gloopic.net
Berita / Penerbangan

IAEETA Imbau Tidak Perpanjang Polemik Soal Slot Time Bandara Soekarno-Hatta

Antrian Pesawat Yang Mau Lepas Landas di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten, foto Ardan 09

(Jakarta, Gloopic) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Indonesian Aviation Electronics and Electrical Technician Assosiation (IAEETA) selaku organisasi profesi para teknisi bandar udara (bandar udara) menyayangkan polemik yang berkembang soal pengelolaan slot time di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten.

Segenap Pengurus DPP IAEETA menyayangkan terjadinya polemik pemberitaan yang berkembang di media cetak dan online terkait pengelolaan slot time di Bandara Soekarno Hatta, Karena IAEETA meyakini selama ini Indonesia Air Traffic Control Association (IATCA) Jakarta, bekerja secara professional dan bertanggung jawab dengan menjunjung tinggi Kode Etik Profesi yang telah disepakati. IAEETA selaku sesama pengurus organisasi profesi juga meyakini bahwa Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku dan berbudaya, untuk melindungi perbuatan yang tidak profesional.

Dalam keterangan persnya, Ketua Umum DPP IAEETA Widjaja Lagha menyatakan mendukung sepenuhnya upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka Peningkatan kapasitas pergerakan pesawat di Soekarno-Hatta, untuk tujuan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa penerbangan. Hal ini diperlukan mengingat pertumbuhan angkutan udara Indonesia dan posisi bandara Soekarno-Hatta yang merupakan hub (penghubung) utama penerbangan  Nasional, dengan tetap mengutamakan terciptanya keamanan, keselamatan, kelancaran, dan keteraturan.

Widjaja menyatakan sepakat dengan pernyataan resmi DPP IATCA, bahwa aturan pemerintah, dalam hal ini Instruksi Menteri Perhubungan IM 16 Tahun 2017, mengenai slot time telah disusun melalui kajian yang komprehensif dan akan dievaluasi dalam pelaksanaannya. IAEETA juga meyakini bahwa sebelum aturan Menteri ini diterbitkan telah dilakukan rapat-rapat dan diskusi panjang yang melibatkan semua unsur, dimana salah satunya adalah unsur organisasi profesi yang terlibat didalamnya, sehingga atas terjadinya silang pendapat dan ketidakpuasan seyogyanya tersampaikan,  dibahas dan diselesaikan sebelum aturan Menteri ini diterbitkan.

Menurut Widjaja, IAEETA menghargai upaya yang dilakukan oleh Pengurus DPC IATCA Jakarta dalam menanggapi upaya yang dilakukan pemerintah terkait pengelolaan slot time di Bandara Soekarno Hatta,  Namun IAEETA menyatakan lebih menghargai bahkan mengapresiasi bila masalah ini tidak menjadi polemik berkepanjangan di media dan didiskusikan dalam forum yang tepat, karena hal tersebut akan berdampak kepada kepercayaan masyarakat pengguna jasa penerbangan baik Nasional maupun  Internasional.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Indonesia Air Traffic Control Association (IATCA) juga sempat menanggapi polemik terkait pengelolaan slot time yang sempat terjadi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Polemik yang dimaksud adalah adanya dugaan pelanggaran frekuensi penerbangan pada tanggal 25 Juli lalu di Bandara Soekarno Hatta. IATCA mencatat sempat terjadi 84 pergerakan pesawat per jam, yang artinya melewati batas yang ditentukan di dalam Instruksi Menteri Perhubungan No 8 tahun 2016 yaitu sebanyak 72 pergerakan pesawat per jam.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :69
Visitor Today :921
Visitor Total :3.812.124

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.