gloopic.net
Artikel / Sosok

Tochinosin Raih Gelar Ozeki

Juara Ozeki yang baru, Tochinosin

(Gloopic) Tochinosin yang bernama asli GORGADZE Levan,  pesumo asal Georgia 13 Oktober 1987  mempunyai tinggi badan 192 cm, berat 162 kg dan cengkeramannya setara dengan 80 kg, akhir mei lalu meraih gelar Ozeki.

Dia mengawali kariernya pada usia 17 tahun di Jepang. Sebelumnya dia adalah salah satu pejudo handal di negerinya, Georgia salah satu negara pecahan Uni Soviet.Setahun di Jepang Tochinosin sudah mulai mengikuti turnamen.

Kariernya mulai tersendak lima tahun lalu setelah mengalami cedera dalam suatu turnamen, sekitar enam bulan  lamanya terbaring di rumah sakit untuk memulihkan cederanya. Tochinosin, sempat berpikir untuk mengakhiri kariernya dan pulang ke Georgia.

Tochinosin saat latihan pagi

Pimimpin sasananya yang juga adalah pesomo handal pada masanya, memberi spirit dan semangat kepadanya untuk terus berjuang mengatasi cederanya dan berlatih kembali.

Setelah pulih dan mulai turun mengkuiti beberapa turnamen sebanyak 25 kali pertandingan, Tochinosin hanya satu kali mengalami kekalahan.

Pada penghujung mei lalu impiannya tercapai dengan menyabet gelar Ozeki, tingkatan kedua tertinggi dalam ajang sumo,   perjuangan panjang yang melelahkan dengan keyakinan akhirnya membuahkan hasil.

Setibanya di Tbilisi, ibu kota Georgia, dia mendapat sambutan luar bisa oleh masyarakat dan Presiden Georgia juga memberi ucapan selamat serta mengatakan semua rakyat Georgia berbahagia atas prestasi yang dicapai Tochinosin.

Salah satu pertandingan Tochinosin GRAND SUMO Highlights: Bout of Day 13 | Jan 2018|NHK WORLD

(Berbagai sumber/Widjaja Lagha/Gloopic.net).

Komentar

Artikel Terkait
gloopic.net
Visitor Online :46
Visitor Today :1.315
Visitor Total :6.539.853

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.