gloopic.net
Berita / Penerbangan

Jumlah Penumpang di Soekarno-Hatta Naik 20 Persen Selama Libur Akhir Tahun

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso Saat Ramp Check di Bandara Soekarno-Hatta

(Tangerang, Banten) Jelang pergantian tahun baru 2018, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, mengalami lonjakan penumpang hingga 190.000 penumpang per hari. Peningkatan ini disampaikan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di posko utama Natal dan Tahun Baru 2018, di Terminal 1 Bandara Soetta. Menurutnya, lonjakan penumpang, mencapai 20% perharinya.

"Pagi hari ini kami melakukan monitoring terhadap posko utama yang ada di Bandara Soetta. Kemudian kita memantau langsung Terminal 1B dan C," kata Agus.

Dari pantauan di Terminal 2 dan 3 Bandara Soetta, penumpukan penumpang paling banyak terjadi di Terminal 1. Untuk itu, Agus meminta, mulai dari SCP dan semua pintu dibuka untuk memudahkan check in.

"Penumpang yang paling banyak ada di sini. Kami mengecek mulai dari SCP, untuk memerintahkan semua pintu dibuka untuk mempelancar proses check in bagi para penumpang," ujar Agus Santoso.

Agus menuturkan, lonjakan penumpang di Bandara Soetta diakibatkan oleh tingginya antusiasme warga yang melakukan liburan akhir tahun ke sejumlah daerah Indonesia. Hal ini memicu terjadinya extra flight.

Namun, penambahan jadwal penerbangan yang ada, meski telah melebihi maksimum permintaan, dinilainya tetap tidak bisa mengakomodir semua permintaan jelang libur panjang pergantian tahun ini. "Libur panjang tahun ini yang saya evaluasi itu tingginya extra flight. Itu tidak 100% diakomodir, karena sudah melebihi maksimum pengontrolan pesawat yang ada di Bandara Soetta," terang Agus.

Menurut Agus, yang membuat banyaknya permintaan tidak terakomodir, lantaran daya tampung terminal di Bandara Soetta. Sehingga, perlu dibuat terminal baru di bandara tersebut.

Sementara itu, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Hengki Heriandono menjelaskan, puncak ledakan penumpang terjadi pada 23 Desember 2017 mencapai 84.000 penumpang. "Puncak periode peak season pada libur akhir tahun 2018 ini terjadi di tanggal 23 Desember 2017 dengan jumlah penumpang per harinya yang mencapai 84.000 penumpang," ungkap Hengki.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :120
Visitor Today :3.188
Visitor Total :6.747.250

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.