gloopic.net
Berita / Internasional

Australia Terbanyak Pasok Dana Terorisme di Indonesia

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) merilis daftar negara yang pernah mengirimkan dana terorisme ke Indonesia. Menurut PPATK, Australia terbanyak pasok dana ke Indonesia untuk aksi terorisme.

Dari penyelidikan lembaga PPATK, negara Australia tercatat sebagai negara yang paling banyak mengalirkan dana untuk aksi terorisme. Demikian diungkap PPATK, dalam rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. "Australia 97 kali dengan Rp 88,8 miliar," ujar pemimpin PPATK, Muhammad Yusuf. Transaksi-transaksi yang dimaksud dilakukan baik secara perseorangan maupun kelompok. Demikian dikutip dari kompas.com.

Negara kedua yang paling banyak mengalirkan dana untuk aksi terorisme ke Indonesia adalah Malaysia. Tercatat 44 kali dengan aliran dana sekitar 754 juta rupiah. Negara-negara lainnya berturut-turut: Singapura tujuh kali dengan dana sekitar 26 juta rupiah dan Filipina satu kali sekitar 25 juta rupiah.

Menurut PPATK, juga terdapat sumber pendanaan terorisme yang berasal dari negara-negara Timur Tengah yang diperoleh dari yayasan atau simpatisan. Pembiayaan biasanya digunakan untuk ongkos pemberangkatan teroris ke luar negeri.

Modus pengucuran dananya dijelaskan Yusuf, salah satunya lewat cara menikahi warga Indonesia. "Contoh yang di Australia, kirim ke Indonesia. Bule nikah sama orang Indonesia, lalu si istri diminta membuka rekening. Rekening ada dua istri dan dia, lalu (uang) dibagi-bagi cash ke daerah-daerah yang rawan terorisme, seperti Bekasi," papar Yusuf.

(Sumber : http://www.dw.com/id/australia-terbanyak-pasok-dana-terorisme-di-indonesia/a-19538757).

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :76
Visitor Today :5.778
Visitor Total :6.736.033

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.