gloopic.net
Artikel / Rohani Kristen

Pentakosta

 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita. (Kisah Para Rasul 2:39).

Bagi kebanyakan anak kecil, tampaknya hari Pentakosta kurang begitu berkesan jika dibandingkan Paskah, apalagi Natal. Mungkin karena mereka cenderung mengidentifikasikan pentingnya suatu peristiwa dengan kemeriahan dalam merayakannya. Dan memang biasanya Natal diwarnai dengan kehebohan latihan drama dan paduan suara, adapun Paskah dengan keasyikan menghias telur, sedangkan Pentakosta di peringati secara lebih syahdu dalam ibadah doa.

 

Bagi kita yang sudah dewasa dan bisa mencermati, Pentakosta kala itu adalah suatu peristiwa yang menghebohkan Yerusalem. Kerumunan orang banyak takjub mendengar para rasul, yang semuanya orang Galilea namun dapat bersaksi mengenai Yesus dalam berbagai bahasa. Bahkan pasca-Pentakosta, 3.000 jiwa menjadi percaya serta memberi dirinya dibaptis. Inilah momen lahirnya jemaat pertama. Pentakosta adalah peristiwa yang dahsyat!

Terlepas dari bagaimana bentuk perayaan Pentakosta di gereja kita masing-masing, alangkah baik kalau kita memanfaatkan Pentakosta tahun ini untuk bersehati berdoa memohon agar Yesus menyatakan kuasa Roh Kudus-Nya melalui kita, Gereja Tuhan pada akhir zaman ini, lebih hebat lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Agar kita, yang menerima janji itu (ay. 39), siap menyambut kedatangan-Nya. Seperti dikatakan dalam sebuah lagu: "Waktu Gereja bangkit di akhir zaman, semua orang kudus penuh kuasa-Nya... âkumau di sana!" Bukankah kita rindu berada di sana? --Shirleen Yohana/Renungan Harian

(Pentakosta/ Jemaat Kota, Kelapa Gading/gloopic.net/Jala).

    

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :70
Visitor Today :378
Visitor Total :6.240.683

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.