gloopic.net
Berita / Nasional

Hati-Hati Bus Mudik Tidak Layak Jalan

(Jakarta, Gloopic) Hati-hati dalam memilih bus saat mudik. Kementerian Perhubungan mencatat, 25 persen bus yang beroperasi saat ini, tak layak jalan untuk mengangkut pemudik.

Kendaraan yang layak jalan atau lolos dari ramp check baru 75 persen. Ini menandakan tingkat kepatuhan dari transportasi umum, khususnya bus masih rendah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pengecekan yang dilakukan pihaknya berjalan baik. Tapi, untuk sektor transportasi darat kurang memuaskan.

"Kita memberikan kesempatan satu Minggu ini, untuk ramp check ulang," tutur Budi.

Kementerian Perhubungan akan menandai bus yang layak jalan dan tidak dengan menggunakan stiker. "Tidak ada stiker, tidak boleh jalan," tegas Budi.


Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Puji Hartanto meminta, seluruh bus yang ada untuk melakukan ramp check demi keselamatan penumpang. "Dari bus baru 75 persen ada peningkatan, ada 25 persen yang kita periksa tidak layak jalan berarti belum dapatkan stiker, dan ramp check," ujarnya.

Ramp chek bisa dilakukan di Dinas Perhubungan daerah masing-masing. Proses ramp check, yakni melakukan pengecekan dari rem tangan dan kaki.  Kemudian, pengecekan speedometer, kaca, hingga ban bus.

Pudji menegaskan, pihaknya akan mendatangi langsung ke PO para bus tersebut. "Kalau dinyatakan tidak layak dia tidak boleh beroperasi. Dilihat buku KIR nya, kalau tidak berlaku maka dia tidak boleh beroperasi," tegas Pudji.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :82
Visitor Today :3.040
Visitor Total :6.362.451

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.