gloopic.net
Berita / Ekonomi

Pariwisata Dongkrak Ekonomi Bali

(Antara, Gloopic) Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan III-2016 tumbuh positif yang sebagian besar didongkrak oleh sektor pariwisata.

"Adanya musim liburan di luar negeri mendorong ekonomi Bali yang menjadi daerah tujuan wisata," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana ditemui usai memaparkan diseminasi kajian ekonomi dan keuangan Bali di Kuta, Kabupaten Badung, Rabu (21/9).

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan III-2016 diprediksi kisaran 6,42-6,82%, lebih tinggi dibandingkan capaian pada triwulan II yang mencapai 6,53%.

Dari sisi permintaan, perkiraan peningkatan kinerja perekonomian bersumber dari seluruh komponen sisi perkintaan seiring dengan masuknya periode musim puncak liburan.

Adanya kebijakan penurunan suku bunga juga berdampak terhadap kelangsungan dunia usaha di Bali.

"Juga ada survei yang kami lakukan kepada para investor bahwa ada keyakinan dari mereka ekonomi mulai membaik pada triwulan ketiga," imbuh dia.

Sementara itu, penawaran didorong oleh peningkatan lapangan usaha penyedia akomodasi makan dan minum diprediksi meningkat karena peak season liburan.

Imbasnya, lapangan usaha perdagangan besar dan eceran juga turut melonjak pada triwulan ketiga ini.

Meski Pemprov Bali dan tiga kabupaten/kota di daerah setempat mendapatkan penundaan dana alokasi umum dari pemerintah pusat periode September-Desember 2016 sebesar Rp 387,725 miliar, Iman mengaku pola belanja pemerintah tetap seperti biasa dan akan digenjot.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :45
Visitor Today :433
Visitor Total :6.359.844

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.