gloopic.net
Artikel / Sosial Politik dan Hukum

Ajaib : “Kotak Kosong Menang”

ANTARA FOTO/DARWIN FATIR

(Gloopic.net) Ajaib biasa diartikan ganjil, aneh, jarang ada, tidak seperti  biasa dan mengherankan. Itulah yang terjadi  Rabu (27/06/18)  pada Pilwalkot  Makassar, di mana Kotak Kosong menang, kejadian yang sangat langka.

Pemilihan Walikota Makassar,  Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) bertarung dengan kubu kotak kosong.  Sesuai perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan lembaga survei diantaranya dari Celebes Risiert Centre (CRC), Jaringan Suara Indonesia (JSI), dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI), memenangkan Kotak Kosong pada kisaran angka 53% atau yang diraih calon tunggal hanya 46%.

Pendukung Kotak Kosong saat mengetahui hasil perhitungan  cepat langsung meneriakkan yel-yel hidup  “Kotak Kosong” Kotak Kosong menang. Para pendukung Kotak Kosong yakin sudah menang, sebaliknya pasangan  Appi-Cicu juga menyatakan menang dengan memperoleh suara 52%, demikian ujar Appi di depan para pendukungnya.

Hasil akhir perhitungan suara akan ditentukan oleh rekapitulasi yang dilakukan KPU, tetapi apabila dilihat dari selisih 7% dari perhitungan cepat, sepertinya dapat dikatakan bahwa Pilwalkot Makassar Kotak Kosong menang.

Kalau pada akhirnya Kotak Kosong menang  berdasarkan keputusan KPU, maka untuk pertama kalinya Kotak Kosong menang dalam sejarah pilkada atau dapat disebutkan bahwa mungkin belum pernah terjadi di manapun lewat pemungutan suara calon tunggal kalah.

Keajaiban terjadi di Kota Angin Mammiri melalui Pilwalkot, sungguh kejadian yang luar biasa dan mungkin peristiwa semacam ini terlalu sulit untuk terulang.

Pilihan warga Makassar yang memenangkan Kotak Kosong (sesuai perhitungan cepat) memberi pelajaran sangat berharga bagi bangsa ini, bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat, serta rakyak lah yang berhak  menentukan pemimpin mereka.

(Ajaib : “Kotak Kosong Menang”/Widjaja Lagha/Gloopic.net).

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :50
Visitor Today :1.157
Visitor Total :6.539.695

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.