gloopic.net
Berita / Penerbangan

Kereta Api Bandara Minangkabau Beroperasi April 2018

(Jakarta, Gloopic) PT Industri Kereta Api atau INKA (Persero) mengejar produksi kereta bandara termasuk di Bandar Udara Internasional Minangkabau (KA BIM), Sumatera Barat. Manajer Senior Humas, Sekretariat, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT INKA, Cholik Mochamad Zamzam mengatakan tiga rangkaian kereta alias train set ini harus diserahkan kepada PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) selaku pemesan di tahun 2018.

“Sekitar April tahun depan harus sudah jadi dan langsung diserahkan sesuai dengan kontrak,” kata Cholik.

–– ADVERTISEMENT ––

Saat ini, menurut Cholik, progres produksi KA BIM jenis kereta rel diesel elektrik (KRDE) dengan nilai kontrak Rp 138 miliar ini mencapai 75-80 persen. Pengerjaan bagian dalam atau interior, termasuk instalasi listrik, tengah dijalankan. Sedangkan bodi kereta sudah rampung digarap beberapa hari lalu. “Pengerjaannya tinggal sedikit,” ujar Cholik.

Sesuai dengan spesifikasi, ia menuturkan, satu rangkaian kereta Bandara Minangkabau terdiri atas enam kereta dengan kapasitas maksimal 272 penumpang. Adapun fasilitas yang disediakan salah satunya bangku penumpang bagi penumpang difabel. Selain itu, terdapat bagasi luas yang memudahkan penumpang mengangkut barang bawaan sebelum naik atau setelah turun dari pesawat. “Fasilitas lain tentunya ada AC (air conditioner) yang diproduksi PT INKA sendiri,” tutur Cholik.

Manajer Humas dan Protokoler PT INKA Exiandri Bambang Primadani menyatakan satu dari tiga kereta bandara Minangkabau yang masih diproduksi akan digunakan di Bandara Adi Soemarmo, Surakarta, Jawa Tengah. Adapun tujuannya mengalihkan kepadatan penumpang dari Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.  Hal itu sesuai dengan informasi yang diperoleh dari pihak PT KAI. “Rencananya, satu train set akan dioperasikan di Solo. Sedangkan dua lainnya tetap di Bandara Minangkabau,” kata Exiandri.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :17
Visitor Today :597
Visitor Total :6.360.008

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.