gloopic.net
Berita / Penerbangan

Runway Bandara Soekarno-Hatta Akan Ditambah

Rencana Pembangunan Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta

(Tangerang, Gloopic) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berniat untuk mengembangkan Bandara Soekarno Hatta. Pasalnya, Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten merupakan salah satu bandara yang tersibuk di Indonesia. 

Salah satunya adalah dengan melakukan penambahan Runway pesawat. Nantinya Angkasa Pura II sebagai Operator akan menambah satu Runway lagi dengan panjang 3.000 meter. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini penambahan Runway sedang dalam tahap pembebasan lahan. Namun, pembebasan lahan ditargetkan bisa rampung seluruhnya pada bulan April 2018. 

"Pembebasan tanah akan selesai April. Sekarang taxi way-nya sudah dibangun. Tinggal runwaynya bulan Juni mudah-mudahan. Panjangnya 3.000 meter," ujarnya saat ditemui di Komplek Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu 3 Februari 2018.

Lebih lanjut  Budi mengatakan, adanya Runway baru tersebut diharapkan jumlah movement yang akan didapatkan bisa lebih tinggi dibandingkan saat ini. Karena, pesawat bisa lebih banyak lagi yang akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta.  

"Kita ingin memperbaiki movement di sini dengan melakukan berbagai hal. Kita nanti akan membangun runway ketiga, nanti kita akan mendapatkan keuntungan, mendapatkan movement yang jauh lebih tinggi di atas 100. Runway 3 itu sendiri tidak independen. Ada satu kondisi, jaraknya tidak lebih dari 250 meter. Tapi pada saat itu Soetta akan lebih baik, lebih safety terutama dari segi maintenance," tegas Budi. 

Saat ini lanjut Budi, pesawat yang masuk ke Bandara Soekarno Hatta harus dibatasi karena terbatasnya Runway. Apalagi disaat Runway tersebut maintance maka pesawat harus rela antri karena hanya satu Runway saja yang bisa digunakan. 

"Kalau sekarang ini kalau kita lagi maintenance, kita ambil dengan tetap dipergunakan. Kalau nanti begitu ada satu maintenance, kita pakai 2, yang satu di-maintenance. Ini karena Ibu Kota, kita harus pastikan proses maintenance itu berjalan baik," jelasnya. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan pembangunan Runway ketiga Bandara Soekarno Hatta ini akan rampung dalam 18 bulan ke depan. Saat ini dirinya akan fokus untuk bisa menyelesaikan pembebasan lahan agar bisa rampung sesuai target. 

"Kita harapkan bisa selesai dalam 18 bulan ke depan sejak Februari," ujar Awaluddin. 

Komentar

Berita Terkait
gloopic.net
Visitor Online :43
Visitor Today :2.878
Visitor Total :6.273.417

BERLANGGANAN NEWSLETTER

Dengan berlangganan NEWSLETTER anda akan menerima info tebaru dari situs kami.