gloopic.net
Berita / Internasional

Amerika Menjamin Kebebasan Pelayaran Selat Hormuz

(Gloopic) Selat yang strategis ini terutama untuk perdagangan minyak, karena seperlima  kebutuhan dunia diangkut melalui selat ini. Iran mengancam akan menutup selat ini apabila Amerika Serikat membatatasi ekspor minyak Iran.

Sebaliknya Amerika  melalui Komando Sentral Militer Amerika menegaskan  Kamis (05/07) yang dikutip dari VOA , menyatakan bahwa Angkatan Laut Amerika siap menjamin kebebasan berlayar dan lalu lintas niaga.

Penegasan ini tampaknya sebagai tanggapan atas peringatan Pengawal Revolusi Iran bahwa jika perlu pihaknya akan memblokir pengapalan minyak melalui Selat Hormuz.

Presiden Hassan Rouhani bersama para petinggi militer militer Iran dalam beberapa hari terakhir mengancam akan mengganggu ekspor minyak dari negara-negara Teluk, jika Amerika mencoba membatasi ekspor minyak Iran.

Memuji ‘sikap teguh’ Presiden Rouhani terhadap Amerika, Panglima Korp Pengawal Revolusi Iran, Mohammad Ali Jafari, mengatakan pasukannya siap memblokir Selat Hormuz yang merupakan pintu keluar dari kawasan Teluk ke laut terbuka.

Jafari dikutip mengatakan kepada kantor berita TASNIM, jika Iran tidak bisa menjual minyaknya karena tekanan Amerika maka tidak ada negara di kawasan Teluk yang akan dibiarkan menjual minyaknya.

Ia menegaskan “kami akan membuat musuh memahami bahwa semua atau tidak satu negara pun dapat menggunakan Selat Hormuz”.

Selat Hormuz adalah lintas laut penting bagi perdagangan minyak karena setiap hari sekitar seperlima konsumsi minyak dunia diangkut melalui selat itu.

(Amerika Menjamin Kebebasan Pelayaran Selat Hormuz/VOA/Widjaja Lagha/Gloopic.net). 

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :34
Visitor Today :1.120
Visitor Total :6.539.658

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.