gloopic.net
Artikel / Penerbangan

Kursi Dekat Lorong Pesawat Paling Rentan Penularan Penyakit?

Hasil penelitian Emory University, Georgia Institute of Tecnology, dan Boeing, menyimpulkan bahwa duduk di kursi dekat jendela memperkecil tertular penyakit.

Berdesak-desakan di bandara dan lalu lalang di cabin pesawat berbaur dengan banyak orang, bisa menjadi tempat subur penyebaran penyakit, seperti batuk dan flu.

Adakah cara lain meminilisasi penularan penyakit. Sesuai hasil penelitian  lokasi duduk dalam pesawat ikut menentukan, sekitar 40% penumpang dekat jendela akan lalu lalang saat penerbangan, 60% di kursi tengah dan 80% dekat lorong.

Penelitian yang dibiayai oleh perusahaan pembuat pesawat, Boeing, mengamati 10 penerbangan domestik di Amerika Serikat. Hasilnya duduk di kursi dekat jendela relatif lebih tak beresiko tertular penyakit dibanding duduk di kursi dekat lorong.

Orang yang duduk dekat jendela tak banyak bersinggungan dengan penumpang dibanding yang duduk dekat lorong. Selain itu, penumpang yang sakit hanya beresiko menularkan penyakit ke tetangga depan dan belakang serta dua teman masing-masing di sampingnya.

Namun ada sebagian penumpang yang senang memilih tempat duduk di dekat lorong, agar tidak mengganggu tetangga apabila ke toilet. Bagi orang seperti ini, dan yang mendapat tempat duduk di tengah, masih ada cara lain untuk menghindar tertular penyakit.

Menurut ahli kesehatan di manapun dalam pesawat, yang penting adalah menjaga kesehatan, misalnya dengan sering membasuh tangan, jaga kebersihan diri sangat penting. Riset berpuluh-puluh tahun menunjukkan bahwa membasuh tangan penting bagi kesehatan.

Tapi penelitian ini dianggap para analis belum menyeluruh, karena hanya mengamati penerbangan yang berlangsung tanpa mendeteksi penumpang yang benar-benar sakit.

(Sumber VOA/Kursi Dekat Lorong Pesawat Paling Rentan Penularan Penyakit?/Gloopic.net/Widjaja Lagha).

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :39
Visitor Today :1.511
Visitor Total :6.754.125

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.