gloopic.net
Berita / Penerbangan

Kamboja Akan Miliki Bandara Terbesar di Dunia

(Strait Times) Pemerintah Kamboja dilaporkan telah menyetujui rencana pembangunan salah satu bandara terbesar di dunia, yang mengambil lokasi di wilayah Provinsi Kandal Steung, sekitar 30 kilometer (km) dari Ibu Kota Phnom Penh.

Laman Phnom Penh Post melaporkan rencana pembangunan bandara tersebut, dengan mengutip sebuah dokumen yang menyetujui proposal investasi dari Cambodia Airport Investment untuk membangun bandara dengan nilai investasi US$ 1,5 miliar.

Menurut dokumen tersebut, investasi pembangunan bandara ini berasal dari perusahaan patungan antara konglomerat lokal Overseas Cambodia Investment Corporation (OCIC) dan Sekretariat Penerbangan Sipil Pemerintah Kamboja (SSCA).

Bandara yang disebutkan memiliki lahan seluas 2.600 hektare (ha) tersebut, akan menjadi bandara kesembilan terbesar di dunia, dan menempatkannya di belakang bandara Chicago O'Hare (2.610 ha), dan di depan Beijing Capital International Tiongkok (2.330 ha). Adapun ukuran luas Bandara Internasional Phnom Penh saat ini sekitar 400 ha.

Kamis lalu, OCIC telah menandatangani kesepakatan kerangka kerja sama untuk pembangunan bandara baru Phnom Penh dengan Bank Pembangunan Tiongkok (China Development Bank) yang dikelola negara.

Menurut dokumen tersebut, OCIC akan menginvestasikan dana sebesar US$ 280 juta, sementara bank asing yang tidak ditentukan akan menyediakan dana sebesar US$ 1,1 miliar. OCIC akan memiliki 90 persen saham setelah pembangunan bandara selesai, dan sisanya dikuasai oleh SSCA.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :87
Visitor Today :1.337
Visitor Total :6.745.399

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.