gloopic.net
Berita / Penerbangan

IATA : Hati-hati Swastanisasi Bandara

(Jakarta, Gloopic) Tahun 2018 diperkirakan pertumbuhan  angkutan udara global berkisar 6,5 persen, tahun 2017 mencapai  7 persen. Pertumbuhan ini tidak mampu diikuti oleh infrasuktur industri penerbangan seperti  Bandara dan Pelayanan Lalu Lintas Udara.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), menghimbau kepada para pemimpin dunia untuk segera mengatasi  krisis keterbatasan kapasitas bandara seiring cepatnya permintaan angkutan udara.

Alexandre de Juniac  Ketua IATA, mengatakan banyak negara tidak mempunyai dana yang cukup untuk mengatasi hal tersebut, sehingga menunjuk perusahaan swasta untuk peningkatan kapasitas Bandara. Namun dia mengingatkan berhati-hati soal swastanisasi bandara karena banyak kasus yang "tidak memenuhi harapan maskapai penerbangan".

Bagaimana dengan Indonesia,  yang pertumbuhan angkutan udaranya jauh di atas pertumbuhan  rata-rata pertumbuhan angkutan udara global. Kita tentu sudah melihat tahun belakangan ini banyak melakukan pembenahan dan penambahan kapasitas  Bandara termasuk Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan.  Walaupun untuk mengimbangi pertumbuhan angkutan udara masih dibutuhkan usaha keras dan penambahan investasi yang tidak sedikit.

Khusus untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas  Bandara mungkin tidak berlebihan apabila pemegang kebijakan menyimak peringatan  Alexandre de Juniac, berhati-hati soal swastanisasi bandara karena banyak kasus yang "tidak memenuhi harapan maskapai penerbangan".  Dan jangan  lupakan bahwa salah satu fungsi Bandara adalah memberi pelayanan publik, bukan mencari keuntungan sebesar-besarnya.

 

(IATA : Hati-hati Swastanisasi Bandara/Widajaj Lagha/Gloopic.net).

  

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :44
Visitor Today :1.231
Visitor Total :6.539.769

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.