gloopic.net
Berita / Penerbangan

Bandara Kulonprogo Masih Terkendala Pembebasan Lahan

(Jakarta, Gloopic) Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Angkasa Pura (AP) I Wendo Asrul Rose mengatakan, progres Bandara Kulonprogro memasuki tahap pembebasan lahan. Dalam prosesnya, tengah dilakukan proses konsinyasi atau menitipkan ganti rugi pembebasan lahan di pengadilan. Daerah Istimewa Yogyakarta rencaanaya akan punya bandar udara (bandara) baru pengganti Bandara Adi Sucipto. Bandara tersebut yakni New Yogya International Airport (NYIA) yang berada di Kulonprogro.

"Progres Bandara Kulonprogro saat ini proses pembebesan lahan. Ini proses rekonsinyasi. Pemilik lahan konsinyasi, keputusan di pengadilan. Setelah ini dilakukan pembongkaran," ujar Wndo di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis 14 Desember 2017.

Sementara itu, menurut Wendo, masih ada beberapa lahan yang posisinya berada di Badan Pertahanan Nasional (BPN). Sambil menunggu beberapa lahan dibebaskan, ada juga yang sudah land clearing.

"Ini segera, AP I titipkan konsinyiasi di pengadilan. Selain itu ada juga yang sudah land clearing," tutur Wendo.

Sebelumnya, Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja di kabupaten Kulonprogro, DIY untuk melihat progres pembangunan NYIA. Kunjungan tersebut diharapkan agar proyek segera beroperasi di 2019.

"Perkembangannya bagus, tahun lalu kita kita sudah ke sini," tutur Ketua Komite II DPD Parlindungan Purba.

Rombongan tersebut melakukan peninjauan di lokasi, untuk melihat land clearing termasuk meminta penjelasan dari PT PP yang melaksanakan proyek. Bahkan mereka juga melihat kawasan relokasi di Glagah.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :98
Visitor Today :826
Visitor Total :6.360.237

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.