gloopic.net
Artikel / Sosial Politik dan Hukum

Jacobus Mayong Padang, Anggota DPR Yang Menolak Ke Luar Negeri

Bursa pencalonan gubernur Sulawesi Barat 2017 terus bergulir. Salah satu tokoh politik nasional asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jacobus Kamarlo Mayong Padang menyatakan kesiapannya untuk mengabdi menjadi calon pimpinan kepala daerah Sulawesi Barat.

Nama Jacobus seharusnya sudah tidak asing lagi bagi warga Sulawesi Barat. Selain kiprahnya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI selama dua periode, sosok ini juga dukenal sebagai salah satu tokoh yang memperjuangkan terwujudnya pemekaran Provinsi Sulawesi Barat. Namun siapa sebenarnya sosok Jacobus ini? Penulis mencoba mengingatkan kembali pembaca akan siapa sosok Jacobus sebenarnya di kancah social dan politik Indonesia.

Di kala sebagian besar anggota dewan membicarakan politik praktis dan politik tingkat tinggi, Jacobus seringkali menginterupsi dengan tema-tema kerakyatan dan sosialnya yang terntunya yang tentunya seringkali tidak mendapat tanggapan dari sejawatnya di DPR bahkan dari partainya sendiri.

Berikut salah satu contoh sikap Jacobus yang mengemuka. Dalam Sidang Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Sidang III tgl 7 Januari 2008, Jacobus Kamarlo Mayong Padang menginterupsi untuk menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah Republik Indonesia dan DPR RI :

Terima kasih, Pimpinan.

Jacobus Mayong Padang, A-403 MERDEKA !!

Saya ingin menyampaikan 3 hal pada kesempatan ini. Bukan hanya untuk pemerintah, tetapi juga buat kita semua, wakil rakyat yang ada di forum ini.

Pertama, sekarang ini ada begitu banyak lahan pertanian yang terkena banjir dalam catatan yang terakhir ada 109 ribu hektar yang terkena banjir, 29 ribu di antaranya dinyatakan puso. Saya minta perhatian kita, baik pemerintah maupun DPR, untuk mengalokasikan anggaran untuk membantu para petani yang kena puso atau terkena banjir. Hal ini penting sekali dalam rangkah membantu mereka untuk tidak terus-menerus menderita dan juga soal keadilan. Karena ketika dahulu bank mengalami masalah, pemerintah serta merta menyatakan akan menalangi seluruh uang nasabah di bank itu. Oleh karena itu, saya menuntut keadilan untuk petani, pemerintah juga harus menyediakan dana untuk mereka.

Kedua, Saya meminta perhatian secara sungguh-sungguh untuk membebaskan daerah terisolasi. Atas nama sekitar 40 juta warga Indonesia yang hidup di daerah terpencil, saya minta supaya betul-betul ada perhatian secara serius. Pembangunan harus berkeadilan, jangan ditumpuk di kawasan-kawasan yang sudah maju.

Ketiga, Saya minta perhatian keadilan untuk kebabasan beragama, kebebasan beribadah di negara Republik Indonesia tercinta ini. Akhir-akhir ini kondisi kehidupan beragama semakin terganggu. Itu berarti akan menjadi gangguan serius untuk negara kesatuan Republik Indonesia ini. Saya khawatir gangguan itu bukan datang dari luar, tetapi itu akan datang dari dalam negara Republik Indonesia ini.

Demikian, saya harapkan supaya mendapat perhatian kita semua. MERDEKA !!!

(Dikutip dari risalah resmi rapat Paripurna DPR RI ke 19, masa sidang III, tahun sidang 2007-2008 tanggal 7 Januari 2008 dengan pimpinan sidang; H.R. Agung Laksono-Ketua DPR RI)

Siapa Jacobus Kamarlo Mayong Padang?

Di kalangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nama JacobusKamarlo Mayong Padang sudah tidak asing lagi. Bung Kobu biasa dia dipanggil adalah salah satu putera terbaik yang dimiliki oleh rakyat Sulawesi Selatan. Alumnus SMA MakaleTana Toraja dan Fisipol Universitas Hasanuddin. Pernah menjadi anggota DPRD Kota Makassar , Anggota DPR RI 1999-2004 dan 2004-2009, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI 2004-2009 dan dipercaya Ketua Umum PDIP Megawati sebagai Wakil Sekjen DPP Partai PDIP di periode yang sama.

Kobu pernah berkarir menjadi wartawan dan menjadi jurnalis di Harian Pedoman Rakyat dan harian Suara Pembaruan.

Banyak orang yang menyebutnya sebagai sebagai salah satu anggota DPR yang bergaya unik. Kobu dianggap banyak melakukan hal yang bersifat kontraversial sebagai bagian keprihatinannya pada masyarakat. Kobu kerap datang ke gedung DPR dengan menaiki ojek dan naik kereta api dengan alasan agar bisa melihat langsung apa yang terjadi dan penderitaan rakyat kecil.

Sewaktu masa kampanye, Kobu melakukan kampanyeke daerah-daerah pelosok memakai motornya sendiri. Menerjang jalanan yang rusak, mengintari desa-desa terpencil. Kobu juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan kaum-kaum marginal dan pernah didaulat jadi pengkhotbah di tempat ibadah.

Penampilan Kobu pun jauh dari kesan mewah. Pengakuan kader PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa Kobu tidak perhatikan penampilannya, pakaiannya itu-itu saja. Dia lebih peduli pada rakyat dibanding penampilannya.

Kobu juga dikenal sebagai orang yang sederhana,jujur,berani dan rendah hati. Pengakuan dari seorang cleaning service di gedung Senayan yang merasa kagum dengan Pak Jacobus sebagai satu-satunya anggota DPR yang menjenguknya dikala masuk rumah sakit.

Kobu pernah menolak ikut dalam kunjungan ke luar negeri dengan alasan kegiatan itu tak pantas dilakukan karena Indonesia dalam keadaan krisis. Kobu juga pernah menyerahkan kembali ke negara rapelan operasional sejumlah Rp 50 juta karena merasa bukan haknya.

Kobu pernah melakukan aksi mogok makan di gedung DPR hingga akhirnya masuk rumah sakit. Ia menentang kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Menurut Jacobus, aksi ini sebagai bentuk keprihatinan terhadap pemerintah yang dianggap tak peduli terhadap penderitaan rakyat . Akibat mogok makan ini Kobu masuk Rumah Sakit

Ada suatu cerita bahwa sewaktu diadakan pertandingan sepakbola antar kampung, Kobu hadir memberi semangat pada pemainnya. Banyak orang yang tak menyangka, ada seorang anggota DPR RI hadir di tempat itu. Saat itu Kobu hanya memakai pakaian sederhana sehingga jauh dari kesan eksklusif sebagaimana kebanyakan penampilan pejabat .

Ketika ada yang mengenalinya, salah satu warga bertanya alasan Kobu datang ke tempat itu. Kobu pun mengatakan bahwa dia hanya bisa memberi dukungan semangat pada para pemain. Kobu mengaku tak bisa membantu dalam bentuk materi karena gaji yang dimiliki sudah digunakan untuk kegiatan sosial lainnya yang lebih penting.

Kobu Di Mata Tokoh Negara dan Kader PDIP

Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa Jacobus adalah sosok yang serius memperjuangkan kepentingan rakyat kecil. Sementara menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok bahwa Jacobus adalah sosok yang idealis, peduli rakyat miskin dan konsisten pada konsep ekonomi kerakyatan.

Pengakuan dari Kader PDIP Ganjar Pranowo bahwa Jacobusa dalah orang nekat, ketika berjuang tak ada beban,. Kalau di gebrak meja, itu bagian ekspresi kemarahan karena ketidakadilan, orang langka, easy going, tidak mata duitan dan punya perhatian lebih pada petani.

Pengakuan Rieke Dyah Pitaloka, Jacobusa dalah sosok yang tidak setengah-tengah memperjuangkan rakyat kecil, berkapasitas memberikan pendidikan politik bagi kader-kader PDIP. Jacobus bagi rieke adalah segelintir anggota DPR yang konsen masalah kaum pekerja

Pengakuan Tjahjo Kumolo mantan Sekjen PDIP bahwa selama menjabat sebagai anggota DPR, Bung Kobu menunjukkan kinerja, idealisme, ketaatan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat sampai tuntas dan melaksanakan kebijakan arus politik bangsa. Menurut Tjahjo Kobu juga tidak pernah memanfatkan jabatannya untuk melakukan kunjungan keluar negeri padahal itu merupakan haknya sebagai anggota DPR untuk mengikutinya .Justru Kobu lebih memilih kunjungan ke daerah pelosok atau terisolasi.

Program yang pernah digelontorkan Kobu sebagai anggota dewan berfokus pada tiga poin yaitu 1.Pemberian perhatian secara lebih konkrit pada warga negara marginal diantaranya petani, nelayan, pekerja dan pengangguran 2. Memperkecil kesenjangan pusat dan daerah 3.Menurunkan sekat-sekat sektarian dikalangan warga Negara. Kesemua poin perhatian Kobu ini belakangan memang tidak menjadi isu yang banyak dibicarkan di kalangan anggota dewan sehingga tidak populis.

profil selengkapnya: http://www.kompasiana.com/heriyanto_rantelino/jacobus-k-mayong-padang-tokoh-reformasi-dari-tana-toraja-usulan-kandidat-menteri-sosial-ri-2014-2019_54f68a5fa3331191178b4db9

 (Penulis : Ferry Putra Utama, Produser News TV, Penulis Tetap gloopic.net)

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :44
Visitor Today :3.197
Visitor Total :6.526.026

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.