gloopic.net
Berita / Kuliner

Festival Kopi Flores

(Jakarta, Gloopic) Kopi Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama ini kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Meskipun merupakan salah satu jenis kopi premium dengan rasa yang khas, koopi ini memang tergolong langka dan jarang disajikan di kedai-kedai kopi di tanah air. Kopi Flores malah lebih dahulu terkenal di manca negara.

Untuk mempopulerkan salah satu kopi lokal terbaik ini, harian Kompas menggelar Festival Kopi Flores - Nusa Tenggara Timur (NTT) di Bentara Budaya Jakarta. Bagi anda penggemar dan penikmat kopi, ajang ini menjadi kesempatan untuk lebih mengenal kopi Flores yang sebenarnya.

Ajang mempertemukan petani kopi Flores di sektor hulu dengan industri kopi di sektor hilir ini akan berlangsung mulai 15-17 September 2016. "Kami coba fasilitasi, karena kopi Flores ini dimana-mana jadi buah bibir, tetapi barangnya tidak ada," ujar Jannes Eudes Wawa, Ketua Panitia Festival Kopi Flores.

Selama acara berlangsung, selain memamerkan kopi dari Flores, juga ada diskusi antara petani dan pelaku usaha di sektor hilir. Pada hari Sabtu nanti sejumlah barista kopi di Jakarta juga akan mencoba unjuk gigi meracik kopi dari Flores ini.

Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Ardu Jelamu dalam sambutannya pada pembukaan acara mengatakan, dari delapan kabupaten di Pulau Flores, ada lima kabupaten yang menonjol dalam produksi kopi, yaitu Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada dan Kabupaten Ende.

Marius mengatakan, kopi arabika dan robusta dari Kabupaten Ngada sudah mulai masuk ke pasar internasional. "Sejak 2005 sampai 2016, Kabupaten Ngada sudah bisa mengekspor 1.210 ton kopi ke Amerika dan beberapa negara Eropa," ujar Marius.

Saat ini kopi Flores cukup diminati wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Flores. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTT, Yohanes Tay Ruba memperkirakan, tahun ini produksi kopi arabika dan robusta Flores mencapai 12.000 ton.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :98
Visitor Today :756
Visitor Total :6.241.061

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.