gloopic.net
Artikel / Sejarah dan Budaya

Kerapan Sapi

Kerapan Sapi adalah salah satu daya tarik obyek wisata budaya yang telah diwariskanturun-temurun dari generasi ke generasi. Keberadaan sampai sekarang menjadi kebanggaan madura. Kerapan Sapi juga menjadi salah satu ikon pariwisata Jawa Timur. Kerapan Sapi adalah ras dari beberapa pasang sapi balap dikendalikanoleh joki itu.

Sejarah Kerapan Sapi di Madura sangat panjang. Dimulai sejakabad ke-14 lalu. Kerapan Sapi dimulai dari perlombaan untuk membajak sawah ditunggangi oleh seorang joki (tukang Tongko bhuto). Pada saat pertama tidak ada aturan yang jelas, sehingga sering timbul perselisihan antara pemilik dan bahkan sering berakhir dengan pertempuran. Oleh karena itu, pemerintah kolonial Belanda melakukan intervensi untuk membuat aturan al balap banteng yang valid / berlaku sampai sekarang.

Seiring dengan perkembangan jaman saat ini Kerapan Sapi biasanya dihiasi dengan segala macam aksesoris. Aksesoris ini adalah simbol kebanggaan karena dalam setiap parade sebelum perlombaan, pemilik balap mereka banteng akan berjalan di garis depan diikuti oleh pemilik balap mereka banteng untuk mendorong para anggota kontingen dan sapi balap mereka sebelum memulai perlombaan.

(Sumber : PT Angkasa Pura 1).

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :74
Visitor Today :443
Visitor Total :6.240.748

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.