gloopic.net
Berita / Penerbangan

Menteri Perhubungan Minta Perkerap Kereta Bandara Soekarno-Hatta

(Jakarta, Gloopic) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta PT Railink selaku operator memperpendek headway (jarak waktu) antar rangkaian Kereta Api Bandara Soekarno- Hatta dari 30 menit menjadi 15 menit untuk memberikan kepastian waktu pemberangkatan bagi calon penumpang.

Untuk memperpendek jarak antar-rangkaian, kata menteri, PT Railink harus menambah jumlah frekuensi perjalanan KA Bandara Soetta.

“Saya sudah Headway yang sekarang ini 30 menit jadi 15 menit, salah caranya menambah kereta diharapkan mulai akhir Maret 2018 bisa dilaksanakan,” ujar Budi Karya.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan pihaknya siap menambah frekuensi perjalanan KA Bandara Soetta dari 52 menjadi 82 perjalanan per hari. Selain itu waktu tempuh dari Stasiun Sudirman Baru ke Stasiun Bandara Soetta bakal dipersingkat dari 55 menit menjadi 40 menit.

Ditambahkannya, pihaknya bersama induk perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Angkasa Pura (AP) II, terus berupaya memperkuat daya saing KA Bandara Soetta dan kini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan infrastruktur di beberapa titik seperti di Stasiun Duri.

Bila penyelesaian pembangunan di Duri, maka akan ada lima jalur di Duri, dimana dua jalur khusus untuk KA bandara dan tiga jalur untuk KRL (kereta rel listrik).

Dengan demikian, jumlah perjalanan KA Bandara bertambah menjadi 82 perjalanan per hari dan waktu tempuh sekitar 40 menit. Selain itu ada penambahan peron panjang di stasiun-stasiun sepanjang Duri-Tangerang.

Heru menambahkan, perpanjangan peron di sejumlah stasiun sepanjang lintasan Duri – Tangerang bertujuan agar KRL dapat beroperasi dengan formasi 12 kereta.

Pihaknya juga akan membangun jalur memotong (shortcut) antara Tanah Abang dan Grogol sehingga KA Bandara Soetta tak perlu lagi memasuki Stasiun Duri. Hal itu juga dapat menghemat waktu tempuh 10- 15 menit. Shortcut ini masih dalam tahap desain oleh PT KAI.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :38
Visitor Today :396
Visitor Total :6.359.807

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.