gloopic.net
Berita / Penerbangan

Kadin Anggap Pengelolaan Bandara Oleh Swasta Untungkan Negara

Pembangunan Bandara Silangit Sumatera Utara
(Jakarta, Gloopic) Pemerintah berencana menerbitkan aturan terkait Limited Concession Scheme (LCS) sebagai sistem pendanaan yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Dalam skema ini, nantinya investor swasta harus membayar uang dalam jumlah besar (upfront cash) di awal kerja sama sebagai 'pendapatan diterima di muka' bagi BUMN. Konsekuensinya, BUMN tersebut harus rela berbagi pengelolaan dengan investor swasta yang dimaksud.
Dalam skema ini juga, investor hanya diberikan hak mengelola dalam rentang waktu tertentu. Meski sebagian pengelolaan dipegang oleh pihak swasta, namun BUMN tidak akan hilang kendali atas aset-asetnya.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan hari ini Jumat 2 Februari 2018 mengundang Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani untuk membicarakan rencana tersebut.

Ditemui usai rapat dengan Luhut, Rosan menyatakan bahwa skema LCS ini akan menguntungkan pemerintah. Dana hasil penjualan hak kelola nantinya bisa dipakai pemerintah untuk pembangunan infrastruktur.
"Dengan itu bisa jadi akselerasi infrastruktur lainnya. Dengan dana yang diterima bisa bangun di daerah lain. Jadi ini untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan tentunya dalam rangka meningkatkan efisiensi. Hal positifnya sangat banyak," kata Rosan di Kemenko Kemaritiman, Jakarta/
Rosan juga menegaskan bahwa aset negara tak dikuasai swasta dalam kerja sama ini, hak kelola hanya berlaku kira-kira 30 tahun.
"Ini akan kembali kepada pemerintah juga kok. Kan juga bukan selamanya, 30 tahun. Ujungnya balik ke negara lagi. Jadi hal seperti itu yang disampaikan tadi," ucapnya.
Sebelumnya Luhut mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Bandara Silangit, Soekarno-Hatta, HAS Hanandjoeddin, dan Komodo dipertimbangkan untuk dikelola oleh pihak swasta melalui skema LCS.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :84
Visitor Today :876
Visitor Total :6.360.287

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.