gloopic.net
Berita / Internasional

Malnutrisi jadi “Tantangan di Masa Kini”

ARSIP - Ibu-ibu membawa anak-anaknya yang menderita malnutrisi di sebuah klinik di Bogor, Jawa Barat, Indonesia, Selasa, 21 Juni 2005 (foto: AP Photo/Tjepti).

(Gloopic) Pemenang World Food Prize tahun ini mngatakan  Malnutrisi menjadi “tantangan di masa kini,” dengan penyakit yang terkait dengan pola makan yang menimbulkan kekhawatiran pada hampir semua negera di dunia, demikian dilansir lama VOA 01/07/2018.

David Nabarro dan Lawrence Haddad, yang menjadi pemenang bersama untuk World Food Prize tahun ini dianggap sebagai pihak yang berhasil menurunkan jumlah anak-anak yang mengalami masalah gizi kronis di dunia sebanyak 10 juta anak dengan mempengaruhi berbagai pemerintahan dan lembaga donor untuk perbaikan gizi.

Masalah gizi kronis disebabkan oleh malnutrisi saat bayi dan menghambat perkembangan kognitif dan fisik. Para pakar mengatakan efek dari malnutrisi ini kebanyakan tidak dapat disembuhkan dan anak-anak yang mengalami masalah gizi kronis umumnya tidak melanjutkan pendidikan hingga tuntas dan sebagai orang dewasa biasanya memiliki penghasilan mereka lebih rendah.

Anak-anak penderita malnutrisi cenderung menjadi ibu-ibu yang mengalami malnutrisi juga, memperpanjang siklusnya, ujar Haddad, yang mengepalai Global Alliance for Improved Nutrition (Aliansi Global untuk Perbaikan Gizi).

Tingkat obesitas, diabetes, dan hipertensi “melonjak tajam hampir dikatakan di seluruh negara … dan pusat dari keseluruhan fenomena ini adalah pola makan,” ujarnya.

“Orang tidak cukup mendapat cukup makanan bergizi karena harganya yang terlalu mahal atau tidak tersedia dan makanan yang seharusnya tidak mereka konsumsi dalam jumlah banyak, makanan yang tinggi kandungan gula, garam, dan lemak, harganya murah dan tersedia,” ujarnye kepada Reuters lewat telepon. “Ini adalah tantang besar di masa kita. Bukan masalah cara kita memberi makan kepada dunia. Masalahnya adalah bagaimana kita dapat mencukupi populasi di dunia ini dengan makanan bergizi.”

(Malnutrisi jadi “Tantangan di Masa Kini”/VOA/Gloopic.net/Widaja Lagha).

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :45
Visitor Today :1.184
Visitor Total :6.539.722

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.