gloopic.net
Berita / Internasional

Wonderful Indonesia, Dalam ITB Asia 2016

(Jakarta, Gloopic.net) Indonesia akan mengikuti kegiatan travel trade show terbesar di Singapura yang meru- pakan salah satu event business to business meeting terkemuka, yakni ITB Asia 2016 yang digelar pada tanggal 19 – 21 Oktober 2016 di Marina Bay Sands, Singapura.

Keikutsertaan Indonesia dalam ajang ITB Asia 2016 juga sebagai upaya untuk semakin mempropulerkan brand pariwisata Wonderful Indonesia di salah satu negara fokus pasar wisata utama yakni Singapura.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengatakan Indonesia secara rutin mengikuti ITB Asia di Singapura. Kei- kutsertaan kali ini adalah untuk mempromosikan sekaligus mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di dunia khususnya kawasan ASEAN.

"Di samping itu, ITB Asia adalah tempat yang potensial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia karena merupakan pameran business to businessyangmemungkinkan para pelaku industri di Indonesia memperluas jejaring pasar mereka" katanya.

Bursa Pariwisata yang diselenggarakan oleh Messe Berlin (Singapore) ini merupakan penyelenggaraan yang ke-9 (sembilan) kalinya.

Pitana mengatakan, pada partisipasi tahun ini Indonesiamenampilkan paviliun seluas 405 m2 (45 booth) dengan menonjolkan keindahan dan kemegahan perahu phinisi se- bagai salah satu kekayaan khas budaya nusantara.

Peserta yang bergabung dengan booth Indonesia terdiri dari 90 industri pariwisata Indo- nesia (TA/TO, Hoteliers, DMO) yang berasal dari 14 destinasi dari berbagai provinsi, yaitu: Jakarta (13), Jawa Barat (1), Jawa Tengah (1), Jawa Timur (3), Bali (53), Yogya- karta (2), Kalimantan Tengah (1), Kepulauan Riau (5), Nusa Tenggara Barat (4), Nusa Tenggara Timur (1), Papua Barat (1), Sulawesi Selatan (2), Sulawesi Tenggara (1), Su- matera Barat (2); Untuk memperlancar kegiatan ini, Kemenpar telah 2 (dua) kali melakukan Rapat Koordinasi dan Exhibitor Briefing di Bali.

"Kami membawa delegasi yang akan aktif berpartisipasi terdiri dari 90 industri dari desti- nasi-destinasi unggulan di Indonesia. Mereka akan membawa paket-paket wisata yang tentunya sudah siap untuk ditawarkan kepada para buyers," kata Pitana.

Selain itu ada 2 Dinas Pariwisata Daerah yakni Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Malang yang membawa serta 7 industri pariwisata dan juga 2 peracik kopi yang akan menawarkan kopi khas Indonesia. Kemudian Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Baratyang membawa serta 2 pelaku industri pariwisatanya.

Industri tour & travel, Industri atraksi, hotel, resort, dan DMO akan intens melakukan pro- mosi dan melakukan pertemuan bisnis dengan para buyers yang datang dari seluruh dunia. Selain sebagai ajang mempromosikan Wonderful Indonesia, ITB Asia diharapkan bisa menghasilkan transaksi bisnis paket wisata dalam upaya mendatangkan wisatawan mancanegara skala besar ke Indonesia.

Untuk mendukung pelaksanaan ITB Asia 2016, Kemenpar juga akan memasang brand dan iklan pada "show directory ITB Asia 2016" dan TTG Asia official media ITB Asia, yang merupakan.

Sebagai salah satu exhibitor di ITB Asia 2016, Kemenpar juga mendapatkan 1 (satu) slot Destination Showcasepada tanggal 19 Oktober 2016 pukul 13.00-13.30 diPresenta- tion Hub, Marina Bay Sands. Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas, Pak Hiramsyah Thaib akan mengisi slot tersebut menjadi narasumber dengan tema paparan Treasures of Archipelago.

Pada penyelenggaraan tahun ini, ITB Asia menjalin kerja sama dengan Crescenrat- ing, otoritas wisata halal terkemuka di dunia. Crescenrating akan menjadi tuan ru- mahHalal in Travel - Asia Summit 2016 yaitu konferensi dan workshop untuk berbagi wawasan mengenai wisata halal.

Pada kesempatan kali ini, Kemenpar melalui Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal, Bapak Riyanto Sofyan diundang sebagai salah satu panelis yang akan membahas wisata halal dengan tema National Strategies on Developing Halal Tour- ismyang juga akan diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2016 di Level 3, Marina Bay Sands.

Menteri Pariwisata (Menpar Arief Yahya) memandang ITB Asia 2016 di Singapura meru- pakan momentum yang paling potensial untuk menjaring lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Apalagi selama ini Singapura merupakan pasar pariwisata utama Indonesia. Dalam acara ITB Asia 2016, pelaku industri dari negara-negara lain juga akan turut serta sehingga memperbesar peluang promosi bagi Indonesia.

"Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) Singapura ke Indonesia selama ini adalah yang terbesar, nomor satu dibandingkan negara-negara lain," kata Menteri.

Kementerian Pariwisata mencatat jumlah wisman asal Singapura ke Indonesia pada 2015 mencapai 1.571.982 wisman. Untuk tahun ini pada periode Januari-Agustusjumlah wisman Singapura yang berkunjung ke Indonesia telah mencapai 939,231 wisman.

Pada 2016, Kemenpar menargetkan mampu menjaring wisman Singapura sebe- sar 1.800.000 orang.

Travel Weekly Asia Readers Choice Awards 2016

 

Sebelum pelaksanaan ITB Asia 2016, salah satu media pariwisata terkemuka di Asia yaitu Travel Weekly Asia akan menyelenggarakan kegiatan tahunannya yaitu Travel Weekly Asia Readers Choice Awards 2016 pada 17 Oktober 2016.

Pada event ini, Kementerian Pariwisata Indonesia berhasil memenangkan salah satu kat- egori yaitu Best Asia Destination Marketing (National Tourism Organisation) yang diselenggarakan oleh Travel Weekly Asia.

Media yang selama ini fokus di dunia pariwisata dalam lingkup Asia Pasifik itu menilai Ke- menterian Pariwisata Indonesia telah berhasil melakukan berbagai terobosan inter- nasional dan reputasi di bidang pemasaran, pengembangan destinasi, sampai deregu- lasi, dan kelembagaan yang telah terbukti tertata dan mengarah terhadap kepentingan industri dan masyarakat.

Travel Weekly Asia melakukan survei terhadap jutaan pembacanya di kawasan Asia Pasifik untuk mendapatkan penilaian atas 46 kategori dalam Readers Choice Awards 2016. Kementerian Pariwisata RI masuk dalam peta instansi paling berprestasi di kawa- san Asia Pasifik versi Travel Weekly Asia setelah melalui proses nominasi yang sangat selektif.

Ceremony dan pemberian penghargaan kepada Kemenpar RI akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2016 di Mandarin Orcard Hotel Shisen Hanten, Singapura.

Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi: www.indonesia.travel.***

(Sumbe : Kemenpar)

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :30
Visitor Today :624
Visitor Total :6.360.035

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.