Venesia dari Timur” karena kota ini berada di tepian Sungai Musi, sungai terpanjang di Sumatera. Dan di atas sungai ini pula terdapat landmark kota ini yang begitu terkenal yaitu jembatan Ampera.

Di bawah Jembatan Ampera terdapat pasar tradisional yang berjualan di tepi sungai Musi yaitu Pasar 16 Ilir. Para pedagang dan pembeli betransaksi di tempat ini. Biasanya para pedagang membawa hasil bumi menggunakan perahu ke tempat ini. Pasar ini juga berfungsi sebagai terminal pergantian antar moda dari perahu ke bis trans musi, angkot atau becak demikian sebaliknya. Tidak jauh dari tempat ini terdapat sebuah musium kota yaitu Musium Sultan Mahmud Badarudin II. Dengan harga tiket yang murah, kita sudah bisa masuk dan mengetahui sejarah Palembang dari masa ke masa, dari mulai pra kesultanan jaman kerajaan Sriwijaya hingga masa keemasan jaman kesultanan yaitu Sultan Mahmud Badaruddin II yang diabadikan dalam uang Rp 10.000,- Selain sejarah juga disajikan budaya dan adat istiadat masyarakat Sumatera Selatan. Niscaya saat keluar museum ini pengetahuan kita akan bertambah tentang daerah ini.

Setelah dari tempat ini sempatkan untuk mampir ke Benteng Kuto Besak yang berada tidak jauh dari museum. Tempat ini merupakan salah satu peninggalan kesultanan Sriwijaya yang mempunyai nilai sejarah tinggi dalam mempertahankan kerajaan dari serangan penjajah. Benteng ini dibangun tahun 1780 atas prakarsa Sultan Mahmud Badaruddin dan baru diresmikan tanggal 21 Februari 1797. Sampai sekarang benteng tersebut masih berdiri kokoh dan tampak gagah dan menjadi salah satu objek wisata yang menarik.

Setelah mengunjungi kawasan Jembatan Ampera sempatkan mampir di Masjid Agung Palembang peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin II. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik karena dipengaruhi oleh Cina dan Eropa. Bentuk atap menyerupai klenteng sedangkan pintu masuk tinggi dan besar khas arsitektur Eropa.

Setelah melihat peninggalan sejarah, saatnya memanjakan pasangan yaitu berburu kain songket khas Sumatera Selatan. Lokasinya berada di Jalan Kiranggo Wirosentiko, Ilir. Disini tersedia koleksi kain songket dari mulai harga puluhan ribu hingga jutaan. Selain kain songket juga terdapat cindera mata khas seperti miniatur Jembatan Ampera, lukisan, dompet dan gantungan kunci. Terakhir jangan lupakan wisata kuliner ciri khas : Pempek. Banyak pilihan untuk makanan yang terbuat dari sagu dan ikan belida ini, biasanya kita mendapat rekomendasi dari teman. Untuk mudahnya coba lihat di bandara pempek merk apa yang paling banyak dibawa penumpang. Banyak variasi isian dan ragam pempek antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan otak-otak. Selain itu ada juga sajian khas makanan atau cemilan ringan yaitu sarikaya - konon katanya jika suatu acara tanpa adanya makanan ini rasanya kurang afdol. Selain itu ada juga makanan tekwan, mie celor, burgo, lakso, pindang, tempoyak dan kemplang atau kerupuk palembang.

Sabang

Sabang merupakan kota yang terletak di paling ujung barat Indonesia. Berada di Pulau Weh, Sabang merupakan ibukota dari daerah administratif Kotamadya Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Sabang terkenal memiliki banyak spot wisata, rekreasi, dan aktivitas laut menarik, meskipun memiliki luas daerah geografis yang kecil. Lokasi tersebut tersebar secara luas dari daratan Pulau Weh sampai dengan spot pemandangan bawah laut yang spektakuler.

Pantai Iboih dan Gapang akan menyuguhkan Anda pemandangan bawah laut yang indah, dan ikan-ikan yang bersahabat untuk diajak foto bersama. Tempat ini juga sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga Anda. Penginapan eksotis dan cantik di pinggir laut bisa Anda saksikan selama tour keliling Pulau Rubiah. Pantai Sumur Tiga memberikan Anda ketenangan untuk relaksasi ditemani hamparan pasir putih dan teduhnya pohon kelapa.

Pulau Weh memiliki lebih dari 20 diving spot dengan keunikan masing-masing. Salah satu spot yang populer dan langka dibanding dengan spot lainnya di dunia adalah “Underwater Volcano”. Di sini para divers akan menemukan sensasi lautan hangat dan gelembung udara yang keluar dari bawah laut akibat aktivitas gunung merapi, dan tentunya aman untuk dijelajahi.

Di sebelah barat laut dari Pulau Weh terdapat Pulau Rondo yang terkenal sebagai lokasi memancing favorit bagi para pemancing. Penggiat mancing lokal dan asing akan mendapatkan sensasi mancing di laut lepas dengan arus yang kuat ber-adrenalin tinggi.

Datang ke Sabang tidak akan lengkap apabila tidak mengunjungi Monumen Kilometer Nol Indonesia. Di sini para pengunjung bisa mengabadikan rekam jejak sebagai salah satu orang yang pernah menginjakkan kaki di titik paling barat Indonesia. Sertifikat Kilometer Nol dapat Anda ambil di salah satu tempat jajanan di sekitar monument dengan harga terjangkau. Sabang juga memiliki beberapa situs bangunan bersejarah seperti Benteng Jepang, dan gedung-gedung tua yang masih cukup terawat sampai sekarang.

Sabang where the wonderful Indonesia starts from.

Singapura

Siapa tak kenal Singapura? Kota yang selalu membuat rindu siapa pun yang pernah mengunjunginya! Negara ini terkenal dengan surga belanjanya; mulai dari berbagai toko branded di sepanjang jalan Orchard Road, sampai dengan tempat belanja murah di Bugis Street, Mustafa Center, Haji Lane dan masih banyak lagi! Bukan hanya itu, Singapura juga menawarkan berbagai tur keliling kota dengan mengunjungi tempat-tempat seperti Merlion Park, Esplanade, Marina Bay Sands, or Gardens by the Bay. Jika Anda bepergian bersama keluarga, kunjungi Universal Studio disana dan sempatkan jalan-jalan menikmati senja di Siloso Beach Sentosa. Untuk Anda yang tertarik mendalami sejarah Singapura, Anda bisa mampir ke Old Hill Street Police Station, Civil Defence Heritage Gallery, Armenian Church, Buddha Tooth Relic Temple & Museum dan masih banyak lagi. Sebelum pulang, jangan lupa sempatkan untuk menyicipi makanan lokal yang paling banyak digemari seperti Fried Carrot Cake, Laksa, Crabs, Bak Chor Mee, atau Chwee Kway.

Untuk Anda pecinta literatur, jangan lewatkan acara Singapore Writer’s Festival yang diadakan di berbagai lokasi di Singapura, termasuk di Singapore Management University dan The National Library and The Arts House. 

Kuala Lumpur

City Cycling

Untuk melihat Kuala Lumpur lebih dekat dari berbagai sudut, lupakan taksi dan bus. Cukup berbekal sebuah sepeda dan peta, Anda bisa mengenal lebih jelas sisi kehidupan Ibu Kota Malaysia yang tak pernah tidur ini.
Ditulis oleh Adele Chong

Dengan banyaknya gedung-gedung dan pepohonan, Kuala Lumpur bisa menjadi cukup bising bahkan bagi mereka yang lahir dan dibesarkan di tempat ini. Di siang hari, orang dihadapkan pada hiruk pikuk kehidupan ibu kota, sementara di malam hari ketika cahaya lampu mulai padam serta mobil-mobil mulai menambah kecepatannya, pasar malam ganti beroperasi. Hanya ada dua solusi dari keadaan ini; pindah ke pinggir kota atau beradaptasi dengan menikmati segala keramaian yang ada.

Sambil memegang stang sepeda yang sudah terasa panas, kami para pesepeda ini terus mengayuh di samping mobil yang sedang melaju. Perlahan tapi pasti, kami pun mulai menunjukkan keberadaan kami di jalanan persis seperti lebah-lebah agresif yang sedang memasuki daerah musuh. Saya mengencangkan pegangan ke stang sepeda lipat yang saya sewa, sambil diam-diam berterima kasih kepada bodi sepeda yang tangguh ini saat kami menempuh jalanan Kuala Lumpur yang padat. Pengendara kendaraan bermotor di Kuala Lumpur memang terkenal gampang naik darah, tetapi untunglah mereka yang kami temui pagi ini cukup sabra, mungkin karena baru saja selesai sarapan.

Rombongan pesepeda pun memasuki jalan empat lajur yang sibuk menuju KL Sentral Station di mana sebuah bus besar tiba-tiba mengambil jalur kami sambil membunyikan klaksonnya: Mesin raksasa itu pun membuat kocar kacir rombongan pesepeda. Tak percaya dengan apa yang baru saja terjadi, saya pun sempat naik pitam. Namun bak tak terganggu teman-teman saya terus saja mengayuh, melewati jalanan yang penuh asap. Sementara bus besar itu langsung menuju jalur keluar, lalu menghilang dari pandangan.

Kami berani bersepeda, seperti yang Anda duga, karena bersama-sama dengan kelompok pesepeda yang semakin banyak jumlahnya. Bersepeda di perkotaan sama menantangnya seperti melakukan olahraga ekstrem. Keadaan di Asia Tenggara berlawanan dengan Los Angeles, di Kuala Lumpur tak ada jalur khusus pesepeda, jalan tol ada di mana-mana dan SUV merajai jalan. Sebagai bentuk pemberontakan, orang-orang pun mulai bergerak di jam-jam sepi menjelang subuh setiap hari Minggu. Dengan mengenakan pakaian berbahan spandex, mereka mengayuh sepeda – jenis sepeda gunung, lipat, fixies, dan sebagainya – bergerombol demi keselamatan. Di sebuah tempat di daerah Bangsar, sebuah studio milik Ng Sek San – seorang arsitek lokal dan penggagas kegiatan bersepeda akhir pekan – telah lama menjadi titik pertemuan para pejuang jalanan mulai dari pemula hingga yang sudah berpengalaman...

Bangkok

Bangkok dikenal sebagai pusat perdagangan kecil dan masyarakat pelabuhan di tepi barat Sungai Chao Phraya sekitar 200 tahun yang lalu. Saat ini, walaupun bisa disebut sebagai kota modern yang sangat mengikuti zaman, kemegahan dan kemewahan sejarah masa lalunya masih sangat kental terasa. Mulailah perjalanan anda dengan berwisata ke Wat Arun atau biasa dikenal oleh penduduk Bangkok sebagai Wat Chaeng. Terletak di sebelah barat Thonburi di tepi Sungai Chao Phraya. Ini adalah salah satu kuil paling menakjubkan di Bangkok, bukan hanya karena lokasinya yang di pinggir sungai, tetapi juga karena desainnya sangat berbeda dengan kuil-kuil yang lain. Wat Arun (kuil fajar) sebagian terdiri dari menara yang dihiasi warna-warni dan berdiri megah di atas air.

Jangan lupa untuk mampir ke Grand Palace & Wat Prakeaw. Floating market di Damnoen Saduak adalah salah satu spot yang wajib untuk anda kunjungi. Beragam jenis makanan dijual disini; dari buah tropis dan sayuran segar, air kelapa siap minum dan makanan lokal yang dimasak dari dapur mengambang langsung di atas kapal! Chatuchak Weekend Market ini salah satu tempat wajib untuk anda yang hobi berbelanja. Pasar ini menaungi lebih dari 8.000 kios-kios kecil. Di akhir pekan, lebih dari 200.000 pengunjung datang ke sini untuk berbelanja. Lelah berjalan seharian, jangan lupa cicipi Pad Thai, Tom Yum, atau makanan penutup khas Thailand: Mango with Sticky Rice. 

Guangzhou

Ada banyak kawasan wisata unik yang dapat anda kunjungi selama berada di Guangzhou, Tiongkok. Yuexiu Park, misalnya, adalah taman wisata terbesar Guangzhou City. Di taman ini terdapat patung Lima Kambing, yang merupakan simbol kota ini. Taman hijau, pohon bambu dan bunga-bunga mekar akan membuat pandangan mata anda menjadi lebih segar. Chen Family Ancestral Temple adalah kuil yang dibangun sebagai bagian dari upaya kolektif anggota dari Keluarga Chen yang tinggal di 72 negara yang berbeda di Provinsi Guangdong, untuk menghormati dan menyembah nenek moyang mereka. Sekarang bangunan ini telah berubah menjadi Guangdong Folk Craftwork Museum.

Kuil Enam Pohon Beringin (Temple of Six Banyan Trees) yang merupakan salah satu dari empat kompleks candi agama Buddha di Guangzhou. Menara yang megah, pepohonan lebat, dan berbagai koleksi barang-barang antik dan warisan berharga dari sejarah sangat menarik untuk dikunjungi. Menjelang malam, anda bisa menikmati wisata air dengan tur berkeliling dengan menggunakan perahu dari White Goose Pool sampai ke Guangzhou Bridge. Pemandangan sepanjang jalan ini sangat menakjubkan dengan air giok dan lampu warna-warni yang terdapat di sepanjang pesisirnya. Jangan lupa sempatkan menonton Cantonese Opera, ini adalah salah satu kategori utama opera Tiongkok. Bentuk seni tradisional ini melibatkan nyanyian, akting, seni bela diri dan akrobatik. Sebagian besar plot cerita opera berdasarkan pada sejarah Tiongkok yang klasih dan penuh mitos. 

Hong Kong

Ini salah satu destinasi favorit untuk Anda yang hobi belanja! Kota ini tak pernah sepi dari turis karena merupakan surga belanja dan menawarkan banyak tempat wisata menarik. Hong Kong Disneyland adalah salah satu tempat wisata keluarga yang paling diminati. Untuk yang hobi belanja, ada Ladies Market hingga Harbour City. Dengan lebih dari 100 kios dari pakaian, aksesoris dan souvenir, Ladies Market yang terletak di Tung Choi Street ini merupakan satu spot yang tidak boleh anda lewati! Tunjukkan keahlian anda dalam hal tawar-menawar disini. Walaupun namanya identik dengan keperluan wanita, di pasar ini anda dapat temukan berbagai macam barang lainnya untuk segala usia; mulai dari jam tangan, tas, perabot rumah tangga, CD dan pernak-pernik lainnya.

Saat anda berkunjung ke Hong Kong, jangan lupa mampir ke The Peak. Ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer disana; dan merupakan salah satu cityscapes paling spektakuler di dunia! Anda dapat melihat semua gedung pencakar langit yang ada di Hong Kong, Victoria Harbour dan semua bukit-bukit hijau di New Territories. Kalau anda kesana menjelang matahari terbenam, rasakan panorama berbeda yang berkilauan di hadapan mata anda. Sempatkan juga foto-foto seru di Hong Kong Avenue atau nonton pertunjukan musik di Avenue of The Stars, yang disebut-sebut juga sebagai Hollywood of the East-nya negara Asia. Salah satu atraksi yang tak kalah populernya dan wajib anda kunjungi bersama keluarga adalah Hong Kong Disneyland! Nikmati hari penuh keajaiban dan atraksi-atraksi seru di Hong Kong Disneyland yang dapat anda tempuh dengan MTR (Mass Transit Railway).

Lelah berjalan-jalan, coba rasakan makanan khas Hong Kong yang populer seperti Hong Kong-style milk tea, pineapple buns, egg tarts, Lou Ding, dan masih banyak lagi. Begitu banyak pilihan restoran atau Dai Pai Dong (pedagang makanan kaki lima) yang menjajakan makanan khas kota tersebut.

Sampai akhir November, jangan lupa mampir ke Hong Kong Dine & Wine Festival

Seoul

Korea Selatan memiliki banyak tempat bersejarah dengan arsitektur menakjubkan yang wajib untuk anda kunjungi. Korea Furniture Museum, misalnya, menyimpan lebih dari 2,000 furnitur tradisional dan 10 hanok (rumah tradisional Korea).

Jangan lupa untuk mengunjungi Gyeongbok Palace yang megah, luangkan waktu setidaknya satu jam untuk berjalan-jalan di sekitar paviliun dan ruang-ruang di dalam istana yang luas tersebut. Jangan lupa berfoto di The Cheonggyecheon dan King Sejong statue. Ketiga tempat wisata utama di Seoul ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari stasiun kereta bawah tanah Gwanghwamun kecil. Jelajahi Bukchon Village yang unik dengan deretan kafe kuno, galeri seni dan restoran, termasuk restoran Wood & Brick yang terkenal. Bukchon adalah salah satu kawasan bersejarah yang paling indah di Korea, tempat di mana pengunjung dapat berpetualang dengan berjalan kaki di jalan-jalan kecil setapak dan melihat rumah hanok tua dengan berbagai bentuk dan ukuran. Sempatkan juga mampir ke outdoor museum yang terletak di daerah tersebut dan nikmati omija di salah satu kedai teh di Bukchon. Ddeokbokki (Korean Spicy Rice Cakes), Gogigui (Korean BBQ), Dakgalbi (Pan Fried Chicken) adalah salah satu pilihan makanan khas Korea yang patut Anda cicipi.

Tokyo

Narita terkenal selain karena bandara internasionalnya juga karena beberapa destinasi wisata seperti: kuil Naritasan Shinshoji, Peace Pagoda, Museum Reikokan dan Reikoden, Taman Shiseki dan Taman Sakatagaike. Selain itu, Museum of Aeronautical Science dan Sanrizuko Goryo Ranch Memorial Halls juga populer di kalangan ebagian besar wisatawan internasional.

Kalau ke Narita, belum lengkap pengalaman Anda kalau tidak menikmati berbagai hidangan unagi (belut) yang merupakan salah satu makanan khas di Prefektur Chiba.

Di bulan November, ada sebuah festival menarik yang layak menjadi agenda utama kunjungan Anda di Narita: Festival Gorisho. Pada hari festival, jalan utama kota Narita akan dipenuhi oleh pawai penduduk berkostum busana tradisional seperti aktor Kabuki, pendeta, samurai dan Ono-gumi atau busana pedagang era Tokugawa.

Anda juga bisa dengan mudah melanjutkan perjalanan ke Tokyo, ibu kota Jepang. Tokyo (東京, Tōkyō) merupakan salah satu kota metropolis yang paling padat penduduknya di dunia. Tokyo juga merupakan salah satu dari 47 prefektur di Jepang, terdiri dari 23 kotamadya, termasuk kepulauan Izu dan Ogasawara.

Siapa yang tak pernah dengan Akihabara, Shibuya, Shinjuku, Harajuku dan Roppongi Hills? Mereka terkenal sebagai pusat perbelanjaanl dan bisnis yang sering dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara ketika ingin berbelanja di Tokyo.

Bagi yang berwisata dengan keluarga, kunjungan ke Tokyo DisneyLand dan DisneySea, Tokyo Skytree serta Ghibli Museum layak dimasukkan ke dalam agenda perjalanan wisata Anda.

Salah satu event yang menarik di bulan November di Jepang adalah: Shichi-Go-San Festival. Pada festival ini (setiap 15 November), anak perempuan Jepang yang memasuki usia 3, 5 dan 7 tahun akan didandani oleh orang tua mereka untuk berbusana seperti wanita dewasa. Seringkali ini berarti anak perempuan mereka akan memakai kimono tradisional, sendal kayu dan tata rambut tradisional Jepang.

Sydney

Sering dijuluki sebagai kota yang exhibitionist, Sydney merupakan kota di Australia dengan daya tarik tersendiri. Sebagai salah satu kota paling kosmopolitan di dunia, kota ini memiliki banyak tempat yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Nikmati matahari terbit dari atas Sydney Harbour Bridge atau matahari terbenam dari Opera House. Ingin sedikit berpetualang? Anda bisa berenang, berjemur, atau daftar pelajaran berselancar di Bondi Beach. Dari Bondi Beach, Anda bisa ke Bronte sambil menikmati pemandangan di sepanjang tebing laut yang mempesona. Anda pecinta anggur? Jangan lupa ke Hunter Valley, yang berjarak sekitar 2 jam dari Sydney. Disini, Anda dapat menjelajahi Taman Nasional Yengo serta melihat lukisan cadas khas suku Aborigin di Milbrodale. Sempatkan untuk berkunjung ke galeri, toko barang antik, kafe dan toko kerajinan tangan di Morpeth, Wollombi dan Broke. Barang-barang unik disini cocok sebagai pilihan cinderamata paling berkesan untuk teman atau saudara Anda!

Jangan lupa, setiap hari Sabtu mulai dari pukul 8:00 pagi sampai dengan 1:00 siang ada Eveleigh Market di Carriageworks yang merupakan Farmer’s Market yang menjual berbagai macam produk segar dan musiman.

Melbourne

Melbourne merupakan kota yang penuh dengan budaya dan kebiasaan unik, dengan citarasa kesenian yang kuat dan merupakan pusat dari beberapa makanan dan musik terbaik di Australia. Tempat ini menawarkan banyak destinasi yang menarik dan mudah dijangkau. Awali perjalanan Anda di Melbourne dengan mengunjungi Eureka Skydeck, rasakan pengalaman melihat pemandangan menakjubkan dari gedung tertinggi di kota ini. Lanjutkan dengan mengunjungi The Shrine of Remembrance yang dapat mudah diakses dengan berjalan kaki dari perhentian layanan gratis City Circle Tram.  Ingin berpetualang di dalam kota? Coba naik Hot Air Balon! Anda bisa menikmati pemandangan seluruh kota Melbourne; mulai dari Melbourne Cricket Ground (MCG), Rod Laver Arena, Flemington Raceway, Albert Park Racetrack and lainnya. Melbourne juga merupakan pusat dengan berbagai contoh arsitektur tua yang mengesankan, salah satunya adalah St. Paul's Cathedral. Flinder’s Street Station, yang letaknya bersebrangan dengan St. Paul’s Cathedral, juga merupakan bangunan dengan arsitektur. Anda yang ingin berbelanja, jangan lupa mampir ke Queen Victoria’s Market.

Salah satu wisata alam yang paling populer di luar kota Melbourne adalah Phillip Island. Apa yang menarik disana? Penguin! Selagi di Phillip Island, jangan lupa mampir ke Koala Conservation Centre dimana Anda bisa melihat koala-koala lucu ini dari dekat.

Sepanjang bulan November, sempatkan mengunjungi Good Food Month, dimana hampir seluruh restoran dan tempat makan di Melbourne berpartisipasi. Ini kesempatan bagus untuk Anda yang ingin mencicipi makanan lokal di Melbourne dengan harga hemat!

Perth

Saat berlibur ke Perth, pastikan Anda siap berpetualang! Ada banyak atraksi dan tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Di Snorkel Shoalwater Marine Park, misalnya, Anda bisa snorkeling, menyelam atau naik kayak. Rasakan berpetualang air sambil ditemani oleh penguin, singa laut yang lucu, lumba-lumba, dan burung laut. Kings Park adalah salah satu taman kota terbesar di dunia – bahkan jauh lebih besar dari New York Central Park! Bayangkan berada di antara 400 hektar taman-taman indah dan daerah rerumputan alami. Anda bisa datang kesini untuk piknik, sambil menikmati panorama cakrawala kota Perth dan Swan River. Tepat di tengah kota, Anda bisa mengunjungi Cultural Centre, dimana ada Western Australian Museum, Art Gallery of Western Australia, Library of Western Australia dan Perth Institute of Contemporary Arts. Untuk anda yang hobi berbelanja, pastikan menyisihkan satu hari untuk menikmati surga belanja di Perth. Rencanakan perjalanan anda mulai dari Perth City kemudian ke Subiaco, Claremont, Cottesloe dan Fremantle untuk benar-benar menikmati surga belanja disini! Kalau anda penasaran dengan pasar lokal yang menjual kerajinan tangan, produk alami dan organik, ada banyak pilihan pasar lokal seperti City Markets, Fremantle, Mandurah and Peel dan masih banyak lagi. Jika anda kebetulan di Perth bulan November ini, sempatkan mengunjungi Fremantle Markets untuk Spring has Sprung Exhibition untuk melihat pameran wildflowers dan Margaret River Gourmet Escape.

Margaret River Gourmet Escape adalah sebuah festival makanan dan premium wine yang akan diselenggarakan pada tanggal 20-22 November mendatang. Festival yang berlangsung selama tiga hari ini menyorot berbagai sajian makanan dan premium wine yang khas di bagian barat Australia. Sejak diadakan untuk pertama kalinya di tahun 2012, festival ini berhasil mendatangkan para professional di bidang makanan dan wine baik dari dalam maupun luar Australia. Mereka pun ikut serta dalam berbagai acara yang diselenggarakan di beberapa lokasi menarik, seperti makan malam di kebun anggur, hutan, bahkan pantai. The Gourmet Village yang merupakan pusat diadakannya festival ini juga menampilkan berbagai produsen lokal di bidang makanan dan wine, demo masak dan beberapa masterclass, sesi tanya-jawab dengan para profesional, wine and beer tasting, dan masih banyak lagi.
 
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi
gourmetescape.com.au


Margaret River Gourmet Escape

Temukan top 10 aktivitas terbaik yang dapat dilakukan di Perth

Amsterdam

Amsterdam terkenal karena beberapa hal, Kincir Angin, Tulip dan Kanal. Amsterdam adalah ibu kota negara Belanda dan termasuk salah satu kota utama di Eropa. Sekitar 4.63 juta wisatawan mancanegara datang ke Amsterdam setiap tahunnya.

Nikmati kunjungan Anda di Amsterdam dengan beberapa destinasi wisata seperti taman Vondelpark, Museumplein, pertunjukan musik klasik dan kontemporer di Concertgebouw yang terkenal di seluruh dunia, museum Rijksmuseum, Stedelijk Museum atau Van Gogh Museum, berbagai tempat makanan khas Belanda dan Eropa dan juga stadion Amsterdam Arena, markas utama tim sepakbola Ajax Amsterdam.

Saat ini kampanye tur di Amsterdam bertajuk Iamsterdam, dengan beberapa rangkaian kegiatan menarik sepanjang tahun. Beberapa event tahunan lainnya yang terkenal di Amsterdam adalah Koningsdag King's Day); the Holland Festival untuk seni pertunjukkan; dan Prinsengrachtconcert (konser klasik di the Prinsen canal).

Taman bunga Keukenhof bisa dikunjungi dengan bis atau kereta. Taman bunga Keukenhof dibuka mulai dari akhir Maret hingga pertengahan bulan Mei. 

The Zaanse Schans, kumpulan kincir angin yang indah, bisa dikunjungi dengan kereta dalam 20 menit. Nikmati perjalanan Anda di Amsterdam dengan berbagai moda transportasi, bersepeda keliling kota, mengarungi kanal dengan kapal kecil, menggunakan kereta maupun berjalan kaki.

Mulai tanggal 22 Juli 2015 Garuda Indonesia menawarkan pilihan rute baru yaitu Jakarta-Singapura- Amsterdam. Untuk penumpang transit di Singapura, nikmati voucher senilai SGD 30 yang diberikan CAG pada saat kedatangan. Nikmati pula kenyamanan berbelanja di berbagai toko yang menawarkan pilihan produk mewah, refleksi kaki maupun lounge yang akan membuat Anda merasa lebih segar pada penerbangan Anda selanjutnya.

(Sumber : Garuda Indonesia/Gloopic.net/Widjaja Lagha).

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :52
Visitor Today :2.846
Visitor Total :6.273.385

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.