gloopic.net
Berita / Daerah

Polisi Tutup Tambang Emas Ilegal di Magelang

(Magelang, Gloopic) Polisi menutup paksa lokasi tambang emas tradisional di Perbukitan Menoreh Desa Paripurno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Penutupan tambang emas ilegal tersebut dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat, dengan dibantu Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Magelang.

Petugas gabungan kemudian melakukan penutupan paksa dengan memasang police line (garis polisi) dan papan peringatan yang dipasang di lokasi penambangan.

"Adanya tambang emas ilegal ini berkat informasi dari masyarakat sekitar bukit Menoreh yang melaporkan bahwa ada kegiatan penambangan liar di desa setempat," tegas Kasubag Humas Polres Kabupaten Magelang AKP Sugiyanto.

Menurut Sugiyanto, petugas menemukan dua buah sumur dengan kedalaman 15 meter lebih serta menemukan sisa karung yang berisi bongkahan batu bercampur biji emas.

"Selain menutup kita juga akan mendalami lebih lanjut terkait dugaan tidak adanya ijin penambangan itu," jelas Sugiyanto.

Warga sekitar menyambut baik adanya penutupan tambang emas ilegal ini. Warga mengaku sangat senang lantaran selama ini merasa terganggu oleh aktivitas penambangan emas tanpa ijin itu.

"Paling tidak warga sudah merasa tidak terganggu dengan aktivitas penambangan tersebut. Meski kami sudah lama melaporkan baru kali ini ditindaklanjuti oleh petugas dari kepolisian dan Satpol PP," ungkap Zamyani, salah seorang warga sekitar.

Selain menutup paksa tambang emas ilegal tersebut, petugas juga telah mengamankan empat orang yang diduga sebagai pengelola penambangan ilegal tersebut. Keempat orang itu adalah Nur Hamid selaku pemilik lahan. Kemudian Satrio, Agus dan Irfan selaku penambang.

Keempat orang tersebut masih dimintai keterangan secara intensif oleh petugas di Mapolres Magelang. Saat ini, kasus tambang emas ilegal masih ditangani Polres Magelang, Jawa Tengah.

Jika terbukti melakukan penambangan emas ilegal, keempatnya akan dijerat dengan Undang-undang Nomor IV Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara (Minerba) dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :37
Visitor Today :638
Visitor Total :6.360.049

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.