gloopic.net
Berita / Penerbangan

Presiden Minta Swasta Kelola Bandara Potensial

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan Saat Meninjau Bandara Silangit Sumatera Utara

(Jakarta, Gloopic) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar peran swasta terus ditingkatkan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Salah satunya di sektor transportasi.

Jokowi ingin bandara-bandara yang memiliki potensi bagus bisa diserahkan ke swasta untuk dikelola dan dikembangkan.

"Pak Presiden bilang, berikan saja itu Bandara Silangit, Soekarno-Hatta, Bangka Belitung, Labuan Bajo, kasih privatiasi swasta saja, siapa yang masuk asal perhitungan jelas," kata Luhut di Kementerian Perhubungan, Kamis 1 Februari 2018.

Menurut Luhut mengutip, empat bandara tersebut sudah memiliki potensi penumpang yang menjanjikan. Ini karena bandara-bandara itu menjadi pintu gerbang wisata yang ada di sekitarnya.

Sebenarnya saat ini Kemenhub bersama PT Angkasa Pura II (Persero) tengah menyeleksi investor untuk pengembangan dan pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu, Medan.

Langkah ini diharapkan bisa diikuti di bandara-bandara lainnya.

Luhut mencontohkan, banyak negara yang sudah menerapkan pola yang sama dalam pembangunan infrastruktur transportasi. Sebut saja Pakistan yang bandar udaranya dibangun dan dikelola oleh China.

"Jadi sekarang itu kita harus siapkan paket-paket investasinya untuk kita tawarkan ke swasta. Karena banyak yang minat ingin investasi di Indonesia, tapi giliran mereka ke sini, kita belum detail," tutur Luhut.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :72
Visitor Today :1.090
Visitor Total :6.265.436

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.