gloopic.net
Berita / Penerbangan

Proyek Kereta Bandara Kulon Progo Dimulai Pertengahan 2017

(Yogyakarta, Gloopic) Proyek pembangunan jalur kereta bandara diprediksi bisa dilakukan paling cepat pertengahan 2017 ini. Meskipun demikian, saat ini rupanya belum ada titik temu rencana pengintegrasian moda transportasi tersebut antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Angkasa Pura I. Khususnya terkait pengadaan lahan untuk pembangunan jalur kereta.

Kepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Yogyakarta, Hendy Helmy mengatakan, pihaknya sudah bersiap untuk membangun jalur kereta api menuju bandara. Pengadaan tanah untuk pembangunan trase jalur kereta dilakukan oleh PT Angkasa Pura I sebagai pemrakarsa pembangunan bandara baru. Adapun PT KAI nantinya membangun konstruksi rel dan pengadaan unit kereta penumpangnya.

“Kalau pembebasan lahan selesai dilakukan, pertengahan atau akhir tahun ini pembangunannya sudah bisa dilakukan. Yang penting, bandaranya dulu selesai (dibangun),” kata Helmy,Rabu, 22 Maret 2017.

Masterplan pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kulonprogo memang mencantumkan akan dibangunnya jalur kereta api yang langsung menuju kawasan bandara. Perjalanan kereta berangkat dari Yogyakarta akan dibelokkan dari jalur existing kereta api lintas selatan melalui Stasiun Kedundang ke arah selatan menuju area terminal penumpang di dalam bandara.

Jalur kereta ini juga akan berpotongan dengan ruas jalan nasional Yogyakarta-Purworejo. Beberapa waktu lalu, PT KAI sudah melakukan pengukuran lapangan atas calon jalur tersebut.

Sedianya, jalur kereta api dari bandara akan berlanjut ke arah barat hingga areal ground logistik dan menyatu lagi dengan jalur yang sudah ada di sisi utara melalui Stasiun Wojo, Purworejo. Hanya saja, kata Hendy, jalur hanya akan dibuat satu lintasan saja pada tahap awal.

“Keretanya bolak-balik dari Stasiun Kedundang ke bandara dan sebaliknya. Namun, ke depannya akan dikembangkan dengan jalur hingga Stasiun Wojo di Purworejo,” ucapnya.

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :32
Visitor Today :1.412
Visitor Total :3.652.509

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.