gloopic.net
Berita / Kuliner

Berbuka Puasa Dengan Kopi

(Palu, Gloopic) Berbuka puasa dengan teh manis, es buah ataupun air putih tentu hal yang biasa. Namun bagaimana bila berbuka dengan segelas kopi. Mungkin terdengar tidak lazim bagi anda tapi inilah yang dilakukan sebagian warga Palu, Sulawesi Tengah. Bukan kopi sembarang kopi yang mereka minum untuk berbuka puasa tapi kopi yang khusus didatangkan dari Timur Tengah.

Jika sebagian orang berbuka puasa dengan teh manis atau es buah, di salah satu mesjid kota Palu justru menawarkan kopi jahe khas Timur Tengah sebagai menu berbuka puasa. Tradisi berbuka puasa dengan minuman kopi jahe ini sudah berlangsung turun temurun sejak puluhan tahun yang silam. Setiap jamaah yang akan berbuka puasa di mesjid ini selain diberikan kopi juga diberikan kurma sebagai menu berbuka puasa.

Setiap harinya Hajjah Sa’dia yang merupakan pembuat kopi ini harus menyiapkan dua ratus gelas kopi kepada para jama’ah. Untuk memenuhi itu Sa’dia menyiapkan 2,5 kilo kopi serta 5 kilo gram gula. Sementara untuk menambah keharuman kopi ditambah dengan daun pandan. "Tradisi ini sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu dan turun temurun, kopi ini didatangkan langsung dari arab" ujar Sa'dia.

Tidak hanya warga di sekitar mesjid ini saja yang datang namum sejumlah warga yang penasaran dengan kopi Arab ini memilih berbuka puasa di mesjid An Nur. Menurut warga bernama Andri, kopi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. "Khasiatnya melegakan tenggorokan dan menghilangkan batuk serta menghangatkan tubuh," ujar Andri. "Sudah dari kecil sy sudah sering buka puasa ditempat ini, kopi ini juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh," lanjut Andri.

Berbuka puasa dengan kopi Arab ini tidak terdapat di mesjid lain di kota Palu bahkan di sejumlah daerah lain di Indonesia. Nah bagi anda yang penasaran dengan rasa kopi ini dan ingin mencicipinya, datang saja langsung ke Mesjid An Nur Palu di Jalan Sis Al Jufri.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :27
Visitor Today :1.572
Visitor Total :6.272.111

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.