IATA/ICAO : GTO / WAMG
Nama Bandara : Djalaluddin Gorontalo
Profil Bandara :

Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo awalnya bernama Pelabuhan Udara Tolotio, berlokasi di Desa Tolotio Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo yang seblumnya masuk dalam wialayah provinsi Sulawesi Utara. Bandar Udara ini berjarak 18 Km dari ibukota kabupaten Limboto dengan koordinat 00 38’ 17” dan 122 51’ 07” BT, dengan ketinggian 18m dari permukaan laut Bandar Udara ini merupakan pintu gerbang utama transportasi udara yang melayani daerah provinsi Gorontalo dengan ibukota negara dan kota provinsi lainnya di wilayah Republik Indonesia.

Pendaratan pesawat terbang pertama kali di daerah Gorontalo pada tahun 1955 dengan pesawat udara jenis Albatros di Lapangan terbang Air Iluta di Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dalam rangka meninjau pelaksanaan pekerjaan pembangunan lapangan udara di Desa Tolotio oleh Direktorat Pekerjaan Umum. Saat itu keperluan transportasi militer dalam menyatukan dan memperthankan wilayah teritorial NKRI. Selanjutnya seiring dengan selesainya pekerjaan rintisan pembangunan lapangan udara, maka pada tahun 1956 pesawat jenis DC-3 Dakota mendarat di lapangan udara Desa Tolotio.

Dengan fasilitas sederhana lapangan udara Tolotio yang smeula berfungsi sebagai pelabuhan udara militer juga berfungsi sebagai pelabuhan udara komersil yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Perubahan nama Pelabuhan Udara Tolotio menjadi pelabuhan udara Djalaluddin terjadi pada tahun 1974 berdasarkan usulan fraksi ABRI di DPRD kabupaten Gorontalo tentang perubahan nama Tolotio menjadi Djalaluddin. Nama Djalaluddin diambil dari nama seorang penerbang TNI-AU yang merupakan putra terbaik Indonesia yang berasal dari Gorontalo yaitu Letkol Pnb Djalaluddin Tantu yang dinyatakan gugur dalam operasi Dwikora di Malaysia. Letkol Pnb Djalaluddin Tantu hilang bersama pesawat hercules yang dikemudikannya. Sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa dan kepahlawanannya, nama Djalaluddin diabadikan menjadi nama bandar udara provinsi Gorontalo.

Data Umum Bandara :

Nama Bandara

:

DJALALUDDIN 

Kode IATA / ICAO

:

GTO / WAMG

Alamat                     

:

Jl. Satria / Angkasa No. 274 Isimu

Telepon

:

+62 435 890494

Fax

:

+62 435 890494

Kabupaten / Kota - Propinsi

:

Gorontalo - Gorontalo

Kelas

:

II (DUA)

Koordinat

:

00. 38. 27. N 122. 51. 02. E

Elevasi

:

59 feet diatas permukaan laut

Azimuth

:

09- 27

PCN

:

41 FBXT

Dimensi Runway

:

2500 m x 45 m

Dimensi Taxiway

:

115  m x 18 m; 115  m x 23 m;

Dimensi Apron

:

230 m x 80 m;

TORA

:

 

TODA

:

 

Luas Terminal Penumpang

:

1268 m2

Pengelola

:

DITJEN HUBUD

Jenis Pesawat

:

B 737 900

Fasilitas  Bantu Pendaratan

 

 

Visual

:

 PAPI, RWE, PALS

Instrument

:

 

Fasilitas Navigasi

:

DVOR (ident : GTL), NDB (ident : NN)

Jenis Pelayanan Lalu Lintas Udara

:

ADC

Kategori PK-PPK

:

7

Photo Gallery